Wisata Gratis di Singapura, Liburan Seru Hemat Budget

Teman Traveler pengin liburan ke luar negeri tapi budget terbatas? Jangan khawatir, kamu bisa melipir ke Negeri Singa. Terdapat beragam tempat wisata Singapura yang bisa dikunjungi tanpa biaya alias gratis. Jadi, kita bisa berhemat saat liburan di sini. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak perjalanan berikut ini.

Merlion Park

wisata gratis di singapura
Berfoto dengan Patung Merlion (c) Sunti Yogi Utami/Travelingyuk

Wisata gratis di Singapura pertama yang bisa Teman Traveler kunjungi adalah Merlion Park. Ikon dari Singapura ini bisa kalian capai dengan naik MRT, lalu turun di Downtown Station. Kalau sudah sampai, kalian bisa jalan kaki sekitar 10 sampai 15 menit menuju ke Merlion Park.

wisata gratis di singapura
Marina Bay (c) Sunti Yogi Utami/Travelingyuk

Kalian bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan sekitar. Seperti Patung Merlion, Marina bay, Art Science Museum, dan Esplanade. Disarankan untuk menuju ke Merlion Park lebih pagi karena kalau sudah siang, wisata satu ini akan dipenuhi dengan para turis.

Garden By The Bay

wisata gratis di singapura
Garden By The Bay siang hari (c) Sunti Yogi Utami/Travelingyuk

Selanjutnya ada Garden By The Bay. Untuk menuju ke sini kalian bisa naik MRT dan turun di Bayfront Station. Masuk Garden By The Bay di Singapura gratis kecuali kalau ingin ke dome atau jembatannya. Sangat disarankan untuk datang pada waktu siang atau malam hari, karena suasanya akan sangat berbeda.

wisata gratis di singapura
Garden By The Bay malam hari (c) Sunti Yogi Utami/Travelingyuk

Di siang hari Teman Traveler bisa berfoto dengan spot-spot yang instagramable. Sedangkan di malam hari kalian bisa menikmati Garden Rhapsody setiap pukul 19.30 dan 20.30. Garden Rhapsody merupakan pertunjukkan lampu dengan ditemani musik-musik yang seru.

Singapore Flyer

wisata gratis di singapura
Foto berlatar Helix Bridge (c) Sunti Yogi Utami/Travelingyuk

Tempat selanjutnya adalah Singapore Flyer. Singapore Flyer merupakan bianglala berukuran besar yang berjarak sekitar 30 menit dari Garden By The Bay. Untuk mencapai wisata satu ini kalian akan melewati Helix Bridge yang super keren.

wisata gratis di singapura
Pemandangan Singapore Flyer malam hari (c) Sunti Yogi Utami/Travelingyuk

Waktu yang tepat untuk ke Singapore Flyer ini adalah ketika sore hari, karena bisa bersantai sambil menikmati sunset. Di Singapore Flyer juga ada beberapa fasilitas, seperti tempat salat dan warung makan. Lalu, kalau Teman Traveler ingin naik bianglala, biaya yang harus dikeluarkan adalah sekitar 20 Dollar Singapura.

Apabila kalian datang malam hari, ada banyak pemandangan indah. Seperti Garden The Bay, Art Museum dan Helix Bridge yang disorot oleh lampu berwarna-warni. Jadi, kalian dapat berfoto berlatarkan ketiga ikon dari Singapura ini.

Haji Lane

Haji Lane (c) Sunti Yogi Utami/Travelingyuk

Tempat lainnya adalah Haji Lane yang berada di kawasan Bugis Street. Haji Lane merupakan sebuah gang penuh mural instagenic di Singapura. Pastikan Teman Traveler datang ke sini menggunakan outfit paling keren, supaya fotomu jadi semakin kece.

Sisi lain Haji Lane (c) Sunti Yogi Utami/Travelingyuk

Sentosa Island

Sentosa Island (c) Sunti Yogi Utami/Travelingyuk

Untuk menuju Sentosa Island kalian harus ke Vivo City dulu. Dari Vivo City ke Sentosa Island bisa ditempuh dengan dua cara, yaitu menggunakan skytrain. Tiketnya bisa dibeli di Lantai 3 Vivo City seharga 4 dollar Singapura per orang.

Berfoto di Universal Studio (c) Sunti Yogi Utami/Travelingyuk

Cara yang kedua adalah berjalan kaki yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Teman Traveler tak perlu takut kelelahan, karena sampai di sini ada travelator. Selain itu, rasa lelah juga akan hilang lantaran pemandangan di sekitar sangat memanjakan mata.

Di Sentosa Island kalian bisa berfoto dengan berlatar belakang bola dunia milik Universal Studio. Untuk foto di sini tidak membutuhkan biaya, tapi kalau ingin masuk ke Universal Studio kalian harus membayar sebesar 76 Dollar Singapura.

Tips Traveling Hemat di Singapura

Sentosa Island (c) Sunti Yogi Utami/Travelingyuk

Ada beberapa tips hemat nih untuk Teman Traveler yang ingin berlibur ke Singapura. Pertama, carilah tempat menginap di sekitar Little India, karena harganya sangat ramah di kantong. Apabila ingin lebih hemat lagi, pilihlah kamar dengan jenis dormitory. Namun, beberapa dormitory ada yang kamarnya bercampur antara laki-laki dan perempuan. Jadi, cek dulu ya sebelum memesan.

Travelator Sentosa Island (c) Sunti Yogi Utami/Travelingyuk

Kemudian yang kedua adalah membawa bekal saat perjalanan. Ini dikarenakan harga makanan di Singapura sangat menguras kantong walaupun tempatnya berlokasi di pinggir jalan. Lebih gampangnya lagi, pilihlah akomodasi yang sudah menyediakan free breakfast, supaya kocek tetap aman.

Lalu yang terakhir adalah selalu membawa tumblr. Kalian bisa mengisinya di penginapan atau tap water yang disediakan di tempat wisata. Hal ini perlu sekali kalian lakukan, mengingat harga air mineral yang tidak murah.

Itulah tadi destinasi wisata gratis dan tips liburan hemat di Singapura. Jadi, jangan takut kehabisan uang saat berkunjung ke negara satu ini. Sudah siap susun itinerary buat traveling ke Negeri Singa?

Tags
kontributor Luar negeri Singapura Travelingyuk Wisata wisata gratis singapura
Share