Seru dan Unik, Lima Wisata Gratis Qatar Wajib Dikunjungi

Hai Teman Traveler, berapa banyak di antara kalian yang bermimpi bisa jalan-jalan atau menyambangi wisata Qatar? Well, mungkin banyak ya. Apalagi negara ini dikenal sangat maju dan punya sederet wahana modern nan canggih. Meski begitu, liburan ke Negeri Timur Tengah tersebut tak harus makan biaya banyak kok. Bahkan ada banyak tempat menarik yang bisa Teman Traveler kunjungi secara gratis! Penasaran? Yuk, simak daftar rekomendasi wisata gratis Qatar yang pantang kalian lewatkan.

The Chroniche of Qatar

Wisatawan bersantai sambil nikmati panorama laut (c) Helga Christina/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang ingin bermeditasi, jogging, atau sekedar jalan-jalan dan tak mengeluarkan uang sama sekali, The Chroniche adalah tempat yang tepat. Di sini kalian bisa menikmati pemandangan tepi laut, berpadu apik dengan pepohonan dan deretan bangunan pencakar langit khas metropolitan.

Menariknya lagi, kawasan yang membentang sepanjang tujuh kilometer ini juga menyediakan fasilitas olahraga lengkap untuk pengunjung dewasa. Teman Traveler juga akan menemukan taman anak dan deretan bangku untuk beristirahat. Asyik ya?

Museum of Islamic Art

Museum of Islamic Art (c) Helga Christina/Travelingyuk

Museum yang arsitekturnya terinspirasi dari budaya Islam kuno ini bisa Teman Traveler kunjungi gratis. Namun sebelum masuk kaian harus melalui prosedur pemeriksaan barang bawaan dan penggeledahan barang. Pengunjung dilarang keras membawa senjata tajam maupun benda asing atau mencurigakan, serta diwajibkan menggunakan pakaian sopan.

Salah satu koleksi yang pantang dilewatkan (c) Helga Christina/Travelingyuk

Di sini Teman Traveler bisa melihat koleksi seni Islam dari tiga benua, berusia lebih dari 1.400 tahun. Jenisnya beraneka ragam, mulai dari karya seni berbahan logam, kayu, perhiasan, tekstil, hingga gelas. Koleksi tertua bahkan ada yang berasal dari Abad ke-7.

Foto pribadi

Souq Waqif

Komplek Souq Waif (c) Helga Christina/Travelingyuk

Souq Waqif termasuk salah satu yang wajib dikunjungi karena tempat ini merupakan pusatnya pedagang kaki lima. Teman Traveler bisa menemukan penjual pakaian tradisional, bumbu rempah, aneka kerajinan, hingga suvenir. Semua ditawarkan dengan harga murah dan bisa dijadikan oleh-oleh.

Beraneka makanan khas Qatar juga bisa ditemukan di sini. Asyiknya lagi, sembari berwisata kuliner Teman Traveler akan dimanjakan beragam hiburan. Pasalnya Souq Waqif sering dijadikan tempat untuk menggelar konser musik maupun pameran seni kecil-kecilan.

Nah, bagi Teman Traveler yang benar-benar tak ingin mengeluarkan uang, jangan khawatir. Kalian bisa duduk santai sembari bermain-main bersama burung merpati di sekitar sini. Tentunya tak kalah asyik bukan?

Aspire Park

Aspire Park (c) Helga Christina/Travelingyuk

Taman Aspire berada di Zona Aspire, distrik selatan Al Waab di Doha, Qatar. Luasnya mencapai 88 hektar dan merupakan taman terbesar di Doha. Tempat ini adalah pilihan tepat untuk menghabiskan waktu dengan piknik bersama keluarga. Pemandangan sekitar sangat indah karena menghadap langsung ke Menara Aspire dan bakal tambah mengesankan di malam hari.

Taman ini juga menyediakan beragam fasilitas menarik, seperti air mancur indah, taman bermain anak, jogging track, dan masih banyak lagi. Di sini Teman Traveler juga bisa menemukan satu-satunya danau di Qatar.

Usai lelah berjalan mengagumi deretan pohon di sini, Teman Traveler bisa mampir ke kafe untuk membeli makanan atau minuman sembari bersantai. Nah, asyiknya Taman Aspire bisa dikunjungi gratis tis tis alias tak perlu bayar sama sekali.

Mia Park

Salah satu sudut MIA Park (c) Helga Christina/Travelingyuk

Berada tak jauh dari Museum Islamic Art dan menawarkan panorama Doha Skyline yang spektakuler, Taman MIA cocok untuk Teman Traveler yang menyukai nuansa alam atau ingin jalan santai bersama keluarga. Di sini kalian juga bisa mencicipi aneka camilan, salad sehat, maupun kuliner inovatif dengan sentuhan Arab.

Panoama indah dari MIA Park (c) Helga Christina/Travelingyuk

Deretan kios di Taman MIA buka antara Rabu hingga Senin, mulai pukul 11.00 hingga 23.00. Jika tak ingin membeli apapun, Teman Traveler boleh kok, sekedar duduk santai sembari menikmati indahnya pemandangan laut dan deretan bangunan unik pencakar langit.

Itulah deretan rekomendasi wisata gratis Qatar yang patut Teman Traveler sambangi. Bagaimana, adakah di antara kalian yang kini terinspirasi untuk segera merencanakan perjalanan ke Doha?

Tags
doha kontributor Qatar Travelingyuk wisata doha wisata qatar
Share