4 Wisata Indah Selain Pantai di Sumbawa, Pernah Mengunjunginya?

Seperti yang kita tahu selama ini kalau Sumbawa selalu terkenal dengan pesona pantainya. Bahkan, wisatawan luar negeri rela datang jauh-jauh ke Sumbawa untuk menikmati lautnya. Tapi, sebenarnya daerah satu ini tak hanya memiliki pantai sebagai destinasi terbaiknya. Ada banyak wisata indah selain pantai di Sumbawa. Ini bukti-buktinya. 

Liang Bukal, Surganya Kelelawar 

wisata indah selain pantai di sumbawa

Wisata Liang Bukal berada di selatan Sumbawa, tepatnya di Desa Batu Tering, Kecamatan Moyo Hulu. Untuk menuju lokasi desa tersebut kalian akan menempuh jarak sekitar 29 km dari Sumbawa Besar.

Liang Bukal ini mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan tempat wisata lainnya yang berada di kota Sumbawa besar. Ini dikarenakan tempat wisata tersebut terdapat sebuah gua dari sang pemangsa malam yaitu kelelawar. Alhasil, penduduk setempat menamainya sebagai Gua kelelawar, yang dalam Bahasa Sumbawa disebut Liang Bukal.

Saat Teman Traveler mendekati mulut gua ini, bau khas kotoran kelelawar mungkin akan langsung tercium. Walaupun begitu, jangan sampai kalian mengurungkan niat untuk menikmati pesona dalam gua ini. Selain gua kelelawar, di taman wisata Liang Bukal ini kalian juga akan dimanjakan dengan pesona aliran sungai yang sisi-sisi sungainya diapit oleh tebing karang. Menariknya, air sungainya begitu jernih dan segar, sehingga dapat digunakan sebagai tempat bermain air.

Liang Petang yang Memiliki Banyak Sejarah di Dalamnya

wisata indah selain pantai di sumbawa
Liang Petang via instagram/
rio_fu18

Liang Petang merupakan gua unik yang diyakini memiliki banyak misteri. Namun gua ini semakin sering dikunjungi wisatawan karena keunikan dan keindahannya. Ruangan di dalam gua cukup luas, berbagai keunikan mulai tampak ketika wisatawan berada di dalamnya. Bentuk-bentuk stalagmit yang menempel di langit-langit gua menambah kesan yang indah.

Di ruang lainnya terdapat sebuah tempat khusus untuk bertapa, dan yang satu ini adalah peninggalan para leluhur yang konon sempat bertempat tinggal di dalam gua ini. Berdasarkan cerita rakyat di Batu Tering, bahwa zaman dahulu, pernah ada seorang ulama dan beberapa pengikutnya yang hidup di dalam gua Liang Petang.

Air Terjun Mata Jitu dengan Kolam-kolam Kecil di Sekitarnya

wisata indah selain pantai di sumbawa
Air Terjun Mata Jitu via instagram/
rio_sumbawa 

Air Terjun Mata Jitu merupakan salah satu primadona yang dimiliki oleh Pulau Moyo. Pohon – pohon hijau dan pemandangan yang indah dipastikan membuat Teman Traveler merasakan jiwa alami yang dimiliki oleh air terjun ini. Selain itu, Air Terjun Mata Jitu telah dinobatkan sebagai salah satu bagian cagar alam Indonesia, di mana lokasi ini telah terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu.

Keunikan lainnya yang dimiliki oleh cagar alam Air Terjun Mata Jitu adalah memiliki empat undak dan tujuh kolam di bawahnya. Hal itu menyebabkan penduduk sekitar menamai air terjun ini dengan “Mata Jitu” yang artinya adalah mata air yang jatuh tepat pada kolam yang ada di bawahnya. 

Air Terjun Agal yang Berada di Tengah Hutan

Air Terjun Agal via instagram/
travelerbaper__

Di Desa Marenteh, Kecamatan Alas, ada sebuah tujuan wisata yang tak boleh dilewatkan saat ke Sumbawa. Namanya adalah Air Terjun Agal yang berlokasi di kawasan hutan lindung Gunung Agal. 

Dari pintu gerbang kawasan hutan lindung, Teman Traveler harus berjalan kaki selama dua jam untuk mencapai ujung air terjun. Namun begitu, perjuangan ini akan terbayarkan saat mendapati air terjun yang kabarnya setinggi lebih dari 100 meter. Dengan puluhan tingkat air terjun dan debit air yang kencang, kalian harus mencoba tubing atau berselancar dengan ban.

Itulah wisata indah selain pantai yang ada di Sumbawa. Ini merupakan sebuah bukti kalau Sumbawa memang pantas dijadikan destinasi dengan sejuta wisata indah di dalamnya. Yuk segera rencanakan untuk berlibur ke Sumbawa dalam waktu dekat. 

Tags
Indonesia Nusa Tenggara Barat Sumbawa wisata indah selain pantai di sumbawa
Share