Serba-Serbi Wisata Kabupaten Gunungkidul Super Eksotis

Advertisement
Advertisement

Gunungkidul adalah salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta sekaligus menjadi kawasan yang memiliki kepadatan penduduk yang kecil di provinsi tersebut. Tetapi namanya pada beberapa tahun terakhir tengah meroket khususnya dalam bidang pariwisata. Hal itu disebabkan makin berkembangnya sektor pariwisata yang ada disana terutama pantainya.

Perlu diketahui bahwa Gunungkidul punya 69 wisata pantai yang siap dikembangkan menjadi destinasi wisata. Beberapa diantaranya bahkan sudah mulai dikelola dan banyak dikunjungi traveler. Tak hanya pantai, gua telaga dan kawasan pegunungan juga menjadi destinasi wisata alternatif yang menarik untuk disambangi.

Besarnya minat masyarakat berkunjung ke tempat-tempat wisata di Gunungkidul dapat dilihat dari arus lalulintas yang melewati kawasan ini setiap akhir pekan yang mana jalur menuju ke kabupaten ini bisa macet hingga berkilo-kilometer panjangnya. Mau tahu tempat-tempat wisata apa saja yang ada disana? Simak terus ulasan Travelingyuk mengenai serba-serbi wisata di Kabupaten Gunungkidul bagian kedua.

1. Pantai Baron, Gerbang Menuju Pantai-Pantai Eksotis di Gunungkidul

Mau wisata marathon ke pantai-pantai di Gunungkidul? Sebaiknya kamu melakukan start dari Pantai Baron. Pantai ini terletak di Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta . Berjarak 65 km dari arah Yogyakarta atau 20 km ke arah selatan Wonosari. Pantai Baron menjadi gerbang atau titik awal yang pas untuk menuju pantai-pantai lain yang berada di pesisir yang sama.

Pantai Baron, via instagram
Pantai Baron, via instagram

Pantai-pantai yang dimaksud adalah Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Krakal, Pantai Drini dan Pantai Sundak. Pantai Baron memiliki karakteristik diapit oleh bukit di kiri dan kanannya. Warga sekitar menggunakan pantai ini sebagai tempat pelelangan ikan sehingga kamu akan menjumpai banyak perahu nelayan berlabuh di pesisir pantainya. Pantai Baron adalah tempat yang pas jika kamu suka berenang di pantai, meski ombaknya besar namun ada satu sisi yang agak landai. Di sanalah biasanya traveler berenang dan pengelola pantai juga telah memasang tanda batas aman untuk berenang di laut.

2. Kunjungi Pantai Wedi Ombo yang Punya Kolam Alami

Pantai dengan nama Wedi Ombo tidak hanya ada di Banyuwangi saja. Kalau kamu main ke Gunungkidul, melipirlah ke desa Jepitu, kecamatan Girisubo, disana kamu akan menjumpai pantai dengan nama yang sama. Pantai Wedi Ombo disini memiliki pasir berwarna putih dengan sisinya berupa karang terjal yang biasanya digunakan warga sebagai spot memancing.

Pantai Wedi Ombo, via instagram
Pantai Wedi Ombo, via instagram

Uniknya pantai Wedi Ombo ini memiliki kolam alami yang terisi oleh air laut yang biasanya digunakan pengunjung untuk berenang. Lokasinya cukup aman dari hempasan ombak lantaran posisinya terhalang oleh karang. Kawasan pantai ini relatif cukup sepi dibanding pantai lain di Gunungkidul yang sudah tenar seperti Indrayanti dan lainnya.

3. Pantai Jungwok, Si Perawan yang Katanya Angker

Kalau sudah datang ke Pantai Wedi Ombo sekalian saja berkunjung ke pantai tetangganya yaitu Pantai Jungwok. Pantai ini terletak di sisi timur Wedi Ombo dengan akses jalan yang cukup menantang. Kamu harus berjalan kaki untuk sampai di bibir pantainya sebab jalan yang dilalui ukurannya cukup kecil dan belum diaspal maupun di rabat beton.

Pantai Jungwok, via instagram
Pantai Jungwok, via instagram

Alamnya cukup indah, garis pantainya pun cukup panjang. Saat surut akan terlihat tuh karang-karang di tengah laut. Saat itu pula akan nampak cerukan-cerukan berisi air yang bisa digunakan untuk berendam dan berenang. Tapi kalian yang berkunjung tetap arus waspada sebab katanya pantai yang masih sepi ini cukup angker.

4. Pantai Penuh Batu Karang Unik di Watu lumbung

Masih berada di dekat Pantai Wedi Ombo ada satu pantai eksotis dengan karang-karangnya yang cantik. Pantai ini bernama Pantai Watu Lumbung. Pantai ini terlihat jelas dari jalan utama sebelum masuk area parkir Pantai Wedi Ombo. Dari sana formasi karang-karang cantik ini terlihat menggoda untuk didekati.

Pantai Watu Lumbung, via instagram
Pantai Watu Lumbung, via instagram

Pantai Watu Lumbung adalah tempat memancing favorit bagi warga sekitar. Satu-satunya cara untuk mencapai bibir pantai ini adalah dengan trekking. Dari info terakhir yang didapatkan Travelingyuk, jalan menuju ke sana masih berupa jalan setapak dari tanah yang akan becek dan licin saat musim hujan. Tapi kalau sudah sampai di pantainya kamu akan dihadapkan dengan pemandangan indah berupa pantai lengkap dengan tebing-tebing besar. Foto di pantai ini bakal bikin kamu terlihat keren di instagram.

5. Kunjungi Kawasan Geopark Gunung Sewu di Watu Payung

Sekitar akhir tahun lalu UNESCO menetapkan kawasan Gunung Sewu yang mencakup Gunungkidul, Wonogiri dan Pacitan sebagai Geopark Dunia. Artinya jika kamu berwisata ke Gunungkidul kamu secara tidak langsung sudah mengunjungi keragaman situs geopark. Tempat lain yang juga masuk dalam zona Karst Selatan dalam situs ini adalah Watu Payung yang disebut-sebut sebagai turunan dari Geoforest.

Watu Payung, via instagram
Watu Payung, via instagram

Watu Payung terletak di Dusun Turunan, Desa Giri Suko, Panggang, Gunungkidul. Kawasan ini berupa pegunungan dengan pemandangan alam sebagai daya tarik utamanya. Pemerintah kabupaten serta provinsi juga tengah serius mengembangkan kawasan ini sebagai salah satu tujuan wisata. Salah satu caranya adalah dengan mendatangkan para investor. Wajib hukumnya kamu untuk berkunjung ke sana, saat ini telah tersedia gardu padang dimana pengunjung bisa melihat lanskap alam yang indah dengan aliran sungai Oya di bawahnya.

6. Ada Suasana Kuta di Jogja, Datang Saja ke Pantai Sepanjang

Kangen dengan suasana pantai Kuta di Bali? Kalau belum punya uang untuk kembali ke pulau Dewata ada baiknya kamu berkunjung ke Pantai Sepanjang di Gunungkidul. Sekali sampai di pantainya rasa kangenmu akan langsung terobati sebab pantai ini disebut-sebut memiliki karakteristik yang mirip sekali dengan pantai Kuta di Bali namun dengan suasana yang jauh lebih asri dan sepi.

Pantai Sepanjang, via instagram
Pantai Sepanjang, via instagram

Pantai Sepanjang ini bisa kamu jumpai di alamat Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Dinamakan Sepanjang karena pantai ini memiliki garis pantai terpanjang diantara pantai-pantai lain yang ada di kabupaten ini. Di pinggir pantainya telah dibangun gubug-gubug untuk berteduh yang biasanya digunakan warga untuk berdagang. Memang paling enak bersantai sambil menikmati kelapa muda di pinggir pantai. So, langsung datang saja ke Pantai Sepanjang.

7. Telaga Jonge, Tempat Teduh Untuk Rekreasi Dan Menyimpan Mitos

Liburan di Gunungkidul tidak melulu mengunjungi pantai. Alternatifnya kamu bisa berkunjung ke Telaga Jonge. Telaga seluas tiga hektar ini berada di Pedukuhan Jone, desa Pancarejo, kecamatan Semanu, sekitar 7 km arah timur dari Wonosari. Telaga ini tidak pernah kering meski musim kemarau dan sering digunakan warga sebagai pasokan air bersih dan kebutuhan mandi.

Telaga Jonge, via instagram
Telaga Jonge, via instagram

Namun karena alamnya yang masih asri tak jarang traveler datang untuk berekreasi. Namun perlu diperhatikan bahwa setiap pengunjung yang datang dilarang melakukan aktivitas mesum atau berkata kotor. Sebab Telaga Jonge adalah kawasan yang dianggap suci bagi warga setempat. Di sana pula terdapat petilasan yang banyak dikunjungi peziarah.

8. Rasakan Sensasi Petualangan di Gua Jomblang

Susur gua dengan cara biasa kamu bisa berkunjung ke Gua Rancang Kencono, mau menyusuri dengan pelampung tinggal ke Gua Pindul, nah yang satu ini butuh skill dan nyali untuk menyusurinya. Adalah Gua Jomblang, sebuah gua dengan karakteristik vertikal atau orang Jawa menyebutnya dengan istilah luweng.

Gua Jomblang, via instagram
Gua Jomblang, via instagram

Gua Jomblang terletak Jetis Wetan, Semanu, Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta, berjarak 10 km dari kota Wonosari. UNtuk masuk ke dalam gua, setiap wisatawan harus melakukan Single Rope Technique ( SRT ) dengan menggunakan tali pengaman layaknya orang-orang yang sedang panjat tebing. Gua ini dikenal memiliki fenomena cahaya surga yaitu sinar matahari yang masuk ke dalam gua lewat mulut gua.

9. Pantai Nglambor, Tempat Snorkeling di Pantai Selatan

Pantai selatan umumnya dikenal memiliki ombak yang ganas. Tapi Pantai Nglambor adalah satu dari sedikit pantai di pesisir selatan Jawa yang cukup aman sebagai spot snorkeling. Hal ini didukung oleh keberadaan karang besar di tengah laut yang menjadi pemecah ombak sehingga gelombang yang menuju ke pantainya telah diredam. Jadilah pantai ini sebagai spot snorkeling favorit traveler.

Pantai Nglambor, via instagram
Pantai Nglambor, via instagram

Pantai Nglambor berada dalam satu kawasan dengan Pantai Siung dan Pantai Jogan. Jalurnya juga searah dengan pantai Timang, atau tepatnya ada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Di sini traveler bisa berenang di antara karang dan melihat ikan kecil berwarna warni berenang kesana kemari. Saat snorkeling kamu harus hati-hati ya, jangan sampai menginjak terumbu karang.

Sepertinya memang butuh berbulan-bulan untuk mengunjungi semua tempat wisata di Kabupaten Gunungkidul. Daftar ini saja baru mencangkup sedikit sekali dari sekian banyak obyek yang bisa dikunjungi tapi setidaknya sudah mewakili. Kalau kamu punya rekomendasi tempat lain, silahkan berbagi dengan mengisi kolom komentar.

Advertisement
Tags
Explore Gunungkidul explore jawa tengah Gunungkidul Jawa Tengah Wonderful Indonesia
Share