Wisata Gratis di Semarang Yang Keren Abis

Advertisement

Semarang memiliki banyak destinasi wisata keren yang sayang jika tidak dimasukkan dalam daftar tujuanmu. Ada Belanda Mini alias Kota Lama yang memiliki arsitektur kolonial yang masih terawat dengan baik hingga pusat nongkrong kece di Simpang Lima. Beberapa bahkan bebas kamu kunjungi dengan gratis. Berikut destinasinya.

1. Taman Srigunting

Taman Srigunting
Taman Srigunting [image source]
Letak Taman Srigunting berada di sisi Timur Gereja Blenduk dan masih dalam kawasan Kota Lama Semarang. Banyak muda-mudi yang datang ke sini untuk bersantai melepas penat. Dahulu tmerupakan panggung parade namun kini telah berubah fungsi menjadi sebuah ruang terbuka berupa taman yang pas untuk nongkrong bareng teman. Banyak bangunan tua di sekitar taman yang salah satunya adalah Gedung Marba yang berada di sebelah Selatan taman.

Taman Srigunting
Taman Srigunting [image source]

2. Gereja Blenduk

Gereja Blenduk
Gereja Blenduk [image source]
Jika kalian ke Semarang mampirlah ke Gereja Blenduk. Bangunannya sangat terkenal karena dibangun oleh Belanda sekitar tahun 1753. Sekarang menjadi landmark di Kota Lama karena memiliki gaya bangunan Neo-Klasik yang begitu unik.  Letaknya di Jalan Letjend Suprapto No 32. Jalan-jalan di area sekitar gereja tidak dipungut biaya dan traveler bisa berfoto dengan latar Gereja Blenduk yang megah ini. Namun sayang traveler tidak diperkenankan masuk ke dalam Gereja.

Gereja Blenduk
Gereja Blenduk [image source]

3. Kawasan Kota Lama

Kota Tua Semarang
Kota Tua Semarang [image source]
Tak hanya bangunan kuno saja yang ada di Kota Lama, tapi ada juga ada kanal-kanal ala kota di Belanda. Paling asyik menelusurinya dengan jalan kaki karena kamu bisa menangkap setiap detil bangunan dengan jelas. Gedung-gedung yang biasanya menjadi objek incaran kamera adalah Gereja Blenduk, Gedung Jiwasraya, Kantor Pos, Jembatan Berok, dan Gedung Marba. Semua itu dapat kalian temukan di sepanjang jalan di kawasan Kota Lama.

Kota Tua Semarang
Kota Tua Semarang [image source]

4. Kawasan Simpang Lima

Simpang Lima Semarang
Simpang Lima Semarang [image source]
Sebuah landmark yang berada di pusat kota Semarang bernama Simpang Lima adalah destinasi gratis berikutnya. Lapangan ini disebut juga Lapangan Pancasila. Di sini terdapat pusat perbelanjaan hingga hotel berbintang. Di sebut begitu sebagai titik pertemuan dari lima jalan yang menyatu, yaitu Jl. Pahlawan, Jl. Pandanaran, Jl. Ahmad Yani, Jl. Gajah Mada dan Jl A Dahlan. Untuk mendapatkan suasana meriah di Simpang Lima, datanglah pada hari Minggu sebab ada acara Car Free Day.

Simpang Lima Semarang
Simpang Lima Semarang [image source]

5. Tugu Muda

Kawasan Tugu Muda
Kawasan Tugu Muda [image source]
Monumen Tugu Muda ini dibangun untuk mengenang pertempuran lima hari di Semarang melawan penjajah Jepang. Bentuknya yang runcing menjulang menggambarkan semangat juang dan patriotisme warga Semarang. Berfoto di depan Tugu Muda di malam hari dengan latar Lawang Sewu akan semakin mempercantik hasil jepretan Anda.

Kawasan Tugu Muda
Kawasan Tugu Muda [image source]

Baca Juga: Turis Dari 5 Negara Ini Terkenal Paling Menyebalkan!

Itulah kelima destinasi keren di Semarang yang tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengunjunginya. Sebenarnya masih banyak tempat menarik lainnya yang juga gratis di sana namun kelima objek tadi adalah yang paling ikonik di kota Lumpia ini.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah semarang
Share