10 Wisata Hits Palangkaraya, Yuk Jelajahi Satu Persatu

Meski Palangkaraya tidak menjadi calon ibu kota baru, namun Teman Traveler harus tahu kalau beberapa wisata Kalimantan Tengah ini sangat menarik untuk dijadikan destinasi liburan. Hal ini karena wilayah Palangkaraya yang luas, beragam wisata mulai dari alam hingga buatan tersedia. Jika tertarik berkunjung ke sini berikut rekomendasi wisata hits Palangkaraya dan sekitarnya. Catat daftarnya, ya.

1. Taman Nasional Sebangau

Taman Nasional Sebangau via Instagram/@joshuafavian

Taman Nasional Sebangau dihuni oleh 6500 orangutan liar yang tersebar di area hutan rawa gambut. Selain itu, saat mencoba menyelusuri Sungai Koran di taman ini, Teman Traveler akan merasakan pengalaman seru dan tak terlupakan.

Teman Traveler bisa menelusurinya dengan menggunakan speedboat dari dermaga di Desa Kereng Bangkirai. Untuk bisa sampai ke sini, kira-kira butuh waktu sekitar 15 menit perjalanan dari Kota Palangkaraya.

2. Danau Tahai Palangkaraya

Danau Tahai via Instagram/@h_yat

Kawasan Palangkaraya dikenal kaya dengan lahan gambut. Salah satu lahan gambut ini bisa ditemukan di Danau Tahai. Danau Tahai memiliki air berwarna merah disebabkan akar pohon gambut. Kamu bisa berjalan di jembatan kayu dan rumah-rumah terapung yang disebut rumah lanting.

Selain itu, kamu juga bisa melihat orangutan di Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng. Lokasi Danau Tahai Palangkaraya ini berada di Tumbang Tahai, Bukit Batu, Kota Palangka Raya.

3. Taman Pasuk Kameluh

Taman Pasuk Kameluh via Instagram/@dididyanna

Taman Pasuk Kameluh merupakan tempat wisata andalan Palangkaraya. Taman ini bisa kamu temukan di bantaran Sungai Kahayan atau Jalan S. Parman, Kota Palangkaraya. Pasuk Kameloh diambil dari bahasa Dayak, memiliki makna bakul gadis, artinya barang yang dimiliki seorang gadis.

Jika ke sini pada malam hari, pemandangan akan jauh lebih indah karena ada kerlap-kerlip lampu. Suasananya yang asri dari pepohonan akan membuat nyaman untuk berlama-lama ataupun berfoto cantik.

4. Sungai Kahayan

Sungai Kahayan via Instagram/@mas.indra01

Sungai Kahayan seringkali disebut sebagai Sungai Amazonnya Indonesia. Wisata ini memiliki bentuk yang sangat unik karena terlihat seperti teluk yang menjorok ke dalam yang bermuara di 3 kabupaten atau kota antara Kota Palangka Raya, Kabupaten Gunung Mas dan Kabupaten Pulang Pisau, dan bermuara di Laut Jawa. Teman Traveler akan disuguhi pemandangan alam yang asri seperti pepohonan hijau.

5. Dermaga Kereng Bangkirai

Dermaga Kereng via Instagram/@putriacencen

Dermaga Kereng merupakan salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal. Letaknya berada kurang lebih 10 km dari Pusat Kota Palangkaraya. Dermaga Kereng merupakan pintu gerbang utama menuju kawasan Taman Nasional Sebangau.

Salah satu spot iconic di sini adalah bentuk dermaganya yang seperti burung merak. Dermaga ini juga menyediakan wahana bermain, seperti sepeda bebek air, susur sungai, wisata ke batu ampar, dan masih banyak lainnya. Cocok sebagai wisata keluarga.

6. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting via Instagram/@ini_kalimantan.id

Selain datang ke Taman Nasional Sabangau, kamu juga temukan konservasi orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting. Terletak di wilayah Desa Sungai Cabang, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, wisata ini juga menjadi rumah dari beberapa satwa yang dilatih, seperti bekantan, monyet, babi hutan, dan beberapa jenis satwa lainnya. Sayangnya, Taman Nasional Tanjung Puting ini lebih menarik minat wisatawan mancanegara daripada wisatawan lokal.

7. Rumah Adat Dayak Pasir Panjang 

Rumah Adat Dayak Pasir Panjang via Instagram/@sanggar_sahaluan

Desa Adat Pasir Panjang terletak di pinggir kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Dari dulu hingga sekarang, desa ini ditempati oleh masyarakat Dayak Pasir Panjang yang masih mempertahankan tradisinya.

Hal ini untuk menjaga filosofi agar budaya yang dulu masih saling terikat antar keluarga. Wisata ini bisa kamu temukan di Desa pasir Panjang dan di tepi Jalan Utama Pasir Panjang yang menghubungkan Pangkalan Bun ke Kota Pelabuhan Kumai.  

8. Bukit Tangkiling

Bukit Tangkiling via Instagram /feyrie

Jika kamu lebih suka mendaki, Bukit Tangkiling bisa menjadi pilihan. Dengan menaiki batu besar yang ada di puncak bukit, mata akan dimanjakan dengan seluruh panorama indah di Palangkaraya.

Konon katanya, cerita terbentuknya mirip dengan legenda Sangkuriang di mana sang anak menikahi ibunya, sehingga para dewa mengutuknya menjadi batu. Selain menyuguhkan pemandangan alam, di bukit ini juga terdapat wisata religi yaitu Biara Pertapaan Karmel dan Pura Hindu Kaharingan.

9. Air Terjun Tosah

Air Terjun Tosah via Instagram/ ucokid

Ciri khas Air Terjun Tosah ini memiliki ketinggian 15 meter dengan terbagi alurnya menjadi dua alur besar dan satu alur kecil. Berwisata di sini betul-betul menyegarkan karena airnya dingin dan pemandangannya yang sejuk. Meski air terjun ini masih kurang promosi, namun setiap harinya selalu didatangi banyak pengunjung yang ingin menikmati wisata alam satu ini.

10. Pantai Kubu

Pantai Kubu via Instagram/@nengsihsyah17

Selain di Palangkaraya, Teman Traveler juga bisa berkunjung ke sekitarnya yaitu Kabupaten Kotawaringin. Pantai Kubu dikenal sebagai salah satu wisata kebanggaan Kotawaringin Barat. Ciri khas unik dari pantai ini adalah adanya bentangan garis membentuk huruf U atau melengkung membentuk sebuah Teluk. Selain menikmati pemandangan alam, kuliner di Pantai Kubu juga bisa memanjakan perut karena ada beragam seafood segar dengan harga yang terjangkau.

Nah, itu dia beberapa wisata hits di Palangkaraya dan sekitarnya yang bisa kamu kunjungi. Jadi tertarik ke wisata mana dulu?

Tags
danau tahai Indonesia Kalimantan Tengah Palangkaraya Wisata Kalimantan wisata kalimantan tengah
Share