10 Wisata Cianjur yang Bikin Kamu Tak Sabar Meluncur

Nama kabupaten Cianjur di kancah kepariwisataan memang belum setenar Bandung dan Bogor tapi masalah potensi, daerah ini sewaktu-waktu bisa menjadi tujuan wisata yang menyaingi dua kota ikon wisata Jawa Barat tersebut. Tidak percaya? Intip nih 13 tempat wisata di kabupaten Cianjur, dijamin kamu pun tak tahan untuk segera meluncur.

1. Pantai Jayanti, Pantai di Ujung Selatan yang Layak Dikunjungi

Pantai Jayanti [image source]
Salah satu permata tersembunyi di Cianjur selatan adalah Pantai Jayanti. Untuk berkunjung ke sini memang memerlukan perjalanan panjang namun cukup sepadan dengan pemandangan yang akan traveler dapatkan. Pantai Jayanti terletak kecamatan Cidaun. Meski pasir pantainya tidak berwarna putih tapi pemandangan sekitarnya sangat eksotis.

2. Curug Citambur, Primadonanya Cianjur

Curug Citambur
Curug Citambur [image source]
Curug Citambur berada di dalam wilayah desa Karangjaya, kecamatan Pasirkuda yang berjarak sekitar 66 km arah selatan kota Cianjur. Obyek wisata air terjun ini malah lebih dekat jika diakses dari kawasan Ciwidey, Bandung yang hanya berjarak 40 km. Nikmati kemegahan air terjun setinggi 40 meter dengan aliran air yang sangat deras.

3. Traveler Jawa Barat Tak Perlu ke Taman Bunga Selecta di Kota Batu, Nih Ada Taman Bunga Nusantara di Cianjur

Taman Bunga
Taman Bunga [image source]
Ini adalah Taman Bunga Nusantara yang terletak di desa Kawungluwuk, kecamatan Sukaresmi. Lokasinya tidak jauh dari kawasan Puncak, Bogor. Taman seluas 35 hektar ini akan membuai pengunjung dengan keindahan bunga-bunga yang di tanam di dalamnya. Mau foto pre-wedding di sana? Bisa!

4. Kebun Raya Cibodas, Datang ke Sini Traveler Ogah Pulang

Kebun Raya Cibodas, via instagram
Kebun Raya Cibodas, via instagram

Kebun Raya Cibodas terletak di lereng gunung Gede yang menganugerahinya pemandangan keren plus udara yang sejuk khas pegunungan. Wajar jika kemudian kebun raya ini menjadi kartu as pariwisata Cianjur untuk menggaet wisatawan. Kamu kalau sudah datang ke Kebun Raya Cibodas, pasti langsung kerasan!

5. Situs Megalitikum Gunung Kasur Saingan Situs Gunung Padang di Cianjur

Gunung Kasur
Gunung Kasur [image source]
Situs Megalitikum Gunung Kasur berada di desa Gadog dan Cibodas, kecamatan Pacet. Dari puncaknya di ketinggian 1.080 mdpl traveler bisa melihat pemandangan perkotaan dan hamparan gunung-gunung lain yang berada di Cianjur. Kawasan inilah yang disebut sebagai situs prasejarah sama seperti Gunung Padang.

6. Situs Megalitikum Gunung Padang, Pemandangan Mengagumkan yang Takkan Terlupakan

Gunung Padang
Gunung Padang [image source]
Jika traveler datang ke Gunung Padang maka akan dijumpai serakan batu-batu dengan jumlah yang sangat banyak. Itu bukan batu gunung biasa sebab batu-batu tersebut mempunyai ukuran yang sama dan membentuk pola tersendiri. Situs ini pun dinobatkan sebagai yang terbesar di Asia Tenggara. Konon para arkeolog masih melakukan penelitian mengenai kemungkinan adanya piramida yang terkubur di dalam Gunung Padang.

7. Mencari Pantai yang masih Alami di Cianjur? Pantai Agrabinta Jawabannya

Pantai Agrabinta
Pantai Agrabinta [image source]
Kabupaten Cianjur memiliki batas laut di sebelah selatan. Namun, potensi yang begitu besar itu belum begitu terjama hingga menyisakan pantai-pantai yang alami dengan kondisi yang relatif bersih. Pantai ini berjarak 150 kilometer dari pusat Kota Cianjur. Pantainya sendiri berbatasan langsung dengan kabupaten Sukabumi. Inilah pantai yang masih alami dan sepi, pas untuk tujuan menyepi.

8. Waduk Jangari, Satu Obyek Dengan Banyak Pertunjukan

Waduk Janggari
Waduk Janggari [image source]
Waduk Jangari adalah sebuah danau buatan yang dikembangkan sebagai tempat rekreasi. Lokasinya ada di desa Bobojong, kecamatan Mande. Cara paling tepat menikmati kekayaan alam di waduk ini adalah dengan membaur bersama aktivitas masyarakat sekitar. Karena dengan menjadi seperti penduduk lokal kita bisa lebih menikmati setiap sudut keindahan di obyek wisata tersebut.

9. Datang ke Curug Luhur, Maka Hatimu Akan Terhibur.

Curug Luhur
Curug Luhur [image source]
Curug Lesti atau Curug Luhur ini bisa kamu temukan di kecamatan Cibinong, Cianjur Selatan. Karena belum menjadi destinasi wisata komersil maka tidak ada papan petunjuk arah menuju ke lokasi. Satu-satunya cara untuk menemukannya setelah tiba di kecamatan Cibinong traveler harus bertanya pada warga setempat.

10. Kota Bunga, Secuil Venesia di Cianjur

The Little Venice
The Little Venice [image source]
Destinasi wisata ini berada di Cipanas dan dijuluki sebagai The Little Venice lantaran dalam areanya terdapat zona yang dibuat mirip dengan kota kanal Venesia di Italia.Tiket masuk ke kawasan wisata keren ini pun terbilang terjangkau yaitu Rp. 15 ribu per orang. Jika mau mencicipi aneka wahana seperti gondola, perahu, sepeda air dan lain-lain akan dikenakan biaya tambahan. Tempat ini pas untuk traveler yang hobi fotografi.

Akhir pekan ini sepertinya pas untuk mengeksplorasi tempat-tempat wisata di Cianjur. Apalagi buat para traveler yang tinggal di Bogor, Purwakarta dan Bandung. Kalau masih ada tempat wisata keren lain yang terlewatkan kalian boleh menambahkan di kolom komentar.

Tags
Cianjur Indonesia Jawa Barat Kebun Kota Bunga pantai Waduk
Share