Bukan Cuma Kpop, Sederet Wisata Korea Selatan Ini Juga Menarik Lho

Berbicara soal Korea Selatan seolah tidak ada habisnya. Bagi beberapa orang, mengunjungi Negeri Ginseng berarti menyambangi negara penghasil idola Kpop. Tidak ada yang salah dengan dugaan itu, namun Korsel bukan melulu soal musik dan industri hiburan.

Ada banyak jenis wisata Korea Selatan yang sangat menarik untuk disimak. Setelah melihatnya, dijamin Teman Traveler akan memasukkan Negeri Sungai Han dalam daftar negara wajib dikunjungi.

Namun agar perjalanan liburan lebih efektif, Teman Traveler sebaiknya merencanakan dengan matang tempat seperti apa yang ingin dikunjungi. Agar kian mudah, berikut adalah ulasan dan rekomendasi beberapa jenis wisata Korea Selatan.

Wisata Sejarah

Korea Selatan cukup kaya akan warisan sejarah. Banyak sekali tempat dengan latar belakang menarik yang wajib dikunjungi. Semuaya masih terawat dan berada dalam kondisi baik. Beberapa tempat yang cukup direkomendasikan antara lain.

National Museum of Korea

Museum Nasional Korea (c) Vindri Prachmitasari/Travelingyuk

Tidak ada salahnya jalan-jalan ke museum di suatu negara. Dari museum Teman Traveler bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai sejarah dan latar belakang tempat yang dikunjungi.

Salah satu spot foto di Museum Nasional Korea (c) Vindri Prachmitasari/Travelingyuk

Jangan khawatir, berkunjung ke museum di Korea Selatan tidak akan membuat kalian bosan. Tempatnya sangat luas, pemandangan di sekitar museum juga cukup indah. Bisa dijadikan spot foto untuk menambah kontep apik di laman instagram Teman Traveler.  

Danau buatan di Museum Nasional Korea (c) Vindri Prachmitasari/Travelingyuk

Masuk ke museum gratis, tiket masuk baru dikenakan jika sedang ada pameran. Museum Nasional Korea buka tiap hari. Pada hari Rabu dan Sabtu, pengunjung bisa datang mulai pukul 10.00 hingga jam 21.00. Sementara untuk hari Minggu, museum akan tutup pukul 19.00. Di hari lain, mereka siap menyambut pengunjung hingga pukul 18.00.

Gyeongbokgung Palace

Salah Satu Istana di Gyeongbokgung (c) Vindri Prachmitasari/Travelingyuk

Ingin merasakan bagaimana atmosfer di zaman Dinasti Joseon? Teman Traveler bisa mengunjungi Istana Gyeongbokgung. Dibangun sejak 1935, bangunan bersejarah ini juga dikenal dengan sebutan Istana Utara karena lokasinya. Terutama jika jika dibandingkan dengan beberapa istana lainnya.

Salah satu gerbang di Gyeongbokgung Palace (c) Vindri Prachmitasari/Travelingyuk

Komplek istana ini cukup besar dan luas. Butuhkan waktu lumayan lama untuk bisa menjelajah tiap sudutnya. Tapi jalan-jalan kalian di sini akan terasa singkat, lantaran mata bakal dimanjakan arsitektur istana yang begitu indah.

Upacara pergantian Penjaga Istana (c) Vindri Prachmitasari/Travelingyuk

Pada jam-jam tertentu akan ada upacara pergantian penjaga istana. Hal ini akan menjadi daya tarik sendiri bagi Teman Traveler. Jangan lupa berjalan ke bagian belakang istana karena kalian bisa menemukan Folk Museum Pagoda.

Jalan Menuju The Folk Museum of Korea (c) Vindi Prachmitasari/Travelingyuk

Tiket masuknya dihargai 10.000 Won untuk empat istana, kuil, dan taman rahasia. Asyiknya lagi, tiket ini berlaku selama tiga bulan. Kalian bisa kembali lagi lain waktu jika belum sempat mengunjungi semuanya.

Kompleks Istana Gyeongbokgung buka tiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.00. Mereka akan tutup setiap hari Selasa, jadi kalian jangan sampai salah jadwal ya.     

Changdeokgung Palace

Gerbang Utama Istana Changdeokgung (c) Vindri Prachmitasari/Travelingyuk

Istana Changdeokgung berada cukup dekat dengan Istana Gyeongbokgung dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Wajib dikunjungi karena kalian juga bisa melihat-lihat atomsfer unik di Bukchon Hanok Village.

Bagi yang tidak sanggup berjalan kaki, jangan khawatir. Istana Changdeokgung juga bisa dikunjungi dengan menumpang kereta bawah tanah.

Salah satu paviliun di Istana Changdeokgung (c) Vindri Prachmitasari/Travelingyuk

Istana yang masuk daftar UNESCO World Heritage ini dibangun tahun 1405. Dulunya merupakan istana utama para raja di era Dinasti Joseon. Kawasan ini terdiri dari area umum dan tempat tinggal keluarga kerajaan.

Kalian juga akan menemukan puluhan taman di sini. Sebelum dijadikan tempat wisata, Istana Changdeokgung juga difungsikan sebagai rumah peritirahatan para raja, sehingga tak heran jika ada banyak lahan hijau di sekitar sini.   

Salah Satu Area di Secret Garden (c) Vindri Prachmitasari/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa masuk ke dalam taman rahasia (secret garden). Area ini dulunya hanya boleh dikunjungi keluarga kerajaan karena saking indahnya.

Salah satu kolam di Istana Changdeokgung (c) Vindri Prachmitasari/Travelingyuk

Tak perlu khawtir soal tiket masuk karena istana beserta taman rahasia sudah termasuk dalam tiket terusan yang dibeli ketika mengungjungi Istana Gyeongbokgung.   

Wisata Tematik

Selain wisata sejarah yang membawa pengunjung seolah kembali ke masa kejayaan Dinasti Joseon, Korea Selatan juga punya sederet wisata tematik yang tidak boleh dilewatkan. Beberapa di antaranya adalah:

Line Friends Store

Boneka Brown raksasa di Line Friends Store (c) Vindri Prachmitasari/Travelingyuk

Line Friends adalah toko yang menjual pernak-pernik karakter dari aplikasi chat terkenal LINE. Toko semacam ini juga bisa ditemui di 11 negara berbeda, termasuk Tiongkok, Jepang , Taiwan, Hong Kong, dan Korea.  

Pernak-pernik di Line Friends Store (c) Vindri Prachmitasari/Travelingyuk

Namun yang membedakan adalah Line Friends Store di Itaewon ini merupakan yang terbesar di dunia. Pengunjung dapat menikmati berbagai pengalaman menyenangkan selama di sini. Apalagi masuk ke dalamnya sama sekali tidak diharuskan membeli. Kalian juga bebas berfoto dengan beberapa karakter Line.

Sebagai Line Friends Store terbesar dunia, toko ini terdiri dari beberapa lantai . Lantai pertama adalah bagian asesoris, lantai kedua bagian peralatan rumah, dan lantai tiga memiliki sebuah kafe. Pengunjung bisa mencicipi makanan dan minuman bersama karakter Line di sini.  

Kafe di Line Friends Store (c) Vindri Prachmitasari/Travelingyuk

Line Friends Store buka setiap hari, mulai pukul 11.30 hingga 23.00 di hari Senin sampai Jumat. Sementara untuk akhir pekan, mereka melayani pengunjung mulai pukul 11.00 hingga 23.00.   

Petite France

Beberapa bangunan cantik di Petite France (c) Vindri Prachmitasari/Travelingyuk

Petite France terletak di Provinsi Gyeong-gi, sekitar 48 km dari Seoul. Semua bangunannya bernuansa ala Prancis. Bka sejak 2008, destinasi ini termasuk wajib dikunjungi jika sedang berada dekat Stasiun Gapyeong.

Selain melihat-lihat indahnya bangunan di sini, juga bisa mendapat pengalaman mencoba makanan, pakaian, serta menyelami kebudayaan Prancis lainnya. Namun ingat, semuanya sudah disesuaikan dengan kearifan lokal di Korea Selatan.   

Beberapa bangunan di Petite France (c) Vindri Prachmitasari/Travelingyuk

Konsep utama Petite France terdiri dari bunga, bintang, dan Sang Pangeran Kecil. Destinasi cantik ini juga memiliki memorial hall , didedikasikan untuk seorang novelis Perancis dengan karya berjudul Le Petite Frince yang terbit pada 1943.

Pengunjung juga bisa melihat sebuah galeri berisi sederet patung dan lukisan bergaya Prancis. Pastinya bakal semakin seru jika liburan ke sini bersama teman maupun keluarga.

Tiket masuk ke Petite France adalah 10.000Won per orang. Mereka buka setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 16.00. Bisa jadi salah satu alternatif wisata jika kamu sedang berada di Korea Selatan.

Songwoldong Fairytale Village

Kampung Songwoldong (c) Vindri Prachmitasari/Travelingyuk
Kampung Songwoldong (c) Vindri Prachmitasari/Travelingyuk

Kampung ini cukup unik karena dibentuk menyerupai negeri dongeng. Bagi penyuka kartun Disney dan cerita fantasi, inilah wisata yang tepat untuk kalian.

Segala hal di sini dirombak hingga memberikan atmosfer mirip negeri dongeng. Meski disebut sebagai village atau desa, bentuk bangunan di sini terlihat modern dan menarik.

Pohon imitasi dengan wajah manusia (c) Vindri Prachmitasari/Travelingyuk

Tidak ada biaya masuk ketika mengunjungi kampung ini. Pengunjung juga bebas mengambil gambar di semua tempat.

Bangku dengan Karakter Kodok (c) Vindri Prachmitasari/Travelingyuk

Selain itu, destinasi ini juga tidak terlalu ramai hingga bisa lebih leluasa menjelajah tiap sudut Songwoldong Fairytale. Terakhir dan yang terpenting, destinasi ini buka tiap hari selama 24 jam.  

Wisata Belanja

Toko perawatan wajah di Myeongdong Area (c) Vindri Prachmitasari/Travelingyuk

Traveling tanpa belanja bagaikan sayur tanpa garam, hambar. Maka tidak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk berbelanja. Apalagi ada banyak pusat perbelanjaan yang bisa kalian kunjungi di Korea Selatan.

Namun yang paling menarik adalah daerah Myeongdong. Area ini terkenal sebagai distrik belanja, sehingga tidak heran banyak wisatawan memasukkan Myeongdong dalam rencana perjalanan mereka.

Salah satu blok di Myeongdong (c) Vindri Prachmitasari/Travelingyuk

Asyiknya lagi, Myeongdong tidak hanya menjual pakaian. Mulai dari kudapan, produk perawatan wajah, kosmetik, hingga kafe-kafe untuk nongkrong bisa ditemukan di sini.

Jajanan di Myeongdong (c) Vindri Prachmitasari/Travelingyuk

Harganya beragam, mulai dari murah hingga mahal semuanya ada. Terakhir yang tidak kalah penting lagi, kawasan ini buka tiap hari hingga larut malam.

Wisata di Korea Selatan memang lengkap. Teman Traveler tinggal destinasi seperti apa yang ingin dikunjungi. Jadi, sudah siap menjelajah indahnya Negeri Ginseng, Teman Traveler?

Tags
kontributor Korea Selatan Travelingyuk wisata korea selatan
Share