Monggo Jelajahi Kulon Progo, 12 Destinasi Terbaiknya Siap Memanjakan Perjalananmu

Advertisement

Punya rencana liburan di kabupaten paling barat dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta? Berlibur di Kulon Progo adalah pilihan yang tepat buat kamu yang suka dengan jenis wisata alam. di kawasan ini kamu akan disuguhkan dengan banyak wisata alam yang beberapa diantaranya masih perawan.

Kabupaten yang memiliki slogan wisata Jewel of Java ini punya pantai-pantai cantik yang cocok untuk memancing, ada pula beragam air terjun yang masih alami hingga kawasan wisata Kalibiru yang tengah hits di media sosial. Semuanya destinasi ini siap untuk menyambut dan memanjakan perjalananmu selama di Kulon Progo. Inilah 12 destinasi terbaik yang wajib kamu kunjungi.

1. Pantai Glagah, Ikon Wisata Paling Terkenal di Kulon Progo

Pantai Glagah adalah pantai yang paling terkenal di Kulon Progo. Sebagai ikon wisata yang populer wajib hukumnya kamu berkunjung ke sana meskipun tempat ini dibilang mainstream. Di pantai ini traveler ditawari dengan aneka kegiatan menarik mulai dari memancing, bersepeda, naik cano mengelilingi laguna, bermotorcross, atau sekedar duduk santai di dermaga dengan jajaran tetrapod yang selalu setia memecah ombak di bibir pantai. Terlebih kalau datang di sore hari, sunset di pantai Glagah begitu indah.

Pantai Glagah, via instagram
Pantai Glagah, via instagram

Pantai Glagah berada di kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Pantai ini begitu terkenal disana hingga setiap akhir pekan atau hari libur nasional banyak wisatawan yang berlibur kesana. Meski banyak sekali pilihan kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Glagah, namun ada dua atraksi yang paling disukai traveler yaitu foto-foto di tetrapod pemecah ombak saat suasana senja dan lagunanya yang bisa digunakan untuk berkeliling dengan sampan atau cano.

2. Blusukan ke Air Terjun Kembang Soka yang Punya Lanskap Warna-Warni

Beralih ke Dusun Gunungkelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Kulonprogo, Yogyakarta. Blusukan ke desa ini kamu akan menjumpai air terjun cantik yang baru saja dibuka untuk wisata pada Desember dua tahun lalu. Air Terjun Kembang Soka begitulah sebutannya dimana nama ini diambil dari mata air yang juga bernama Kembang Soka.

Air Terjun Kembang Soka, via instagram
Air Terjun Kembang Soka, via instagram

Dari tengah kota menuju ke tempat parkir Air Terjun Kembang Soka tidaklah sulit. Banyak petunjuk arah yang telah dibuat untuk memudahkan traveler. Kondisi jalan pun lumayan mudah dilalui khususnya untuk roda dua. Hanya saja perjuanganmu baru akan dimulai saat sampai di tempat parkir menuju ke spot utama air terjun. Butuh trekking jalan kaki menuruni lembah untuk berjumpa dengan si cantik ini. Air Terjun Kembang Soka mengalir melewati bebatuan yang berwarna-warni setiap tingkatannya. Ada batuan kekuning-kuningan hingga tebing berwarna merah maron. Di sekitar air terjun juga banyak terdapat kolam alami berwarna hijau tosca dengan air yang sangat segar.

3. Traveler yang Hobi Petualangan, Air Terjun Kedung Pedut Bisa Kamu Jelajahi Seharian

Air Terjun Kedung Pedut bisa jadi alternatif wisata yang menarik di Kulon Progo. Sebelum memutuskan untuk menyambangi tempat ini pastikan dulu kamu punya stamina yang prima sebab air terjun ini berada di dasar lembah yang diapit oleh dua tebing tinggi dari Pegunungan Menoreh Kulon Progo.

Air Terjun Kedung Pedut, via instagram
Air Terjun Kedung Pedut, via instagram

Menjadi salah satu air terjun cantik yang dimiliki kabupaten Kulon Progo sekaligus Jogja, Air Terjun Kedung Pedut mulai ramai dikunjungi traveler yang suka petualangan. Air terjun ini terletak di dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Keindahan air terjun ini terletak pada airnya yang memancarkan dua warna yaitu putih jernih dan hijau tosca setelah masuk ke dalam kolam alaminya. Tak heran jika traveler yang datang selalu tidak sabar untuk nyebur ke kolamnya.

4. Pemandangan Indah dari Gunung Kendil Membuatmu Rela Untuk Mendaki ke Puncaknya

Ada dua puncak paling terkenal di Kulon Progo untuk menyaksikan keindahan lanskap alam dan perkotaan yaitu puncak Gunung Suroloyo dan Gunung Kendil. Gunung Kendil sendiri adalah bagian dari Pegunungan Menoreh yang berada di Pedukuhan Nglambur. Puncak gunung ini adalah tempat terbaik untuk melihat indahnya alam ciptaan Tuhan.

Gunung Kendil, via instagram
Gunung Kendil, via instagram

Puncak Gunung Kedil lebih tinggi ketimbang Suroloyo sehingga dari sini traveler tidak hanya bisa melihat lanskap kota Kulon Progo namun juga Magelang. Saat cuaca cerah sayup-sayup pemandangan Candi Borobudur juga terlihat dari puncak ini. Saat malam Puncak Gunung Kendil adalah spot paling keren untuk menyaksikan kerlap-kerlip lampu kota.

5. Curug Sidoharjo, Tempat Wisata dengan Keindahan Mempesona

Curug Sidoharjo adalah air terjun setinggi 75 meter yang berada di desa Sidoharjo, kecamatan Samigaluh, kabupaten Kulon Progo. Akses jalan menuju ke lokasi cukup menantang dengan jalan berkelok lengkap dengan tikungan dan tanjakan tajam. Siapkan kendaraan yang tangguh jika mau melihat keindahan air terjun ini.

Curug Sidoharjo, via instagram
Curug Sidoharjo, via instagram

Traveler harus trekking dari tempat penitipan sepeda untuk menemukan Curug Sidoharjo. Jalan setapak menembus hutan adalah rute wajib yang harus dilalui.Kalau beruntung, sesekali kamu akan bertemu dengan kera ekor panjang yang masih hidup liar di dalam hutan. Curug Sidoharjo bak surga yang tersembunyi yang masih perawan dari jamahan traveler. Suasana alami begitu terasa sesampainya di lokasi.

6. Embung Mini Kleco, Waduk Mini Dengan Pemandangan Maksi

Embung Kleco adalah waduk buatan berukuran mini yang berfungsi sebagai tempat tampungan air. Meski ukurannya tidak sebesar Waduk Sermo namun pemandangan alam yang disuguhkan dari kawasan ini tak kalah indah. Oleh sebab itu pada hari libur kawasan Waduk Kleco cukup ramai dikunjungi oleh traveler dari daerah sekitar.

Embung Mini Kleco, via instagram
Embung Mini Kleco, via instagram

Waduk Kleco terletak di dusun Ngesong, desa Giripurwo, kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Waktu terbaik datang ke waduk ini adalah pagi hari, saat kawasan di bawah waduk ini masih diselimuti kabut tipis dengan langit biru dan penampakan Gunung Merapi di kejauhan. Jangan lupa untuk membawa bekal sebab di sekitar lokasi belum ada yang berjualan makanan. Tapi sampahnya bawa pulang kembali ya!

7. Waduk Sermo Kulon Progo, Salah Satu Yang Paling Bagus se-Indonesia

Digadang-gadang sebagai salah satu bendungan dengan waduk terbaik di Indonesia, Waduk Sermo memang memiliki segalanya yang dibutuhkan untuk menjadi yang nomor satu. Waduk ini selain menjadi tempat tampungan air juga memiliki kualitas air yang sangat bagus dengan sedimentasi yang sangat rendah.

Waduk Sermo Kulon Progo, via instagram
Waduk Sermo Kulon Progo, via instagram

Segala kelebihan yang dimiliki Waduk Sermo ini tidak lain karena ditunjang oleh keadaan hutan di sekitarnya yang masih terjaga dengan baik. Bahkan untuk membuktikan bahwa air yang ada di waduk tersebut memang bagus telah dilakukan beberapa kali studi kelayakan yang dilakukan mulai dari Mac.Donald, PT Indra Karya dan Electroconsult. Waduk seluas 21,3 kilometer persegi ini juga bisa dilihat dari obyek wisata Kalibiru.

8. Tujuan Wisata yang Lagi Hits Sepanjang Tahun 2015 Wisata Alam Kalibiru

Sepanjang tahun lalu nama Wisata Alam Kalibiru memang tengah meroket. foto-foto traveler yang berpose di gardu pandang atau rumah pohon yang menghadap Waduk Sermo membanjiri media sosial membuat traveler lain berbondong-bondong datang untuk melakukan pose yang sama.

Wisata Alam Kalibiru, via instagram
Wisata Alam Kalibiru, via instagram

Wisata Alam Kalibiru ini berada di Perbukitan Menoreh, Kulon Progo pada ketinggian 450 meter di atas permukaan laut atau tepatnya di Desa Wisata Kalibiru, Sermo, Hargowilis. Banyak fasilitas seru yang bisa digunakan untuk rekreasi seperti area outbond, tempat makan, masjid, tempat menginap dan lain sebagainya.

9. Curug Siluwok, Air Terjun yang Masih Perawan Kulon Progo

Kembali lagi ke kecamatan Samigaluh tepatnya di desa Keweron. Sebuah air terjun yang masih alami bernama Curug Siluwok siap memanjakanmu yang rindu dengan suasana natural. Untuk berjumpa dengan curug yang dijuluki sebagai kembaran kini dari Curug Sidoharjo ini traveler harus trekking selama 15-20 menit melewati jalan setapak dan perkebunan warga.

Curug Siluwok, via instagram
Curug Siluwok, via instagram

Beruntung saat ini warga desa setempat telah membangun dan sedikit melebarkan jalan menuju ke lokasi dan membuat jalan beton. Dengan begitu traveler tidak akan kesulitan untuk mengakses ke Curug Siluwok. Air terjun ini punya kolam alami di bawahnya, saat musim kemarau air ini begitu jernih namun jika musim hujan seperti sekarang airnya berwarna cokelat keruh.

10. Mainlah ke Puncaknya Kulon Progo di Kebun Teh Nglinggo

Kulon Progo punya kawasan pegunungan dengan hamparan kebun teh seperti di Puncak Bogor, namanya adalah Kebuan Teh Nglinggo. Kebun teh nan cantik ini bisa kamu temukan di dusun Nglinggo, desa Pagerharjo yang masih dalam wilayah administratif dari kecamatan Samigaluh.

Kebun Teh Nglinggo, via instagram
Kebun Teh Nglinggo, via instagram

Perkebunan Teh Nglinggo berada di ketinggian 800 mdpl yang memiliki suasana sejuk dan alam yang hijau memanjakan mata. Tempat ini bisa kamu jadikan alternatif untuk menikmati wisata alam yang begitu damai khas daerah pegunungan. Di kawasan ini pula traveler juga akan menemukan obyek wisata alam lainnya berupa air terjun yang bernama Grojogan Watu Jonggol.

11. Pantai Congot, Tempat rekreasi Sekaligus Beli Oleh-Oleh Ikan Segar Kulon Progo

Tempat asyik dan menarik untuk liburan sekaligus membeli oleh-oleh ikan segar yang baru ditangkap nelayan di Kulon Progo adalah Pantai Congot. Pantai di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon ini memang spot memancing sekaligus pusat aktivitas nelayan mencari ikan sehingga banyak sekali perahu motor yang berlabuh di pantai ini.

Pantai Congot, via instagram
Pantai Congot, via instagram

Pulang dari Pantai Congot tidak lengkap jika tidak membeli oleh-oleh ikan segar yang baru saja ditangkap para nelayan. Kamu cukup datang ke pelelangan ikan yang ada di tepi pantai. Di sana banyak nelayan yang sibuk membersihkan ikan sekaligus menawarkan hasil tangkapannya pada pembeli. Lumayan kan jika beli di nelayannya langsung kemungkinan kamu bisa dapat harga yang lebih murah.

12. Wisata Rafting di Sungai Progo Yang Penuh Tantangan

Kulon Progo mempunyai satu atraksi wisata menguji nyali berupa arung jeram. Kegiatan ekstrim ini dilakukan di Sungai Progo. Yap, ini adalah sungai yang sama yang digunakan untuk spot Progo Rafting di Magelang. Sungai Progo yang mengalir melewati kabupaten Kulon Progo, Jogja ini punya karakteristik jeram dari level pemula hingga profesional.

Rafting di Sungai Progo, via instagram
Rafting di Sungai Progo, via instagram

Buat kamu yang sudah tidak sabar ingin bertualang bisa berkunjung ke base camp Arus Progo yang terletak di kawasan Kreo, Kisik, Kalibawang, Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasinya hanya berjarak 17 kilometer dari pusat kota Jogja. Arung jeram di Sungai Progo yang ada di Jogja ini dikenal dengan rute arung jeram sungai Progo bawah. Para traveler yang berminat masih akan ditawarkan lagi 3 jenis pilihan rute dari long trip, medium dan regular trip dengan level yang berbeda-beda. Ingat saat mau mulai berarung jeram utamakan keselamatan dan patuhi segala arahan guide.

Tempat ngetrip favoritmu di Kulon Progo belum disebutkan Travelingyuk? Silahkan tulis di kolom komentar biar traveler lain bisa ikut menikmati keindahan kotamu. Buat traveler semuanya saja, tetap jaga kelestarian alam, jangan sekali-kali merusaknya!

Advertisement
Tags
Explore Kulon Progo Wisata Yogyakarta Wonderful Indonesia Yogyakarta
Share