11 Destinasi Wisata Kabupaten Karawang, Siap Membawamu ke Dunia Penuh Petualangan

Pada kesempatan ini ayo ikuti Travelingyuk mencari tempat-tempat yang oke punya di kabupaten Karawang. Tapi sebelumnya, traveler sudah pada tahu belum dimana letak kabupaten ini? Karawang itu adalah salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat. Letaknya di pesisir utara dan diapit oleh kabupaten Bekasi di barat serta kabupaten Subang di timur.

Kalau masih belum familiar juga dengan Karawang mungkin traveler semua tahu dengan Tari Jaipong? Nah tarian yang atraktif tersebut lahir di kota ini. Jadi kabupaten Karawang itu selain dikenal sebagai rumah bagi berbagai jenis kesenian juga memiliki aneka tempat wisata. Penasaran destinasi wisata apa saja yang terdapat di kabupaten ini. Ikuti Travelingyuk menjelajahi kotanya di 11 destinasi berikut ini.

1. Pantai Tanjung Pakis, Pilihan Wisata Pantai Untuk Tetap Eksis

Pantai selalu menjadi primadona wisata di sebagian besar wilayah di Indonesia. Kabupaten Karawang sendiri yang posisinya berada di utara Jawa mempunyai batas pantai yang ada di Laut Jawa. Meski rata-rata pantai utara tidak seeksotis pantai selatan tapi kehadirannya tetap menjadi nilai plus sendiri bagi daerah yang memilikinya.

Pantai Tanjung Pakis, via instagram
Pantai Tanjung Pakis, via instagram

Pantai Tanjung Pakis di kecamatan Pakisjaya yang berjarak 70 km dari ibukota kabupaten Karawang menjadi salah satu pilihan rekreasi wisatawan di akhir pekan. Jarak yang jauh tidak menghalangi mereka untuk datang dan menikmati hawa pantai dengan angin sepoy-sepoynya. Meski pasir putih pantai tidak ditemui di pantai Tanjung Pakis setidaknya traveler yang berkunjung masih tetap bisa eksis.

2. Bendungan Walahar, Tempat Rekreasi dengan Suasana Segar

Bagi warga Karawang Bendungan Walahar adalah tempat rekreasi yang segar untuk menghabiskan akhir pekan. Bendungan yang dibangun pada zaman penjajahan Belanda ini bisa traveler temukan di desa Walahar, kecamatan Klari. Setiap hari libur di akhir pekan kawasan taman di sekitar bendungan ini akan dipenuhi wisatawan yang sedang rekreasi.

Bendungan Walahar, via instagram
Bendungan Walahar, via instagram

Bendungan Walahar dibangun dengan membendung sungai Citarum dan digunakan untuk mengairi lebih dari 87 ribu hektar sawah warga. Di sekitar bendungan ini terdapat semacam taman yang kerap digunakan untuk rekreasi warga Karawang.

3. Petualanganpun Dimulai, Curug Bandung Ada di Daftar Pertama yang Bakal Menguras Tenaga

Sesuai dengan judul artikel ini bahwa berlibur ke Karawang berarti kamu harus siap untuk bertualang. Destinasi pertama yang membawamu ke dunia petualangan adalah Curug Bandung. Nama curug ini cukup terkenal di Karawang namun akses menuju ke lokasi masih penuh dengan tantangan.

Curug Bandung, via instagram
Curug Bandung, via instagram

Curug Bandung ini bisa traveler temukan di wilayah administratif desa Mekarbuana, kecamatan Tegalwaru. Jaraknya sekitar 40 km dari dari pusat kota. Perjalanan yang jauh masih ditambah dengan trekking sejauh 3km lagi sebelum akhirnya bertemu dengan air terjun yang megah ini.

4. Dari Curug Bandung Lanjutkan ke Curug Cigeuntis, Fotomu Bakal Kian Eksis

Berada di daerah yang sama rugi jika tidak dikunjungi sekalian. Adalah Curug Cigeuntis di desa Mekarbuana, kecamatan Tegalwaru. Curug ini berada di daerah pegunungan di ketinggian lebih dari 1000 mdpl yang membuat suasana di sekitaran air terjun terasa adem.

Curug Cigeuntis, via instagram
Curug Cigeuntis, via instagram

Baik Curug Bandung maupun Curug Cigeuntis berada di kaki Gunung Sanggabuana. Umumnya curug ini punya debit air yang mengalir deras. Abadikan momen travelingmu dengan foto yang keren dijamin kamu bakal kian eksis di instagram.

5. Pantai Samudera Baru, Spot Bermain Air yang Seru

Jangan berekspektasi terlalu tinggi saat mengunjungi pantai-pantai utara jawa karena sebagian besar didominasi oleh pantai dengan pasir yang kurang menawan. Tapi sebagai gantinya hampir semua pantai utara punya kondisi yang landai dengan ombak tenang yang tidak dimiliki kebanyakan pantai selatan. Al hasil traveler bisa puas bermain air dengan aman di pantai ini.

Pantai Samudera Baru, via instagram
Pantai Samudera Baru, via instagram

Rekomendasi pantai lain di Kabupaten Karawang adalah Pantai Samudera Baru yang letaknya ada di kecamatan Pedes. Pantainya yang landai dan ombaknya yang tidak terlalu besar menjadikannya jujugan traveler untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga mereka.

6. Danau Cipule, Bekas Tambang Pasir yang Kini Bikin Traveler Naksir

Siapa yang menyangka jika Danau Cipule di desa Walahar, kecamatan Ciampel, kabupaten Karawang dulunya adalah area tambang pasir. Kini danau tersebut telah banyak berubah dan mulai tertata sebagai upaya mengembangkan potensi wisata yang dimiliki danau ini.

Danau Cipule, via instagram
Danau Cipule, via instagram

Tercatat danau Cipule beberapa kali menjadi tuan rumah dari ajang olahraga air tingkat provinsi hingga internasional. Lomba Dayung Porprov X Jawa Barat pernah mengambil tempat di Danau Cipule begitu jua Lomba Dayung Junior Asean tahun 2006. Traveler yang datang pun akan naksir dengan keindahan yang disuguhkan danau ini.

7. Monumen Kebulatan Tekad, Saksi Bisu Penculikan Soekarno Oleh Para Pemuda

Di Karawang selain menikmati sisi eksotis alamnya traveler juga bisa berwisata sejarah. Di tempat ini pernah terjadi peristiwa sejarah yang menentukan kemerdekaan negeri ini. Datanglah ke Monumen Kebulatan Tekad yang terletak di Jalan Raya Rengasdengklok, Karawang.

Monumen Kebulatan Tekad, via instagram
Monumen Kebulatan Tekad, via instagram

Pasti semua masih ingat dengan peristiwa Rengasdengklok di masa-masa mendekati proklamasi. Saat itu para pemuda menculik Soekarno untuk mendesak golongan tua segera memproklamirkan kemerdekaan RI. Di sinilah kita akan terbawa suasana beberapa puluh tahun silam.

8. Kulineran di Tepi Danau Kalimati, Bikin Perut Kenyang dan Bahagia di Hati

Nama Danau Kalimati di dalam salah satu daftar tempat wisata di Karawang bukanlah pilihan untuk wisata mistis. Panorama di danau ini berbanding terbalik dengan seramnya nama yang disandang. Danau Kalimati terletak di desa Walahar, kecamatan Klari yang jaraknya cukup dekat dari pusat kota.

Danau Kalimati, via instagram
Danau Kalimati, via instagram

Kegiatan paling asyik di danau ini adalah kuliner di salah satu warung makan yang ada di pinggir danau. Warung makan tersebut menghadap ke danau sehingga acara makan akan terasa lebih nikmat sambil memandangi keindahan alam ciptaan Tuhan.

9. Curug Peuteuy, Sekalian Jelajahi Permata Tersembunyi Ini Euy!

Sudah kepalang basah sekalian saja blusukan ke Curug Peuteuy di kecamatan Pangkalan. Curug ini letaknya tersembunyi dan makin lengkap dengan kondisi medan jalan ke lokasi yang super ekstrim lantaran rusak berat.

Curug Peuteuy, via instagram
Curug Peuteuy, via instagram

Pun demikian buat traveler yang memang sangat mengapresiasi keindahan alam tentu tidak keberatan menerjang medan yang berat demi bertemu dengan si Curug Peuteuy yang indah ini. Jangan lupa bawa bekal yang banyak, tidak ada warung di sekitar lokasi.

10. Merasakan Nuansa Kehidupan Penduduk Lokal di Kampung Budaya

Di sinilah traveler akan menemukan nuansa kehidupan lokal warga Karawang yang otentik. Kampung Budaya yang terletak di desa Wadas, kecamatan Teluk Jambe Barat akan menjadi jendela wisata baik bagi traveler lokal maupun traveler asing.

Kampung Budaya, via instagram
Kampung Budaya, via instagram

Kampung Budaya akan menjadi wahana rekreasi yang berbasis kesenian yang mana dengan dibukanya Kampung Budaya kesenian asli Karawang akan mencoba diangkat kembali sebagai daya tarik wisata. Di dalam kampung ini juga tersedia penginapan yang mengusung rumah adat Sunda.

11. Komplek Percandian Batujaya, Menguak Sejarah Kehidupan Agama Buddha di Karawang

Mungkin tidak ada yang menyangka jika di Karawang ditemukan komplek candi kuno. Adalah Komplek Percandian Batujaya di kecamatan Batujaya dan kecamatan Pakisjaya. Di komplek ini ditemukan sekumpulan candi yang tersebar di beberapa titik.

Komplek Percandian Batujaya, via instagram
Komplek Percandian Batujaya, via instagram

Berbeda dengan candi-candi yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur, candi di Karawang ini ditemukan dalam kondisi yang tidak utuh dan hanya menyisakan bagian pondasi saja. Namun beberapa yang berada dalam kondisi yang cukup bagus dan menjalani proses pemugaran adalah candi Blandongan dan candi Jiwa.

Sudah puas belum bertualang di 11 destinasi wisata kabupaten Karawang? Jika belum Travelingyuk yakin masih ada destinasi tersembunyi lain di kabupaten ini yang menunggu untuk dijamahi. Bagi yang tahu silahkan tulis di kolom komentar.

Tags
Bendungan Danau Indonesia Jawa Barat Karawang monumen pantai
Share