Wisata ke Medan Sembari Mudik, Berikut Rekomendasinya

Bicara soal wisata, Medan termasuk salah satu yang punya banyak potensi. Ibu kota Sumatra Utara juga termasuk salah satu kota paling sering dijadikan tujuan mudik lebaran. Menjelang Hari Raya tahun ini, tak ada salahnya jika sobat traveler merencanakan wisata Medan sembari mudik.

Ada banyak destinasi menarik yang bisa disambangi di Melayu Deli. Mulai dari museum, istana peninggalan zaman kerajaan, hingga sejumlah titik dengan pemandangan alam yang luar biasa. Penasaran? Berikut Travelingyuk berikan rekomendasi bagi yang ingin wisata ke Medan sembari mudik.

1. Istana Maimun

Istana Maimun
Istana Maimun via Instagram ellentanuwidjaya

Istana Maimun adalah salah satu bangunan indah yang menjadi ikon Medan. Arsitektur tempat ini konon merupakan perpaduan antara gaya Melayu, Spanyol, Italia dan India. Saking megahnya, istana peninggalan Kesultanan Deli ini dibagi menjadi tiga bagian utama: induk, sayap kiri, dan kanan.

Lokasi ini pas dikunjungi sobat traveler yang hobi mendalami wisata sejarah. Apalagi tempatnya juga luas, cocok bagi yang ingin membawa buah hati atau keponakan.

2. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Koleksi Rahmat Wildlife Museum
Koleksi Rahmat Wildlife Museum via Instagram richankawaii

Tertarik menyelami lebih dalam soal keanekaragaman satwa dunia? Datang saja ke Rahmat International Wildife Museum & Gallery. Di sini sobat traveler bisa menyaksikan lebih dari dua ribu koleksi hewan yang sudah diawetkan. Tentunya bakal memberi pengalaman seru nan tak terlupakan.

Tak cuma mengamati hewan yang sudah diawetkan, pengunjung juga bisa menikmati sejumlah fasilitas menarik di sini. Ada perpustakaan, galeri seni, dan kafe. Bagi yang ingin membawa buah tangan untuk keluarga di rumah, langsung saja mengunjungi toko suvenir.

3.Pantai Pandan

Pantai Pandan
Pantai Pandan via Instagram sibolgastory

Sobat traveler yang mendambakan bersantai di hamparan pasir putih sembari menikmati deburan ombak bisa coba berkunjung ke Pantai Pandan. Panoramanya sangat indah dan sangat cocok dinikmati bersama keluarga. Bagi yang punya hobi surfing, bisa mengasah kemampuan menunggang ombak di sini.

Para penggemar fotografi dijamin juga bakal puas. Lanskap di salah satu pantai populer Medan ini sangat cantik dan tak boleh dilewatkan.

4. Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini
Taman Alam Lumbini via Instagram tiketpesawatnya

Ingin wisata ke Medan sembari mudik tanpa biaya alias gratis? Datang saja ke Taman Alam Lumbini yang ada di Desa Tongkoh, Kec Dolat Rakyat, Berastagi, Kabupaten Karo. Masuk ke lokasi satu ini tidak dipungut tiket masuk alias gratis.

Salah satu daya tarik utama Taman Alam Lumbini adalah keberadaan pagoda indah berwarna emas. Arsitekturnya begitu mengagumkan dan konon terinspirasi dari salah satu pagda terbesar di Myanmar. Selain itu masih ada deretan Patung Budha warna emas yang tak kalah menarik dikunjungi.

5. Menara Pandang Tele Samosir & Danau Toba

Menara Pandang Tele
Menara Pandang Tele via Instagram gabyhutapea

Menara Pandang Tele Samosir wajib dikunjungi bagi yang ingin mengamati keindahan Danau Toba dari ketinggian. Letaknya ada di daerah perbukitan dan sangat cocok dikunjungi bersama seluruh anggota keluarga. Menara ini terdiri dari empat lantai, masing-masing menawarkan pemandangan berbeda.

Pemandangan dari Menara Pandang Tele
Pemandangan dari Menara Pandang Tele via Instagram journeysumut

Di lantai paling atas, seluruh ruangannya dibatasi kaca. Berbeda dengan tiga lantai lainnya yang memiliki beranda. Selain Danau Toba, Menara Pandang Tele Samosir terletak tak jauh dari Gunung Pusuk Buhit. Cocok dikunjungi sobat traveler yang hobi fotografi.

6. Upside Down World

Upside Down World
Upside Down World via Instagram lingzgrace

Upside Down World bakal jadi tempat pas untuk membuat banyak kenangan bagus bersama keluarga. Tempat ini menawarkan banyak spot foto dengan ilusi optik, sehingga orang yang ada di dalamnya seolah berdiri dalam posisi terbalik. Tentunya akan jadi pengalaman unik dan tak terlupakan.

Sobat traveler bisa mengunjungi tempat ini bersama seluruh anggota keluarga dan merasakan semua keseruannya bersama. Ada banyak ruangan dengan beragam ilusi optik, masing-masing mengusung tema berbeda.

7. Wonder Waters World

Wonder Waters World
Wonder Waters World via Instagram wonderwatersworld

Sobat traveler yang ingin mengajak buah hati, adik, maupun keponakan bermain air sembari liburan bisa mempertimbangkan datang ke Wonder Waters World. Para pengunjung akan dimanjakan beberapa wahana menarik nan menegangkan berupa lima seluncuran dengan tingkat tantangan berbeda. Fasilitasnya juga terbilang lengkap, meliputi parkir luas, toilet, dan tempat makan.

Wonder Waters World buka pukul 10 pagi hingga setengah tujuh malam. Disarankan datang sepagi mungkin jika tak ingin berdesak-desakan di dalam, sebab memasuki liburan lokasi ini biasanya dipadati pengunjung.

Itulah tadi beberapa rekomendasi destinasi menarik bagi sobat traveler yang ingin wisata ke Medan sembari mudik. Jika masih bingung menentukan hendak menghabiskan waktu libur Hari Raya ke mana tahun ini, bisa menjadikan beberapa tempat di atas sebagai inspirasi.

Tags
Medan Wisata
Share