Pengin Jelajah Wisata Kamboja? Jalan ke Empat Kota Ini Aja!

Teman Traveler berencana menjelajah wisata Kamboja? Jangan khawatir bakal bosan deh. Negara bekas jajahan Prancis ini punya banyak hal menarik untuk dilihat. Mulai dari tradisi serta budaya lokal, hingga peninggalan masif dari masa lampau.

wisata kamboja
Welcome to Cambodia (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Setidaknya ada empat kota yang bisa Teman Traveler kunjungi jika berencana menjelajah wisata Kamboja. Masing-masing tawarkan pesona tersendiri dan pastinya pantang untuk dilewatkan. Apa saja? Daripada penasaran, yuk simak ulasan saya berikut ini.

Phnom Penh

wisata kamboja
Salah satu bangunan tradisional di Kamboja (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Phnom Penh adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Kamboja. Terletak di tepi Sungai Mekong, kawasan ini telah menjadi pusat pemerintahan sejak masa penjajahan Prancis.

Keberadaan Phnom Penh kini telah berkembang menjadi pusat perekonomian, keamanan, politik, dan juga budaya. Semuanya kini tengah dikerahkan untuk membuat kota ini menjadi salah satu metropolitan Asia Tenggara.

malam_phnom_penh_405459_zfe.jpg
Suasana Pnom Penh malam hari via Pexels

Dijuluki mutiara asia, Phnom Penh juga merupakan salah satu penyumbang signifikan jumlah kunjungan wisatawan asing di Kamboja. Kota ini memiliki sejumlah peninggalan arsitektur indah, latar belakang sejarah menarik, dan aneka atraksi kebudayaan memikat.

Di sepanjang jalan utama, Teman Traveler akan melihat sejumlah bangunan kolonial Prancis. Begitu malam menjelang, rasakan serunya menghabiskan waktu di tepian Sungai Mekong.

Siem Reap

wisata kamboja
Royal Palace via Maxpixel

Siem Reap merupakan ibu kota provinsi dengan nama sama. Kota ini terletak di sisi barat laut Kamboja dan merupakan salah satu pusat pariwisata dan kebudayaan penting. Kawasan ini juga bertindak sebagai gerbang masuk menuju kawasan purbakala Angkor yang sudah begitu terkenal di dunia internasional.

Beberapa pesohor mancanegara tercatat pernah mengunjungi Siem Reap untuk menghabiskan masa liburan mereka. Sebut saja Charlie Chaplin
serta Angelina Jolie.

20160721_053247_ZMH.jpg
Menunggu sunrise di Angkor Wat (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk
wisata kamboja
Salah satu bangunan di komplek Angkor (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Siem Reap kini menjadi kota yang paling pesat pertumbuhannya di Kamboja. Salah satunya berkat statusnya sebagai tempat transit sebelum melanjutkan perjalanan ke komplek Angkor Wat Kamboja. Tak heran jika kota ini sekarang punya banyak hotel dan fasilitas pariwisata lain.

Sihanoukville

sihanoukville_t4o.jpg
Salah satu pantai di Sihanoukville via Pixabay

Jika Indonesia memiliki wisata Bali dan Thailand punya Phuket, maka Kamboja boleh bangga dengan Sihanoukville. Diberi nama sesuai Raja Kamboja, Norodom Sihanouk, kota ini tawarkan pemandangan pantai yang sangat menakjubkan. Teman Traveler yang hobi snorkeling maupun diving wajib mampir ke sini.

Dikenal juga dengan sebutan Kampong Som, kawasan di selatan Kamboja ini merupakan satu-satunya kota pelabuhan di Negeri Khmer. Daerah ini juga menjadi pintu masuk bagi semua produk impor.

Dengan pantai dan kasino sebagai jualan utama, Sihanoukville merupakan kota wisata utama Kamboja. Lepas pantainya memiliki sejumlah pulau mungil nan indah. Cocok buat Teman Traveler yang ingin bersantai dengan suasana ala surga tropis.

Kratie

sunset_1534711_960_720_dFs.jpg
Sunset di Sungai Mekong via Pixabay

Kratie terletak di timur laut Kamboja, persis di delta Sungai Mekong. Tidak ada bisnis skala besar di sini. Namun tempat ini sering disambangi para backpacker dan wisatawan yang ingin menepi sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan. Apalagi tepian sungai di sini bisa dibilang merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset di Kamboja.

Kratie juga terkenal dengan lumba-lumba Irrawaddy, yang konon hanya bisa hidup di Sungai Mekong. Populasinya belakangan makin menurun karena perburuan liar. Selain itu, kota ini juga masih tawarkan sejumlah destinasi eksotis seperti candi dan bangunan dengan arsitektur Prancis.

Itulah empat kota yang bisa Teman Traveler sambangi jika ingin menjelajah wisata Kamboja dan sekitarnya. Bagaimana, semuanya cukup menarik untuk dikunjungi bukan? Jadi, kalian mau mampir ke kota yang mana dulu nih.

Tags
Kamboja kontributor Luar negeri Travelingyuk Wisata wisata kamboja
Share