Hanya di 5 Tempat Ini, Berwisata Sekalian Nonton Konser Musik

Konser selalu identik dengan panggung yang megah di dalam sebuah gedung besar. Jika pun bukan gedung, lapangan menjadi salah satu tempat digelarnya sebuah konser akbar. Ternyata, konser bukan hanya bisa digelar di dalam gedung atau lapangan. Buktinya, banyak sekali destinasi wisata yang digunakan sebagai tempat konser. Tentu seru bukan, jika liburan sekalian nonton konser musik? Nah, di mana saja sih tempat yang bisa digunakan untuk berwisata sekaligus nonton konser ini? Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

1. Dataran Tinggi Dieng

Dieng
Dieng [image source]
Tak jauh beda dengan Bromo, Dieng pun juga menjadi tempat wisata yang sering digunakan untuk menggelar konser. Sama persis dengan festival Jazz Gunung, konser yang digelar di dataran tinggi Dieng juga merupakan festival musik jazz yang bertajuk Jazz di atas awan. Festival ini sendiri adalh rangkaian acara Dieng Culture Festival yang biasanya digelar pada bulan Juli hingga Agustus. Tahun ini, festival musik Jazz di Dieng akan digelar pada tanggal 4 sampai 6 Agustus 2017.

Jazz atas awan Dieng
Jazz atas awan Dieng [image source]
Lokasi : Jalan Raya Batur, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Candi Prambanan

Selain kawasan Dieng, ada satu lagi destinasi wisata Jogja yang menyajikan alunana musik untuk dinikmati. Ialah Candi Prambanan yang terletak di Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Seperti di Dieng, konser musik di Candi Prambanan masih mengusung musik jazz. Tidak setiap hari, konser ini hanya berlangsung satu tahun sekali yang bertajuk Prambanan Jazz. Tahun lalu, festival ini menyedot perhatian lantaran bintang tamu yang hadir adalah musisi-musisi ternama. Raisa dan Iwan Fals. Dan Tahun ini, acara yang akan digelar pada tanggal 20-21 Agustus ini akan mengundang Trio Lestari dan musisi kece lainnya. Tentu saja, pemandangan cantik dari Candi Prambanan makin lengkap dengan iringan musik jazz yang syahdu. Duh, makin romantis nih!

Prambanan
Prambanan [image source]
Lokasi : Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

3. Gunung Bromo

Gunung Bromo
Gunung Bromo [image source]
Nonton konser sambil menikmati indahnya wisata Bromo? Duh, sudah lama kali. Ya, Gunung cantik satu ini selalu menjadi langganan digelarnya sebuah konser akbar, Festival Jazz Gunung. Bukan tepat di kawah Gunung Bromo, konser yang digelar tahunan itu biasanya berlangsung tepat di panggung terbuka, Jiwa Jawa Resort Bromo, Sukapura, Probolinggo. Dengan atap langit serta latar gunung Bromo, festival ini pun sangat populer. Di tahun 2017 ini, Festival Jazz Gunung akan dilaksanakan pada tanggal 18 hingga 19 Agustus. Adapun bintang tamunya meliputi Monita Tahalea, Dewa Budjana, Gelnn Fredly, Ruth Sahanaya dan beberapa musisi lainnya. Siap untuk hadir di Festival Jazz Gunung?

Festival Jazz Gunung
Festival Jazz Gunung [image source]
Lokasi : Jalan Raya Bromo, Wonotoro, Sukapura, Wonotoro, Probolinggo, Jawa Timur 67254

4. Desa Wisata Brayut, Yogyakarta

NgayogJazz
NgayogJazz [image source]
Bukan hanya Candi Prambanan saja yang menyajikan alunan musik untuk pengunjungnya. Namun, desa wisata Jogja ini juga sering menggelar acara pentas musik jazz yang unik dan berbeda. Ialah Desa Wisata Brayut yang terkenal akan pemandangan indah serta keasrian desanya. Konsep konser bertajuk NgayogJazz yang ada di desa wisata Brayut ini terbilang sangat unik dan menarik. Bukan hanya dari dalam Yogyakarta, penikmat musik jazz di Desa Wisata Brayut ini juga banyak dari luar kota. Wah, pasti ramai nih meski kalah dengan Jazz Gunung dan serta Dieng Culture Festival.

Yogyakarta
Yogyakarta [image source]
Lokasi : Brayut, Pandowoharjo, Sleman Sub-District, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55512

5. Pantai Boom, Banyuwangi

Pantai Boom
Pantai Boom [image source]
Jika sebelumnya konser digelar di atas gunung, lain halnya dengan wisata Banyuwangi . Salah satu kota di Jawa Timur ini memiliki satu tempat wisata yang rutin digunakan sebagai tempat konser. Ialah Pantai Boom yang biasa digunakan untuk menggelar acara Banyuwangi Beach Jazz Festival. Bukan hanya sekedar untuk pesta rakyat, digelarnya konser di pinggir pantai Banyuwangi ini juga digunakan sebagai strategi promosi tempat wisata. Seperti yang diketahui, Banyuwangi memang kalah terkenal dengan Malang soal pariwisata beberapa tahun ini.

Banyuwangi Beach Jazz Festival [image source]
Lokasi : Kampungmandar, Kecamatan Banyuwangi, Kampungmandar, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68419

Nah, bagi kamu yang suka banget traveling sekaligus musik, tidak ada salahnya kan memasukkan destinasi wisata di atas ke daftar tujuan wisata kamu? Dijamin, bakalan seru dan selalu terkenang.

Tags
Dieng Culture Festival Jazz gunung konser musik Tempat wisata bermusik
Share