Menengok Sisi Cantik Kota Cimahi Lewat 10 Destinasi Wisatanya yang Luar Biasa

Kota Cimahi adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Barat yang pernah menjadi bagian dari Kabupaten Bandung. Lokasinya pun berada di tengah-tengah dari mantan daerah induknya sehingga kota ini hanya berbatasan dengan wilayah Bandung baik itu Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung maupun Kota Bandung.

Kota Cimahi mempunyai julukan yang garang sebagai Kota Tentara yang merujuk pada banyaknya pusat pendidikan untuk tentara serta markas-markas tentara di wilayahnya. Sebagai salah satu kota terkecil di Indonesia, 60% wilayah Cimahi digunakan untuk kepentingan tentara. Pun demikian traveler bisa menemukan sisi-sisi cantik Kota Cimahi lewat 10 destinasi wisatanya berikut ini.

1. The Historich, Bekas Tempat Hang Out Para Menir Belanda

Sejak zaman penjajahan Belanda Kota Cimahi telah menjadi basis militer yang digunakan untuk melindungi kawasan Bandung. Jadi jangan heran jika di wilayahnya masih terdapat bangunan peninggalan Kompeni baik berupa benteng pertahanan hingga rumah sakit militer. Salah satu yang mempunyai nilai sejarah tinggi adalah bangunan The Historich.

The Historich, via instagram
The Historich, via instagram

Bangunan Belanda ini terdapat di Jalan Jenderal Gatot Subroto No.19, Baros, Cimahi Tengah. Dibangun pada tahun 1886 dan digunakan sebagai tempat hiburan bagi kaum sosialita Belanda atau istilah kerennya zaman sekarang adalah hang out. Kini The Historich beralih fungsi sebagai gedung kesenian.

2. Rumah Sakit Dustira, Rumah Sakit Militer Bergaya Eropa

Meski bukan tempat wisata namun tidak ada salahnya traveler mengunjungi Rumah Sakit Dustira di Jalan dr. Dustira No.1, Cimahi. Alasannya adalah bangunan yang hingga kini masih aktif digunakan sebagai rumah sakit ini mempunyai sejarah panjang terkait kolonialisme Belanda di tanah air.

Rumah Sakit Dustira, via instagram
Rumah Sakit Dustira, via instagram

Awal pembangunannya di tahun 1887 atau selisih satu tahun dari gedung The Historich, rumah sakit ini bernama Militaire Hospital yang digunakan angkatan militer Belanda untuk perawatan tawanan dan juga para tentara Kompeni yang terluka. Kini Namanya dirumah menjadi RS Dustira dengan mempertahankan bangunan khas Eropa.

3. Gunung Bohong, Spot Trekking Untuk Pemula

Gunung Bohong adalah tempat yang pas untuk berlatih trekking dan pendakian bagi para pemula. Meski dinamakan gunung namun ini hanyalah sebuah bukit di Kota Cimahi dengan ketinggian sekitar 896 mdpl. Dari puncaknya traveler bisa melihat pemandangan Kota Bandung, Kota Cimahi dan daerah-daerah sekitarnya.

Gunung Bohong, via instagram
Gunung Bohong, via instagram

Nama yang unik dari bukit di Kota Cimahi ini didasari pada bentuknya yang seperti gunung pada umumnya namun ketinggiannya tidak masuk dalam klasifikasi sebuah gunung jadi oleh warga sekitar diberi nama Gunung Bohong. Saat ini kawasan Gunung Bohong digunakan untuk Lapangan Tembak berstandar internasional oleh Kodam III Siliwangi.

4. Stasiun KA Cimahi, Bangunan Bersejarah yang Keren Untuk Difoto

Bangunan bersejarah berikutnya yang tidak boleh luput dikunjungi adalah Stasiun Kereta Api Cimahi yang terletak di Jalan Stasiun, Kota Cimahi. Dari Bandung stasiun ini bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat selama kurang lebih setengah jam. Bangunan Stasiun KA Cimahi masih mempertahankan gaya khas bangunan Belanda.

Stasiun KA Cimahi, via instagram
Stasiun KA Cimahi, via instagram

Awalnya Stasiun ini dibangun oleh pemerintah Belanda sebagai upaya mendukung kiriman logistik militer dari Batavia (sekarang Jakarta) menuju basis militer di Cimahi, Bandung dan sekitarnya. Stasiun ini telah dibangun sejak tahun 1880-an yang mana saat itu Belanda telah merencanakan Bandung sebagai Pusat Kota Pemerintahan Kolonial Hindia Belanda. Abadikan setiap sudut stasiun yang nampak jadul ini.

5. Alam Wisata Cimahi, Satu Paket Rekreasi yang Lengkap di Cimahi

Jika mencari tempat rekreasi yang menawarkan satu paket lengkap di Cimahi cukup datang ke Alam Wisata Cimahi atau lebih dikenal dengan singkatan AWC. Tempat wisata ini terletak di Jalan Kolonel Masturi Km.14. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Cimahi.

Alam Wisata Cimahi, via instagram
Alam Wisata Cimahi, via instagram

Destinasi ini menawarkan paket rekreasi yang lengkap dimana digabungkan antara keindahan panorama alam, arena bermain serta restoran untuk berkuliner. Beberapa permainan seru yang bisa dicicipi di sana antara lain jembatan goyang dan flying fox. Tersedia pula kolam renang dan area pemancingan lho.

6. Situ Ciseupan, Pilihan Wisata Alam Eksotis di Cimahi Wajib Traveler Kunjungi

Sebuah daerah resapan air Kota Cimahi di kelurahan Cibeber yang bernama Situ Ciseupan bertransformasi menjadi tujuan wisata alam yang keren. Luas danau ini hanya 5 Ha dengan pemandangan alam yang sangat indah dan udara yang sejuk.

Situ Ciseupan, via instagram
Situ Ciseupan, via instagram

Di dalam kawasan Situ Ciseupan terdapat area pemancingan yang terbesar di Kota Cimahi. Kegiatan lain yang bisa dilakukan di Situ Ciseupan antara lain bersepeda, outbound, off road, flying fox, berperahu dan lain sebagainya.

7. Brrr, Basah-Basahan di Air Terjun Tertinggi di Cimahi Yaitu Curug Cimahi

Kota Cimahi mempunyai daerah berbukit sehingga di dalamnya tersimpan kekayaan alam berupa air terjun. Ada beberapa air terjun di Cimahi tapi jika traveler mencari yang paling top datang saja ke Curug Cimahi. Curug ini berada di Jalan Kolonel Masturi, Kertawangi dan menjadi yang paling populer di kota tersebut.

Curug Cimahi, via instagram
Curug Cimahi, via instagram

Curug Cimahi mempunyai tinggi 85 meter dan menjadi yang tertinggi di sana. Area wisatanya menempati lahan seluas 2 hektar dengan kondisi alam yang sangat segar. Konon air yang berasal dari Curug Cimahi memiliki khasiat dapat menyembuhkan berbagai penyakit lho.

8. Curug Bugbrug, Pilihan Lain Berwisata Air Terjun

Kota Cimahi hanya memiliki luas wilayah kurang dari 50 kilometer persegi. Sebagian besar wilayahnya pun telah digunakan untuk kepentingan militer, jadi kalau mau mencari destinasi wisata yang keren traveler perlu melebarkan sedikit jangkauannya menuju kawasan Bandung Barat yang letaknya berdampingan dengan Cimahi.

Curug Bugbrug, via instagram
Curug Bugbrug, via instagram

Salah satu yang cukup menarik untuk dikunjungi adalah Curug Bugbrug yang letaknya berdekatan dengan Curug Cimahi namun berada di wilayah Bandung Barat. Destinasi wisata air terjun ini belum banyak dikunjungi wisatawan sehingga pengunjung yang ke sana bisa puas menikmati keindahan alam sendirian. Beberapa informasi untuk sementara kawasan wisata Curug Bugbrug masih ditutup untuk perbaikan.

9. Ciwangun Indah Camp, Destinasi Wisata Yang Penuh Pilihan Wahana

Kota Cimahi juga mempunyai pilihan rekreasi ke desa wisata keren seperti di Bali maupun Jogja. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah Ciwangun Indah Camp, kawasan desa wisata seluas 22 hektar yang penuh dengan aneka wahana permainan seru dan menantang.

Ciwangun Indah Camp, via instagram
Ciwangun Indah Camp, via instagram

Kawasan desa wisata ini secara resmi dibuka pada tahun 2006 silam dengan dilengkapi banyak fasilitas pendukung seperti hamparan hutan pinus, camping ground, area outbond dan juga tempat bermain air di aliran sungai Situ Lembang. Yang perlu traveler ketahui, destinasi wisata ini berada di administrasi wilayah kabupaten Bandung Barat namun secara geografis, letaknya berdekatan dengan Kota Cimahi jadi layak untuk kamu singgahi.

10. Ingin Melihat Keaslian Budaya Cimahi? Kunjungi Kampung Cirendeu

Jika traveler mau melihat dan belajar tentang kebudayaan asli Cimahi maka wajib hukumnya datang ke Kampung Cirendeu. Kampung ini sama seperti kampung Naga yang ada di Tasikmalaya dimana warganya masih memegang teguh warisan budaya nenek moyang dan jauh dari kehidupan modern.

Kampung Cirendeu, via instagram
Kampung Cirendeu, via instagram

Kampung Cirendeu terletak di Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan. Salah satu keunikan yang bisa traveler dapatkan dengan berkunjung ke kampung ini adalah melihat bagaimana warganya masih memanfaatkan singkong sebagai makanan pokok. Selain itu pengunjung juga akan belajar banyak dari peninggalan sejarah , kuliner khas dan juga seni budaya serta adat istiadat warga Kampung Cirendeu.

Wilayah Kota Cimahi yang pernah menjadi satu kesatuan dengan Bandung membuat promosi beberapa tempat wisata melebar hingga kawasan Kota Kembang. Jika ada traveler yang punya rekomendasi tempat keren di dalam wilayah Cimahi di luar daftar Travelingyuk, silahkan share via kolom komentar atau fanpage Travelingyuk di Facebook.

Tags
Bandung Cimahi Gunung Indonesia Jawa Barat Rumah Sakit stasiun
Share