Selain Jawa, Wisata Horror Kalimantan Juga Bikin Merinding

Indonesia tidak hanya dikenal dengan wisata alam dan buatan saja. Teman Traveler juga harus tahu kalau Indonesia juga punya banyak wisata horor yang bikin penasaran. Kalimantan juga punya wisata horror yang harus diketahui. Mulai dari kota tak berpenghuni hingga hewan ghaib, wisata horror di Kalimantan ini dijamin bikin merinding.

1. Saranjana yang tak berpenghuni

Saranjana via instagram/ yth.danang

Saranjana adalah kota yang terletak pada sebuah pulau kecil yang terletak di Desa Oka-Oka Kecamatan Pulau Laut Kelautan, Kalimantan Selatan. Meski tempatnya dikenal cantik dan berpotensi sebagai destinasi wisata. Namun sayangnya warga sekitar malah menyebutnya sebagai tempat angker. Katanya untuk bisa kesana harus orang-orang “pintar” atau yang punya indera keenam yang bisa melihatnya. Bahkan saking mistisnya kota ini juga tidak ada di lokasi peta.

2. Padang 12 dihuni kerajaan makhluk halus

Padang 12 via instagram/ ketapang.official

Padang 12 terletak di Kecamatan Matan Hilir Selatan berdekatan dengan Pantai Tanjung Batu, Kalimantan Barat. Mungkin jika kesini kamu hanya melihat wilayah yang kosong. Namun jangan salah, kalau ternyata konon tempat ini dihuni kerajaan makhluk halus.

Jika ingin mengunjungi tempat ini nantinya kalian akan diperingatkan warga sekitar terutama saat malam hari. Ada yang bilang bahwa tempat ini diisi oleh Orang Kebenaran atau jin muslim yang suci dan taat beribadah. Namun ada juga yang mengatakan kalau ada hantu yang suka meminta tumpangan. Nantinya tak tahu sang pemilik kendaraan akan dibawa ke dunia mana.

3. Sungai Mahakam yang terdapat hewan misterius

Sungai Mahakam via Instagram/@ehires

Selain bangunan, ada juga wisata alam yang terkenal angker di Kalimantan yaitu Sungai Mahakam. Selain mitosnya pernah menelan korban jiwa, ternyata ada banyak penampakan hewan misterius di sini. Banyak yang mengaku melihat seekor naga, buaya putih, hingga ular raksasa terlihat di kawasan Sungai Mahakam. Sudah merinding belum?

4. Hutan Bukit Raya terdengar suara harimau

Bukit Raya Kalimantan via Instagram/@indonesiaexpeditions

Hutan ini dikenal sebagai pesona alamnya yang indah. Namun siapa sangka kalau hutan bukit raya juga punya cerita mistis. Menurut mitos turun temurun dari nenek moyang suku Dayak Ot Danum (Dohoi) hutan ini dihuni seekor harimau. Jika ingin mendaki hutan ini ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan. Yaitu harus ada 7 orang mengorbankan seekor ayam. Jika jumlah pendaki lebih, maka harus mengorbankan babi atau sapi.

Selain itu juga butuh bantuan “orang pintar” agar pendakian bisa disetujui sang harimau. Intinya pengunjung harus selalu sopan dan mengikuti adat istiadat di tempat ini. Jika melanggar akan terjadi kejadian diluar akal seperti mimpi buruk, pohon tumbang, atau diserang penyakit secara tiba-tiba. 

Wah, ternyata Kalimantan juga tak kalah seram dengan wisata horror di Jawa. Jadi menurutmu cerita wisata horror Kalimantan mana nih yang paling seram?

Tags
destinasi seram Indonesia kalimantan wisata horror
Share