4 Wisata Edukasi Bandung, Hits dan Anti Bosan

Bandung dari dulu terkenal dengan beragam wisata. Maka dari itu, tak heran apabila banyak orang menjadikan Bandung sebagai tujuan liburan bersama keluarga. Nah, kali ini Travelingyuk akan merekomendasikan destinasi menarik. Yaitu wisata edukasi di Bandung yang hits dan fasilitasnya tidak bikin bosan. Apa saja kira-kira? Lihat ulasan di bawah ini, ya. 

1. Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok

wisata edukasi di bandung
Kampung Kreatif Dago Pojok via instagram/lalfario

Sebelum ada kampung warna-warni Cibunut, Bandung, sudah ada kampung wisata. Namanya Kampung Kreatif Dago Pojok. Lokasinya berada di Jalan Dago Pojok, Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Kampung ini tak sekadar menampilkan bangunan warna-warni, tapi ada pula kegiatan untuk mengenal kebudayaan Sunda.

Setiap akhir pekan, Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok ada program open trip bagi wisatawan. Kegiatan yang dilakukan adalah berkeliling kampung melihat mural di dinding rumah warga. Bahkan beberapa di antaranya sudah menggunakan teknologi augmented reality. Pemandangan itu merupakan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. 

Wisatawan saat berkeliling di Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok juga bisa menyaksikan beragam atraksi kesenian yang dibawakan oleh anak–anak hingga dewasa di kampung tersebut. Mulai dari tari Jaipong, calung, pencak silat, permainan anak tradisional, hingga keterampilan lain.

2. Orchid Forest Lembang 

Orchid Forest via Helga Christina/Travelingyuk

Orchid Forest Cikole terletak di Genteng, Cikole, Bandung Barat Regency, Jawa Barat. Orchid Forest Cikole Lembang berfokus pada pengenalan budidaya tanaman anggrek baik dengan metode lokal maupun internasional.

Tidak hanya anggrek dari Indonesia, namun varian anggrek dari beberapa negara juga tersedia seperti Venezuela, Argentina, Peru, Filipina, dan Amerika Serikat. Bahkan terdapat jenis langka seperti anggrek hitam dan anggrek kantong semar.

Untuk masuk ke wisata Orchid Forest Cikole Lembang cukup membayar Rp25 ribu di hari biasa dan Rp35 ribu saat akhir pekan, peak season, dan hari libur.

3. Bird & Bromelia 

Bird & Bromelia via instagram/sundanesetravel

Bagi penyuka hewan terutama burung, kini di Bandung telah hadir wisata Bird & Bromelia Pavilion. Destinasi ini berlokasi di dalam kawasan Pramestha Resort Town yang merupakan kawasan resort terpadu di Bandung utara bertaraf internasional. 

Taman burung ini konsepnya lebih mengarah ke edukasi dan interaksi. Di sana terdapat berbagai macam jenis burung. Masing-masing dibagi menjadi 5 area. Mulai dari zona burung parkit, burung nuri, burung darat, unggas air dan burung kicau. 

Tertarik? Kalian bisa datang ke Jalan Akaza Utama no. 9. Buka setiap hari dari pukul sembilan hingga lima sore. Untuk harga tiket di hari biasa adalah Rp35 ribu, sedangkan akhir pekan Rp50 ribu per orang.  

4. Jendela Alam Bandung 

Jendela Alam Bandung via instagram/jendelaalambandung

Jendela Alam merupakan salah satu wisata anak-anak dengan banyak fasilitas menarik. Bukan hanyya menikmati keindahan alam, tapi juga dikenalkan tentang cara pelestarian alam dan sebagainya. 

Contohnya seperti bercocok tanam, pembibitan, berkebun, peternakan, cara memerah susu sapi, memberi makan kelinci, ayam dan juga bebek. Para pengunjung juga bisa melihat kuda poni sekaligus menungganginya. 

Kalau tertarik berkunjung, bisa langsung ke Komplek Graha Puspa Lembang, Jalan Sersan Bajuri Km 4,5 Cihideung Lembang, Bandung. Lalu, harga tiket yang ditawarkan adalah Rp15 ribu untuk hari biasa dan Rp20 ribu pada akhir pekan. Tapi, kalau ingin menikmati wahananya, ada biaya tambahannya. Antara Rp15 ribu hingga Rp60 ribu. 

Bagaimana, menarik kan wisata edukasi di Bandung ini? Kalian tidak hanya bisa berlibur, tapi juga bisa menambah ilmu. Yuk segera mengunjungi tempat-tempat di atas. 

Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat Wisata wisata edukasi di bandung
Share