Anak Ilmu Komunikasi? Coba Berwisata ke 5 Tempat Ini

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia
Wisata Tentang Komunikasi Wisata Tentang Komunikasi

Belakangan, ilmu seputar fotografi, jurnalistik, juga sinematografi memiliki banyak peminat. Teman Traveler juga bisa mendalami bidang-bidang tersebut dengan mengambil jurusan Ilmu Komunikasi. Tak hanya itu, kalian juga bisa menambah ilmu sambil jalan-jalan. Di bawah ini adalah beberapa destinasi wisata ilmu komunikasi yang ada di Indonesia.

Monumen Pers Nasional Solo

Monumen Pers Nasional via id.wikipedia.org

Wisata ilmu komunikasi bisa ditemukan di Solo. Namanya saja Monumen Pers, tentu di dalamnya kamu dapat menemukan segala hal yang terkait dengan perjalanan jurnalis dari masa ke masa. Salah satu koleksi terbaru yang dimiliki museum peninggalan Mangkunegara VII ini adalah koran-koran terbitan zaman penjajahan Belanda, Jepang, Masa Revolusi, Orde Lama, Orde Baru dan Reformasi. Koleksi lain adalah film dokumenter yang menceritakan sejarah berdirinya tempat ini.

Broadcast Museum Trans Studio Bandung

Trans Broadcast Museum via travelling.setyobudianto.com

Kalau ingin bekerja di televisi selepas kuliah nanti, Teman Traveler harus mencoba datang ke Broadcast Museum di Trans Studio Bandung. Di sini pengunjung dapat mengenal bagaimana proses produksi beberapa program acara milik Trans media. Teman Traveler pun dapat mencoba berfoto dengan green screen lalu latar belakangnya diubah menjadi salah satu program acara Trans Media. Wisata ilmu komunikasi yang satu ini wajib masuk dalam daftarmu.

Kantor Medan Prijaji, Saksi Media Cetak Pertama di Bandung

Bekas Kantor Medan Priaji via merdeka.com

Medan Prijaji adalah sebuah surat kabar di Bandung yang terbit pertama kali pada tahun 1907. Sayang, gerakannya harus terhenti pada tahun 1912 karena pemiliknya, Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo, ditangkap dan diasingkan oleh Belanda. Namun saat ini bangunan ex kantor Medan Prijaji masih tetap berdiri dan menjadi Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan sekaligus cagar budaya milik Kota Bandung

Museum Pos Indonesia, Bandung

Gedung Museum Pos Indonesia via kisahklasikduniaku.blogspot.com

Bandung juga punya wisata ilmu komunikasi. Museum ini berlokasi di Jalan Cilaki No. 73 Kota Bandung. Tak jauh dari Gedung Sate dan Taman Pusaka Bunga Kandaga Puspa. Tempat ini dibuka pada 1931 dengan nama Museum Pos, Telegraf, dan Telepon. Tempat ini menyimpan banyak benda bersejarah yang berhubungan dengan perjalanan pos mulai zaman penjajahan Belanda. Saat ini, Museum Pos sudah dilengkapi dengan gadget Win Audio Tour Guide. Jadi Teman Traveler dapat berkeliling dengan leluasa namun informasi yang didapat pun tetap komprehensif.

Produksi Film Negara

Gedung PFN via harnas.co

Produksi Film Negara merupakan BUMN yang bergelut di bidang perfilman Indonesia. Berdiri pada tahun 1934 dengan nama Java Pacific Film, badan ini kemudian berubah nama menjadi PFN pada tahun 1975. Si Unyil dan Penumpasan G 30 S PKI adalah dua karya PFN yang paling populer.

Mengambil jurusan Ilmu Komunikasi memang menyenangkan. Apalagi bisa tambah ilmu sembari jalan-jalan ke wisata ilmu komunikasi di atas. Bagaimana, tertarik mencoba?