Wisata ‘Indie’ di Jakarta Selatan, Panduan Jalan-Jalan Akhir Pekan ala Hipster Ibukota

Untuk anak-anak yang terjun atau penikmat musik indie, Jakarta Selatan tentu saja menjadi taman bermain yang paling seru. Selain banyaknya venue yang sering digunakan untuk gigs (konser musik), Jakarta Selatan juga menyimpan beberapa tempat-tempat seru untuk nongkrong, berburu rilisan musik fisik, atau sekedar berbelanja pakaian. Intinya, Jakarta Selatan ini menyimpan banyak hal anti-mainstream yang bisa kamu dapatkan juga wawasan tentang hal-hal baru. Berikut beberapa tempat yang dapat kamu kunjungi.

Berburu Rilisan Musik dan Buku di Pasar Santa

Tempat mencari rilisan musik via instagram/@paperpotrecords

Pasar Santa adalah pasar modern yang di dalamnya berisi hal-hal yang disukai anak muda. Seperti record store yang menjual rilisan fisik band-band indie lokal maupun luar negeri. Di dalamnya kamu juga dapat menemukan tenant-tenant yang menjual buku-buku. Beragam kuliner modern, kue cubit, hingga kopi dapat ditemukan di Pasar Santa.

Mulai dari cd hingga vinyl dapat ditemukan di sini via instagram/@paperpotrecords

Seru-seruan Datang ke Gigs di Rossi Musik Fatmawati

Band luar negeri yang show di Rossi Musik via instagram/@holaitsdev

Kalau kamu suka hadir ke gigs-gigs kecil, Rossi Musik yang berada di bilangan RS Fatmawati ini bisa menjadi opsi destinasi. Tempat ini sering menjadi lokasi untuk band-band lokal maupun luar negeri untuk unjuk gigi. Bahkan Rossi Musik juga menjadi ikon untuk pertunjukan musik underground di Jakarta. Namun sebelum datang kemari cari info dulu ya terkait tanggal dan line up bandnya.

Panggung di Rossi Musik via instagram/@pfphotoworks

Belajar Artsy di Ciputra Artpreneur

Salah satu seni instalasi di Galeri Ciputra via instagram/@ditapujima

Hipster juga memiliki cara yang unik untuk berwisata. Selain ketertarikan mereka terhadap musik-musik indie, mereka juga tertarik kepada hal-hal anti mainstream yang lainnya. Begitu pula dengan pameran seni dan museum. Selain Musem Modern and Contemporary art yang ada di Jakarta Barat, kamu juga dapat menemukan hal serupa di Jakarta Selatan. Berbagai seni instalasi, lukisan, dan terkadang fashion show juga diselanggarakan di tempat ini.

Lukisan-lukisan yang dipamerkan di Galeri Ciputra via instagram/@ayaabon

Isi Perut dengan Burger Rock! di Lawless Burger Bar

Salah satu sub usaha dari pentolan grup rock Seringai via instagram/@leftylooseyjkt

Lawless burger bar adalah sub usaha baru dari Lawless Jakarta, salah satu usaha dari dua pentolan Seringai, Arian dan Sammy. Di sini kamu juga dapat menikmati burger dengan backsound lagu heavy metal/rock. Keunikan tak berhenti di situ saja, nama-nama menu makanan pun juga diadaptasi dari beberapa nama band rock kenamaan dunia. Seperti Sabbath Burger, Enter Sandwich, Judas Fries, dan Municipal Wings.

Salah satu menu yang dapat menyebabkan mouth wathering via instagram/@lawless.burgerbar

Menikmati Jakarta tak melulu pergi ke rooftop di kawasan Menteng, datang ke Lucy in The Sky, atau juga menikmati kuliner di PIK saja. Masih banyak jenis-jenis destinasi lain yang juga menarik untuk di eksplorasi. Tapi tetap, semua itu kembali ke selera masing-masing individu. Kalau kamu yang mana?

Tags
DKI Jakarta Indonesia Jakarta Selatan Wisata
Share