Kebun-kebun Malang Raya, Spot untuk Ademkan Feed Instagrammu

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Malang Raya, sebutan untuk Karesidenan Malang, memiliki sebagian besar wilayah pegunungan dengan udara yang sejuk. Karena itu, tak heran mengapa kota-kota yang ada dalam karesidenan ini menjadi salah satu destinasi wisata utama di Jawa Timur. Tak hanya wahana wisata buatan saja yang bisa menjadi destinasi, namun perkebunan sejuk yang fotogenik juga dapat menjadi opsi wisata dengan suasana Malang sebenarnya. Seperti pada empat lokasi ini?

1. Kebun di Perbukitan Cangar

Tak hanya sayur mayur, tapi juga ilalang ala video klip musik [image source]
Cangar adalah wilayah di Kota Batu yang menjadi penghasil sayur mayur dan apel paling utama. Meskipun tak ada wahana permainan, pemandangan kebun kol dan sayur mayur yang terhampar mampu membuat pikiran kembali segar. Dalam liuk perbukitan, lansekap ini juga menarik beberapa wisatawan yang datang untuk berfoto. Warna hijau tanaman dan kabut tipis yang menyelimuti membuat tempat-tempat ini sangat fotogenik.

Lahan perkebunan yang instagenik [image source]

2. Kebun Teh di Kaki Gunung Arjuna

Jembatan di tengah hamparan daun teh [image source]
Berada di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Kebun Teh Wonosari memiliki cuaca yang sejuk. Bagaimana tidak, lokasinya terletak di ketinggian 1.250 mdpl dan di kaki Gunung Arjuna. Jadi wajar saja jika setiap pengunjung yang datang betah berlama-lama. Hamparan hijau perkebunan teh dengan latar belakang Gunung Arjuna tentu saja menjadi scene foto yang keren bukan?

Pondok dengan pemandangan kebun teh [image source]

3. Arboretum, Penjaga Keseimbangan Alam yang Indah dan Sejuk

Tumbuhan di Arboretum [image source]
Arboretum adalah kawasan konservasi tanaman langka yang berada di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Berada di kaki Gunung Anjasmoro, Arboretum memiliki udara sejuk dan tumbuhan yang rimbun. Berbagai warna bunga membuat tempat ini juga menjadi lokasi foto yang keren. Tak jarang, beberapa calon pengantin juga memilih tempat ini untuk foto pre-weddingnya.

Menjadi spot pre-wedding [image source]

4. Desa Ngadas, Keindahan Kebun di Posisi yang Hampir Vertikal

Perkebunan di Desa Ngadas [image source]
Terletak di kaki Gunung Semeru, membuat tempat kediaman Suku Tengger ini memiliki pemandangan mengagumkan sekaligus cuaca yang begitu sejuk. Lokasinya yang berada di kawasan perbukitan terjal dan area vulkanik, membuat Ngadas memiliki tanaman subur yang tumbuh dan tertata di perbukitan yang hampir vertikal.

Ditambah dengan pepohonan cemara [image source]
Berkunjung ke Malang Raya kurang lengkap rasanya jika tak merasakan suasana Malang sebenarnya. Suasana seperti di atas adalah alasan kenapa karesidenan ini banyak diminati oleh para wisatawan. Dari empat lokasi tersebut mana yang pernah kamu kunjungi?