Wisata Keluarga Sambil Mudik di Semarang, Ini Destinasinya

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Semarang merupakan salah satu kota favorit tujuan mudik. Tak cuma kaya tradisi dan budaya, kota di Jawa Tengah tersebut juga punya banyak destinasi menarik. Bagi yang punya kampung halaman di sana, bisa melakukan wisata keluarga sambil mudik di Semarang.

Selain seru dan menyenangkan, wisata keluarga sambil mudik di Semarang juga sekaligus mempererat tali silaturahmi antara sanak famili. Untungnya, ada banyak destinasi menarik tersedia di kota yang dijuluki Venesia-nya Jawa ini. Penasaran? Berikut Travelingyuk berikan destinasinya.

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu
Lawang Sewu via Instagram diandramarsha

Lawang Sewu merupakan bangunan yang perusahaan kereta api Belanda, Nederlandsch Indische Spoorweg Naatscahppij. Masyarakat sekitar menyebutnya lawang sewu karena gedung megah ini punya begitu banyak pintu. Arsitekturnya sangat menarik, tak heran jika lokasi ini juga sering dijadikan set film lokal.

Selain sarat nilai sejarah, Lawang Sewu juga bisa menjadi spot foto menarik. Latar belakang gedung bergaya Belanda akan membuat sobat traveler serasa berada di Eropa atau kembali ke masa lampau. Jika tertarik, pengunjung juga bisa membayar tiket ekstra untuk mengunjung ruang bawah tanah.

2. Masjid Agung

Masjid Agung Semarang
Masjid Agung Semarang via Instagram zaldiansyah

Masjid Agung Jawa Tengah berada di Jl Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari. Sesuai namanya, tempat peribadatan ini cukup megah, didirikan di atas lahan seluas 10 hektar dan luas bangunan mencapai tujuh ribu hektar lebih. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, Masjid Agung belakangan juga jadi salah satu tempat wisata favorit.

Masjid Agung dibangun mulai 2001 dan tergolong sebagai salah satu bangunan ikonik di Semarang. Arsitekturnya memadukan gaya Jawa, Islam, dan Romawi. Menara Asmaul Husna menjadi salah satu daya tarik utamanya, beserta kehadiran payung otomatis mirip Masjid Nabawi di Mekkah.

3. Kota Tua

Kota Tua Semarang
Kota Tua Semarang via Instagram christianblobi

Kota Tua merupakan kompleks bangunan tua peninggalan Belanda di Semarang. Di sini pengunjung bisa menyaksikan indahnya warisan arsitektur gaya Eropa. Semua orang bebas masuk ke wilayah ini dan berfoto-foto, tak perlu membayar tiket masuk.

Sejumlah bangunan tua ikonik yang bisa ditemui di Kota Tua Semarang antara lain Gereja Blenduk, Gedung Sriwijaya, dan Gedung Marabunta. Di sekitar situ juga ada pasar khusus menjual barang-barang kuno dan antik. Pemerintah Semarang juga menyediakan bus gratis bagi wisatawan yang ingin mengelilingi kawasan ini.

4. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong
Klenteng Sam Poo Kong via Instagram greg_pid

Sam Poo Kong adalah bangunan peribadatan yang didirikan untuk mengenang kedatangan Laksamana Cheng Hoo di utara Jawa. Lokasinya ada d Jl Simongan Raya No 129, mudah dicapai dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Begitu masuk ke dalam, pengunjung akan serasa berada di Tiongkok.

Total ada empat klenteng atau kuil di kompleks ini, meliputi Dewa Bumi, Juru Mudi, Sampoo Tay Djien, dan Kyai Jangkar. Tak perlu bingung mencari titik foto, karena pengelola sudah memberi tanda khusus berupa lingkaran merah di tanah. Jika ingin lebih keren lagi, sobat traveler bisa menyewa pakaian ala Tiongkok dan mengabadikan momen di sini.

5. Cimory Farm

Cimory Farm
Cimory Farm via Instagram ahmadmuhsin88

Cimory Farm terletak di Jl Raya Soekarno Hatta Km 30, Bergas, Jatijajar. Dari namanya saja sobat traveler bisa menebak bahwa peternakan ini adalah milik salah satu perusahaan yoghurt besar di Tanah Air. Sebagian besar kompleksnya memang sengaja dibuka sebagai wahana wisata dan edukasi.

Cimory Farm cocok sekali dijadikan tempat wisata keluarga sambil mudik di Semarang, terutama untuk anak-anak. Tak hanya bermain, mereka juga bisa belajar memerah susu, memberi makan ternak, serta mengamati proses pembuatan yoghurt. Selain itu masih ada fasilitas playground dan juga pemandangan indah di kebun pertanian.

6. Pantai Marina

Senja di Pantai Marina
Senja di Pantai Marina via Instagram giacinta12

Pantai Marina termasuk salah satu lokasi wisata paling terkenal di Semarang. Letaknya tepat di samping Puri Mareakaca. Tempat ini biasanya ramai saat musim liburan, mengingat lokasinya mudah dicapai dari Demak, Kendal, maupun Ungaran.

Ada beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan di Pantai Marina. Pengunjung bisa berjalan-jalan santai di hamparan pasir putih sembari menikmati pemandangan. Selain itu masih ada penyewaan perahu, alat pancing, serta ban untuk berenang.

7. Puri Mareokoco

Puri Mareokoco
Puri Mareokoco via Instagram nyenderpundak

Puas bermain di Pantai Marina, sobat traveler bisa melanjutkan perjalanan ke Puri Mareokoco. Di sini pengunjung bisa belajar banyak mengenai keberagaman budaya suku-suku di Indonesia. Tak heran jika banyak orang menjuluki Mareokoco sebagai versi mini Taman Mini Indonesia.

Sama seperti Taman Mini di Jakarta, wisata seluas 23 hektar ini juga memiliki beragam anjungan yang mewakili masing-masing daerah Indonesia. Selain itu ada beberapa miniatur tempat wisata bersejarah, seperti Benteng Pendhem, Masjid Agung Demak, Masjid Menara Kudus, Masjid Mantingan, dan Masjid Menara Kudus.

Itulah tadi sejumlah rekomendasi tempat liburan untuk wisata keluarga sambil mudik di Semarang. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi sobat traveler yang masih bingung menentukan destinasi untuk melewati Hari Raya mendatang.

Tags
semarang Wisata
Share