5 Tempat Wisata Indah ini Berawal Dari Kebetulan

Berbicara mengenai tempat wisata, Indonesia bukan hanya punya pantai. Bukan hanya gunung atau pun air terjun saja. Tapi, banyak sekali spot cantik yang sudah menanti kedatangan kamu. Salah satunya adalah taman bunga  yang belakangan ini hits banget sebagai spot cantik untuk selfie atau OOTD. Ya, taman bunga yang instagram-able banget. Dibalik kecantikannya, ternyata taman yang jadi destinasi wisata ini dulunya hanyalah lahan kosong milik warga. Namun setelah di tanam benih, tanah mereka berubah menjadi ladang beruang. Wah, lalu dimana saja sih tempat wisata yang dulunya ‘ladang’ kosong ini? Yuk, check this out!

1. Taman Bunga Wortel, Batu

Taman Wortel
Taman Wortel [image source]
Kota Batu rupanya tengah gencar-gencarnya mempromosikan tempat wisatanya. Tidak hanya hiburan wisata gratis seperti Alun-Alun, kota yang bersebelahan dengan Kota Malang ini benar-benar membuat dobrakan baru dengan spot cantik nan alami sekaligus instagram-able. Salah satunya adalah Selecta yang memiliki taman bunga cantik yang enak dipandang. Bukan hanya Selecta, ada satu lagi taman yang belakangan ini hits banget di kalangan wisatawan.

Taman Wortel, Malang
Taman Wortel, Malang [image source]
Ialah Taman Bunga Wortel yang terletak di Kebun Wortel Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Batu. Berbeda dengan dua tempat sebelumnya, tempat wisata kece ini dulunya kebun biasa. Namun, pemiliknya membiarkan wortel tersebut meninggi untuk digunakan sebagai bibit di musim tanam berikutnya. Siapa sangka banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi ladang berbunga satu ini. Selain menikmati pemandangan Batu yang asri, tak sedikit dari mereka yang berfoto di tengah taman. Cantik kan?

Lokasi : Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Batu

2. Taman Bunga Marigold, Bali

Ladang Bunga Marigold
Ladang Bunga Marigold [image source]
Bali memang dikenal akan keindahan pantainya. Mulai dari ujung timur hingga barat, tidak ada satupun pantai yang tidak cantik di Pulau Dewata ini. Selain pantai, bangunan bersejarah seperti pura juga menjadi salah satu tujuan para wisatawan ke Bali. Meski terkenal akan keelokan pantai dan bangunan bersejarah, ternyata Bali juga memiliki taman bunga cantik loh.

Taman Bunga Marigold
Taman Bunga Marigold [image source]
Adalah Taman Bunga Marigold yang terletak di sepanjang jalan antara Bedugul dan Kintamani. Taman bunga satu ini sebenarnya adalah sebuah ladang perkebunan rakyat yang terdiri dari berbagai sayuran. Di ladang yang luas tersebut ditumbuhi bunga-bunga marigold yang memiliki warna keemasan. Siapa sangka, bunga tersebut membuat banyak wisatawan yang penasaran. Bahkan mereka pun rela menepi demi mendapatkan spot foto cantik di taman bunga satu ini.

Lokasi : Daerah bukit Bedugul, Kabupaten Tabanan, Bali

3. Taman Bunga Amaryllis, Gunungkidul

Taman Bunga Amarillys
Taman Bunga Amarillys [image source]
Taman bunga yang paling hits? Puspa Patuk (PusPat) Amaryllis namanya. Kebun bunga satu ini terletak di Gunungkidul dan jadi objek wisata Jogja yang hits abis. Bahkan pernah menghebohkan sosial media di tahun 2015 lalu. Bagaimana tidak, banyak sekali wisatawan yang jatuh cinta dengan kecantikan warna bunga satu ini. Saking sukanya, ratusan orang berdatangan demi bisa foto di ladang milik warga ini. Sayang, karena keasyikan foto, tanpa sadar banyak sekali wisatawan yang merusak tanaman. Alhasil, objek wisata satu ini rusak parah karena terinjak.

Taman Bunga Amaryllis
Taman Bunga Amaryllis [image source]
Sebelum menjadi destinasi wisata, taman bunga yang terletak di Desa Beji, Kecamatan Patuk ini sempat menjadi lahan kosong. Hingga pada akhirnya bapak Sukadi dan Ibu Wartini (pemilik lahan) berinisiatif membudidayakan bunga jenis Amaryllis Hippeastrum atau bunga Brambang Brocot sekaligus menjual benihnya. Siapa sangka, inisiatif tersebut berbuah manis meski harus menerima kenyataan pahit karena tanamannya diinjak-injak oleh wisatawan.

Lokasi : 

4. Taman Bunga Eceng Gondok, Jogjakarta

Taman Bunga Eceng Gondok, Bantul
Taman Bunga Eceng Gondok, Bantul [image source]
Selain Bunga Amaryllis, ternyata Jogjakarta juga punya satu lagi ladang berbunga yang dulunya hanyalah ladang kosong. Yaitu Taman Bunga Eceng Gondok yang terletak di Dusun Karangasem, Palbapang, Bantul. Biasanya, eceng gondok dibunuh oleh petani karena mengganggu tanamannya, namun di Bantul ini Eceng Gondok dibiarkan tumbuh dan bermekaran dengan indahnya. Pesona bunga berwarna ungu ini pun menyedot perhatian dan menjadi salah satu destinasi wisata tak berbayar di Jogjakarta.

Taman Bunga Eceng Gondok
Taman Bunga Eceng Gondok [image source]
Berbeda dengan Bunga Amaryllis, Taman Bunga Eceng Gondok tumbuh dengan sendiri di sawah salah seorang warga. Menurut beberapa sumber, sawah tersebut sudah lama tidak ditanami hingga eceng gondok tumbuh dengan liar dan alami. Sayangnya, kebun bunga ini bakalan terlihat indah saat musim hujan. Ketika musim panas, ladang berduit satu ini akan berubah menjadi tanaman layu bahkan mati.

Lokasi : Dusun Karangasem, Palbapang, Bantul

5. Ladang Gandum, Pasuruan

Ladang Gandum Tosari
Ladang Gandum Tosari [image source]
Sudah pernah berkunjung ke Gunung Bromo? Pasti hafal banget dengan keindahan alam di jalan menuju destinasi wisata satu ini. Bukan hanya pepohonan apel, sayur-sayuran juga menjadi sorotan tersendiri bagi para pelancong. Terutama ketika sudah mencapai wilayah Ngadiwono, Tosari.

Ladang Gandum
Ladang Gandum [image source]
Selain pemandangan cantik buah dan sayur, di Tosari ternyata ada sebuah ladang gandum yang miliki luas sekitar 4 hektare. Ya, tanaman satu ini bisa tumbuh di lereng Gunung Bromo, loh. Tak kalah dengan taman bunga di atas, lahan ini juga menarik perhatian wisatawan yang akan berkunjung ke Bromo. Selain penasaran dengan tanaman gandum, mereka juga berfoto cantik di tengah hamparan lautan perkebunan berwarna cokelat ini.

Lokasi : Ngadiwono, Kecamatan Tosari, Pasuruan

Nah, bagaimana? tertarik untuk jalan-jalan ke taman-taman cantik satu ini? Well, siapkan dulu kamera sekaligus fotografernya biar fotomu terlihat cantik dan insagram-able!

Tags
Taman bunga Taman bunga insatagram-able Tempat Wisata
Share