Wisata Edukasi Untuk Anak Sekitar Jawa Timur

Jawa Timur sendiri menjadi salah satu wilayah Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata edukasi. Bukan hanya terkenal di sekitar saja, tetapi banyak wisatawan luar Jatim yang pergi jauh-jauh ke sana. Wah, di mana saja sih wisata edukasi untuk anak di sekitar Jawa Timur? Yuk, simak ulasan lengkapnya!

1. Museum Zoologi Frater, Malang

Ilustrasi museum zoologi [image source]
Museum Zoologi Frater, museum unik yang memamerkan sejumlah koleksi menakjubkan. Museum yang jadi salah satu tempat wisata Malang  itu  memang tak begitu terkenal karena lokasinya yang tidak terlalu mencolok. Dalam museum terdapat koleksi lengkap biota laut Indonesia. Setidaknya ada 12 ribu kerang yang terdiri dari cangkang siput, kerang dan mollusca di pamerkan di museum. Meski tak terkenal dan masih sepi pengunjung, tak ada salahnya jika mengenalkan biota laut ini kepada sang anak bukan?

Ilustrasi museum zoologi [image source]

2. Kampung Inggris Pare

Kampung Inggris [image source]
Pendidikan Indonesia sedang banyak menggalakkan komunikasi dengan bahasa Inggris. Tentu saja, hal tersebut menyulitkan beberapa orang tua yang tak begitu bisa mengajarkan anaknya di rumah. Tak perlu khawatir, Jawa Timur punya tempat yang pas untuk belajar berbahasa Inggris. Ialah Kampung Inggris Pare yang jadi andalan sarana edukasi sekaligus objek wisata Kediri. Di kampung pedesaan ini setidaknya ada 147 lembaga kursus yang dibuka untuk mendidik bahasa Inggris. Tertarik untuk belajar bahasa Inggris di sini?

Kampung Inggris [image source]

3. Jatim Park 2 dengan 3 Tempat Wisata Edukasi Lainnya

Jatim Park [image source]
Berpindah ke kota Batu. Kota kecil dan dingin satu ini menjadi surga wisata edukasinya Jawa Timur. Bagaimana tidak, ada tiga tempat yang berada di bawah tempat wisata terpadunya Jawa Timur Park. Ialah Museum Satwa, Batu Secret Zoo dan Eco Green Park. Tiga tempat wisata edukasi itu pun memiliki keunggulan sendiri-sendiri yang menarik untuk anak-anak. Pertama, Museum Satwa yang memamerkan fosil hewan purbakala serta satwa-satwa yang diawetkan. Kedua, Batu Secret Zoo yang merupakan kebun binatang mewah versi Batu. Banyak satwa-satwa dari berbagai belahan dunia yang terdapat di sini. Yang terakhir, adalah Eco Green Park yang mengajarkan anak-anak untuk lebih peduli kepada bumi dan isinya.

Jatim Park [image source]

4. Agrowisata Bhakti Alam, Pasuruan

Bhakti Alam [image source]
Pernah dengar Agrowisata Bhakti Alam? Jika belum, agrowisata ini ternyata berada di sekitar lereng Gunung Bromo, tepatnya di Kabupaten Pasuruan. Baru dibuka beberapa tahun ini, Bhakti Alam sudah menyedot perhatian banyak wisatawan baik dalam maupun luar Pasuruan. Bagaimana tidak, Bhakti Alam bukan hanya mengenalkan wahana bermain, tapi juga kelas belajar mengenal buah dan juga hewan. Selain itu, tempat wisata yang terletak di kecamatan Tutur ini juga difasilitasi bermacam wahana menyenangkan dari petik buah (durian, melon, buah naga) hingga outbound.

Bhakti Alam [image source]
Nah, kurang apalagi Jawa Timur soal mendidik anak. Beragam tempat wisata lengkap dengan pendidikannya dapat ditemui di provinsi timur pulau Jawa ini.

Tags
explore Jawa Timur tempat wisata jawa timur wisata edukasi
Share