Hemat Abis! Wisata Karimun Jawa dari Malang ala Backpacker

Hai Teman Traveler, berapa banyak di antara kalian yang pernah wisata Karimun Jawa ala backpacker? Selain seru, jalan-jalan sambil backpacker-an tentunya juga sangat hemat biaya. Hati senang, kantong tak perlu bolong.

Nah, bagi Teman Traveler yang berdomisili di Malang dan tengah mencari tips hemat wisata ke Karimun Jawa, berikut adalah ulasan lengkapnya. Dijamin seru dan menyenangkan!

Sekilas Karimun Jawa

Pulau Menjangan Kecil Karimun Jawa (sumber foto: rosita)
Pulau Menjangan Kecil di Karimun Jawa (c) Rosita/Travelingyuk

Karimun Jawa merupakan salah satu wisata bahari andalan Jawa Tengah ini? Kepulauan cantik ini berada di wilayah Kabupaten Jepara, tepatnya di Laut Jawa atau di utara Pulau Jawa. Dari pusat kota, jaraknya kurang lebih sekitar 90 km.

Naik bus dari Malang

Pertama-tama, Teman Traveler bisa menumpang bus dari Terminal Arjosari untuk menuju Terminal Purabaya atau Bungurasih di Sidoarjo. Tarif bus ekonomi sekitar Rp15.000, sementara patas dibanderol Rp25.000. Berikutnya, kalian bisa melanjutkan perjalanan ke Jepara dengan menggunakan bus PO Indonesia.

Tarif bus PO Indonesia kurang lebih Rp105.000. Teman Traveler akan diantar sampai Terminal Jepara. Perlu kalian catat bahwa setiap hari hanya ada empat jadwal keberangkatan menuju Jepara, yakni pukul 08.30, 17.30, 20.30 dan 22.00. Bagi kalian yang berdomisili di luar Malang, wajib menyesuaikan keberangkatan dengan jadwal tersebut.

Naik Becak Menuju Pelabuhan Kartini

Pelabuhan Karimun Jawa (sumber foto: rosita)
Pelabuhan Kartini (c) Rosita/Travelingyuk

Sesampainya di Terminal Jepara, Teman Traveler bisa menggunakan becak untuk menuju Pelabuhan Kartini. Tenang saja, tarifnya takkan mahal karena jaraknya lumayan dekat dekat. Naik becak juga lebih efektif dibanding transportasi umum lain, terutama jika kalian berangkat pukul 22.00 dari Bungurasih.

Pelabuhan Kartini sendiri bisa dibilang merupakan pintu gerbang menuju Karimun Jawa. Setiap pelancong yang hendak berwisata ke sana wajib menyebrang melalui pelabuhan ini.

Singgah di Warung Pelabuhan Kartini

Pulau Gosong Karimun Jawa (sumber foto: rosita)
Pemandangan di Pulau Gosong (c) Rosita/Travelingyuk

Dengan asumsi berangkat pukul 22.00 dari Bungurasih, Teman Traveler akan sampai di Pelabuhan Kartini saat pagi buta. Loket untuk membeli tiket kapal jelas belum beroperasi. Sembari menunggu, kalian bisa singgah di warung sekitar pelabuhan. Tak perlu sungkan karena pemilik warung sudah biasa menyambut wisatawan singgah sembari menunggu loket buka.

Ada beberapa pilihan untuk menyebrang ke Karimun Jawa. Teman Traveler bisa menumpang KMP Siginjai dengan tempat duduk kelas ekonomi atau KMC Express Bahari yang menawarkan waktu tempuh lebih cepat.

Penyebrangan dengan KMP Siginjai akan memakan waktu kurang lebih empat setengah jam, dengan tiket sebesar Rp80.000. Sementara tiket KMC Express Bahari memang lebih mahal, yakni Rp154.000. Namun Teman Traveler bisa menjejakkan kaki di Karimun Jawa dalam waktu kurang lebih dua jam saja.

Bagi Teman Traveler yang menggunakan jasa open trip, tidak perlu membeli tiket kapal. Kalian tinggal menemui koordinator open trip tersebut di Pelabuhan Kartini.

Itulah tadi sedikit tips mengenai wisata Karimun Jawa dari Malang ala backpacker. Semoga bisa jadi alternatif bagi kalian yang mencari panduan murah jalan-jalan Karimun Jawa, pecinta wisata di Jawa Tengah jenis bahari satu ini. Sudah siap berpetualang?

Tags
Karimun Jawa kontributor Travelingyuk wisata karimun jawa
Share