Empat Tempat Wisata di Indonesia Ini Justru Kian Kece Saat Musim Hujan

Musim hujan biasanya kurang disukai para traveler karena akan membuat beberapa destinasi menjadi kurang menarik. Pecinta pantai akan sulit mendapatkan perairan dengan warna biru, sementara pendaki akan kesulitan menaklukkan terjalnya gunung. Meski demikian, bukan berarti Anda tak bisa asyik berjalan-jalan di tengah musim hujan. Berikut adalah lima destinasi wisata di Indonesia yang justru kelihatan semakin keren usai diterpa hujan.

1. Tebing Keraton Bandung

Terletak di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda, Bandung, Tebing Keraton menjanjikan pemandangan luar biasa. Di sisi tebing, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan Tahura dari atas, sekaligus menikmati indahnya pemandangan matahari terbit. Di musim hujan, hutan bakal diselimuti kabut tipis yang menimbulkan suasana romantis. Pemandangan yang tercipta pun begitu menakjubkan, terutama kala matahari terbit.

Pemandangan Tebing Keraton via Instagram Verika Pei

Lokasi ini termasuk populer di antara warga Bandung, sehingga sering disebut dengan nama Tebing Mainstream dan Tebing Instagram. Tidak ada yang tahu pasti kapan tempat ini ditemukan, namun nama Tebing Keraton sendiri baru muncul usai banyak orang yang mengunggahnya di media sosial. Sebelumnya, kawasan indah ini dikenal oleh warga sekitar sebagai Karang Jontor, karena ada, formasi batu yang menjorok ke depan.

Untuk bisa menuju tempat ini, Anda harus berkendara sekitar 15 menit dengan mobil atau sepeda motor dari pusat kota Bandung. Bergeraklah ke utara menuju Terminal Dago via Jalan Ir. H Juanda. Dari situ, arahkan tujuan ke Ciburial atau Dago Pakar dan carilah jalan menuju Tahura. Sesampainya di sana, bakal ada banyak papan penunjuk jalan menuju Tebing Keraton.

2. Ubud, Bali

Kawasan Ubud, Bali memang begitu elok, dan musim penghujan akan membuatnya kelihatan semakin mempesona. Hamparan persawahan padi di Ubud akan nampak hijau menyegarkan. Pagi hari di Ubud juga terasa kian romantis dengan adanya kabut tipis yang menyeruak di balik pohon-pohon tinggi. Selain itu, hujan juga akan membuat cuaca jadi tak terlalu panas.

Pemandangan Persawahan di Ubud, Bali via Instagram Balidriver Kadek

Bagi Anda yang lebih senang dengan aktivitas indoor, ada banyak tempat di Ubud yang menawarkan kelas memasak atau seni dengan pemandangan indah persawahan khas Bali. Selain itu, ada beberapa museum keren yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Salah satunya Blanco Renaissance Museum, yang terletak di puncak perbukitan di dekat jembatan Campuhan yang ikonik itu.

Bali Bird Park yang masih ada di kawasan Ubud juga menarik untuk dikunjungi. Melihat Flight Bird Show di sini tentunya bisa menjadi hiburan dengan keunikan tersendiri, meski di tengah gerimisnya cuaca Bali.

3. Pantai Parangtritis

Pantai di Yogyakarta ini mungkin tidak terlalu eksotis dibandingkan Bali atau Maladewa. Namun suasananya akan jauh berbeda di musim penghujan. Di sisi timur Parangtritis, terdapat air terjun yang mengarah langsung ke laut. Selama musim kemarau, Anda mungkin hanya akan melihat bebatuan dengan debit air minimal. Namun begitu musim hujan, volume air bakal lebih tinggi dan menyuguhkan pemandangan yang indah.

Air terjun dekat Pantai Parangtritis via Instagram Hijaubukit

Tempat indah lainnya yang masih bisa Anda nikmati kala hujan di Parangtritis adalah Candi Gembirawati. Ya, tidak banyak yang tahu bahwa salah satu pantai terkenal di Yogyakarta ini ternyata punya kompleks candi sendiri. Gembirawati terletak tepat di atas Parangtritis dan banyak orang lebih suka menyebutnya sebagai pesanggrahan ketimbang candi.

Konon tempat ini dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono II dan lokasinya dipilih karena aura mistis yang ada sekitarnya. Gembirawati adalah tempat yang cocok untuk menikmati indahnya luas pemandangan Samudra Hindia atau Laut Kidul. Bangunannya tepat menghadap ke selatan dan berada di lokasi yang cukup tinggi.

4. Kebun Teh Puncak

Kebun Teh Puncak diselimuti kabut via Instagram Septariaandany

Salah satu destinasi favorit di Bogor adalah Kebun Teh. Selama musim kemarau, kebun teh di sini mungkin takkan ada bedanya dibanding kebun teh lainnya. Tapi begitu memasuki musim hujan, daun-daun yang di sini akan terlihat lebih hijau, dan kabut akan turun menyelimuti hampir seluruh area kebun. Berjalan-jalan di sini bakal membuat Anda serasa berjalan di atas awan. Terasa magis dan pasti takkan terlupakan.

Itulah beberapa tempat wisata di Indonesia yang justru semakin elok ketika musim hujan tiba. Bagaimana? Derasnya hujan tak selalu bisa jadi alasan untuk membatalkan liburan bukan?

Tags
Bali Bandung Bogor Wisata Yogyakarta
Share