Wisata Halal Arab Tutup di Hari Pembukaan, Kenapa ya?

Mungkin hal pertama yang muncul di benak Teman Traveler ketika membayangkan Arab Saudi ialah tanah suci Mekkah. Namun berbeda dengan kasus yang satu ini. Di Jeddah terdapat sebuah wisata halal Arab tutup belum lama ini. Berikut kronologi yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Ditutup di Hari Pembukaannya

Wisata halal tutup
Ilustrasi White Night Club via Instagram/mike_saxi

Pemerintah Arab Saudi membubarkan acara pembukaan sebuah klub malam di Jeddah pada hari Kamis 13 Juni lalu. Kota terbesar kedua di Arab ini dikenal akan peraturannya yang ketat seperti pemisahan antara wanita dan pria lajang. Klub malam halal bernama “White” membuka cabang di Jeddah dan tidak memiliki izin operasional berdasarkan keterangan Otorita Hiburan Umum (GEA) seperti yang diberitakan oleh Kompas. Hal itu yang membuatnya ditutup.

Video yang Viral

Sebelumnya, terdapat beberapa video yang diunggah ke internet soal keramaian klub tersebut sehingga menarik perhatian GEA. Video itu memperlihatkan pria dan wanita berdansa bersama di ruang publik serta suasana di klub. Diketahui klub malam tersebut buka mulai jam 22.00 hingga pukul 03.00 waktu setempat.

Klub Malam Halal

Ilustrasi Klub Malam
Ilustrasi Klub Malam via Instagram/jacoobsendj

Informasi yang didapat dari VOA, klub malam tersebut bersifat sementara, hanya beroperasi satu bulan sebagai bagian dari festival yang berlangsung di seluruh kota tersebut untuk meningkatkan pariwisata dan pengeluaran domestik.

Berbeda dari klub malam kebanyakan, White bebas alkohol sesuai hukum Islam di negata tersebut. Banyak orang yang membincangkan hal ini di media sosial. Sebagian tuai komentar positif dan negatif.

Destinasi Menarik di Jeddah

Atallah Happy Land
Atallah Happy Land via Instagram/im03th

Penutupan klub malam halal tersebut memang membuat heboh berbagai media internasional beberapa waktu lalu. Namun bukan berarti kota ini tak punya destinasi menarik. Teman Traveler dapat berkunjung ke Air Mancur King Fahd, Taman Bermain Atallah Happy Land Park, Museum Nasseef House, atau Jungle Land Theme Park. Tetap seru kan?

Tidak adanya izin resmi membuat wisata halal ini tutup di Jeddah ketika melangsungkan pembukaannya. Tapi, Teman Traveler tetap bisa berkunjung ke sejumlah destinasi wisata tadi. Kapan nih berkesempatan untuk ke sini?

Tags
Arab Saudi Luar negeri Wisata
Share