Jelajah Wisata Alam Kabupaten Tanah Laut, Ada Pantai Sampai Bukit

Provinsi Kalimantan Selatan tak hanya memiliki kelebihan di sisi kulinernya. Namun juga wisata alamnya yang ternyata mempunyai pesona menakjubkan. Sebut saja Kabupaten Tanah Laut yang jarang terdengar, tapi banyak surga tersembunyi di dalamnya. Oke, tak perlu berlama-lama lagi, kita lihat saja wisata alam Kabupaten Tanah Laut berikut ini. 

Pantai Takisung 

wisata alam kabupaten tanah laut
Pantai Takisung via instagram/rasyid_alhadziq

Pantai Takisung merupakan salah satu ikon Kabupaten Tanah Laut karena memiliki pemandangan yang indah. Ini karena adanya hamparan pasir pantai luas dengan pohon kelapa yang menjulang tinggi, ditambah laut biru yang memesona.

Pantai Takisung juga memiliki banyak sarana untuk menunjang liburan para wisatawan yang berkunjung. Di antaranya banana boat, penyewaan perahu untuk berlayar menikmati birunya air laut, dan juga persewaan ban serta pelampung.

Selain itu, di pantai ini juga banyak tersedia Kelotok yang siap mengantarkan Teman Traveler berkunjung ke Pulau Datu. Dengan setengah jam perjalanan, kalian akan menikmati suasana lain dari Pantai Takisung ini. Tertarik? Datang saja ke Desa Takisung, Kecamatan Takisung. 

Gunung Kayangan

Bukit Kayangan via Instagram/alqardhawy

Dilihat dari namanya, wisata ini pastinya berupa gunung dengan ketinggian ribuan mdpl. Namun, pada kenyataannya, destinasi wisata tersebut hanya berupa bukit, namun bentuknya seperti gunung.

Keindahan alam dan kesegaran udara dari atas Gunung Kayangan tentu sangat membuat sejuk mata. Pengunjung dapat melihat perkebunan sawit yang tersusun rapi, mobil, dan motor di jalan raya bagai semut yang sedang merayap.

Meskipun berupa bukit, ternyata banyak fasilitas yang tersedia di sini. Seperti musala, kamar mandi, warung-warung bahkan tempat bersantai serta aula. Di Bukit Kayangan juga dibuat tulisan besar nama Kabupaten Tanah laut seperti Hollywood di Amerika, sehingga menjadikan tempat ini lokasi yang cocok untuk bersantai dan berfoto.

Namun sayang, posisinya tak begitu tampak dari jauh karena tertutup oleh pepohonan dan semak belukar sehingga cukup sulit untuk mengabadikannya dalam sebingkai foto. Apabila ingin berlibur ke sana, datanglah ke Desa Ambungan, Kabupaten Tanah Laut. 

Air Terjun Bajuin

wisata alam kabupaten tanah laut
Air Terjun Bajuin via instagram/ulvahssi_zerotwoeight

Bajuin merupakan salah satu air terjun yang terdapat di Kota Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Air terjun ini terletak di kawasan lereng Pegunungan Meratus.

Di objek wisata Bajuin ini kalian dapat menikmati keindahan alam dan sejuknya suasana di sekitar air terjun. Kalian juga dapat merasakan jernihnya air secara langsung, karena tidak ada larangan untuk itu.

Namun sangat disayangkan, tidak banyak fasilitas dan akomodasi yang dapat  ditemukan di Air Terjun Bajuin. Mungkin karena tempatnya yang cukup jauh sehingga luput dari perhatian pemerintah.

Bukit Lebak Naga

Bukit Lebak Naga via Instagram/revantvant

Terletak di Kabupaten Tanah Laut, Bukit Lebak Naga menawarkan panorama alam yang mengagumkan. Dibalut dengan padang rumput yang cukup tebal, Teman Traveler bisa menyusuri bukit yang asri ini sambil berfoto-foto.

Meski tidak terlalu tinggi, Bukit Lebak Naga menawarkan spot foto dengan lanskap pemandangan yang luas. Angin bukit yang berhembus akan memberikan atmosfer damai tersendiri kala berada di atas puncak.

Untuk menaklukkan Bukit Lebak Naga, kalian memang harus memiliki stamina yang cukup. Alasannya karena untuk mencapai puncak, harus melintasi tebing yang curam dan jalanan berbatu. Tapi tenang, untuk kalian yang punya phobia akan ketinggian, ada beberapa tour guide yang siap membantu dengan tarif cukup terjangkau.

Bagaimana, indah sekali bukan wisata alam di Kabupaten Tanah Laut ini? Meskipun tidak terlalu populer, destinasi alamnya patut diacungi jempol. Bisa banget nih untuk referensi Teman Traveler yang hobi melancong ke tempat tak biasa. 

Tags
Indonesia Kalimantan Selatan Tanah Laut Wisata wisata kabupaten tanah laut
Share