Wisata Kebun Raya Balikpapan, Belajar Spesies Tanaman Sambil Liburan

Selain terkenal sebagai kota di pesisir pantai, kota minyak ini juga memiliki wisata Kebun Raya Balikpapan. Diresmikan pada tahun 2009, kebun raya ini segera menjadi wisata primadona keluarga saat akhir pekan maupun saat libur sekolah. Travelingyuk kali ini akan mengajak Teman Traveler untuk melancong sambil belajar di wisata kebun raya ini.

Salah Satu Kebun Raya Terluas di Indonesia

Kebun Raya Balikpapan viia instagram/petawisata.id

Kebun Raya Balikpapan tercatat sebagai salah satu kebun raya terluas di Indonesia yakni 309,2 hektare. Kondisi Kebun Raya Balikpapan cukup bersih, tidak ada sampah bertebaran. Sampah yang ada hanyalah sampah organik berupa daun-daun kering dari tanaman.

Menuju Kebun Raya Balikpapan

Pintu Masuk KRB via instagram/rahmah.ps

Alamat kebun raya ini di Jalan Soekarno Hatta Km. 15, Karang Joang, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan.  Kebun raya ini satu arah dengan kampus Institut Teknologi Kalimantan (ITK). 

Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit  hingga 45 menit dari pusat Kota Balikpapan ke Kebun Raya Balikpapan. Selain menggunakan kendaraan pribadi, teman Traveler juga bisa mengakses angkutan umum dari Terminal Batu Ampar. Namun, jumlah angkutan jurusan hingga kilometer 24 perbatasan Kotamadya Balikapapan dan Kabupaten Kutai Kertanegara itu tidak terlalu banyak. Oleh karena itu alternatif terbaik adalah kendaraan pribadi. Jangan kaget jika sesampainya di kilometer 13, Teman Traveler masih harus menyusuri jalan yang sempit dan cukup berbatu.

Fasilitas Kebun Raya

teater terbuka kebun raya via instagram/danielfebryan_97

Terdapat waduk buatan, lamin atau rumah singgah untuk edukasi wisatawan, serta rumah adat khas Dayak, Kalimantan Timur, yang dapat dipakai untuk ruang pertemuan mahasiswa ITK di sini. Tersedia juga fasilitas umum seperti toilet, mushola, kafe mini berbentuk bulat. 

Kebun Raya Balikpapan biasanya ramai saat akhir pekan karena menjadi salah satu tujuan wisata lokal. Seluruh keluarga bisa belajar mengenai spesies tanaman sambil liburan. Pengunjung perorangan tidak dikenai tarif masuk. Sedangkan pengunjung yang menggunakan kebun raya secara kelompok untuk kegiatan massal dikenai biaya tertentu.

Koleksi 1200 Spesies Tanaman

Spesies tanaman KRB via instagram/sakinahstoreid

Datanglah berwisata ke Kebun Raya Balikpapan di Kilometer 13, di sana teman traveler dapat menyaksikan berbagai jenis tanaman endemik Kalimantan. Terdapat tanaman bunga, tanaman merambat, buah-buahan, bunga, tanaman obat-obatan, dan pepohonan langka. Kebun Raya ini juga memiliki tumbuhan khas hutan tropis yang dilindungi. 

Pecinta traveling diharapkan menyewa jasa pendamping untuk menjelaskan sekitar 1.200 spesies tanaman di wisata Kebun Raya Balikpapan ini. Selamat berwisata, Teman Traveler!

Tags
Balikpapan Indonesia Kalimantan Timur kebun raya balikpapan wisata kebun raya
Share