Wisata Sehari di Dlingo, Bantul Yogyakarta

Dlingo, awalnya merupakan sebuah kawasan biasa di Bantul, Yogyakarta. Tapi kini, semakin ramai diperbincangkan dan menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat berlibur ke tempat wisata Jogja. Kira-kira daerah seperti apa kah Dlingo itu dan apa saja yang ada di sana hingga mampu mencuri perhatian wisatawan? Simak ulasannya berikut ini!

1. Kebun Buah Mangunan

Menikmati pemandangan di Kebun Buah Mangunan [via]

Terletak di ketinggian 150 sampai 200 mdpl membuat sebagian orang menyebut Kebun Buah Mangunan sebagai negeri di atas awan. Apalagi di waktu pagi kala matahari hendak muncul, tempat ini seakan melayang karena dikelilingi kabut tebal membuat daratan dan pegunungan yang ada di bawah tertutup semua. Tak hanya kebun dengan beraneka tanaman buah yang menjadi daya tariknya, lokasi ini juga terkenal dengan panorama yang eksotis. Perbukitan hijau dan Sungai Oyo meliuk-liuk di bawahnya tampak begitu sedap dipandang mata. Jika ingin menikmati sunrise, cobalah datang ke sini sekitar pukul 4 pagi.

Panorama indah yang tersaji di Kebun Buah Mangunan [via]
Nama : Kebun Buah Mangunan

Lokasi : Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Bukit Mojo

Gardu pandang baru berbentuk sarang burung raksasa di Bukit Mojo [via]

Bukit Mojo, tempat wisata di ketinggian yang mulai dibuka sejak bulan Juli 2016. Meski termasuk baru, namun fasilitas seperti toilet, tempat duduk untuk minum kopi, dan gardu pandang sudah tersedia dengan baik. Sama seperti destinasi wisata lain yang ada di kawasan Dlingo, Bukit Mojo juga menyajikan aliran Sungai Oyo yang membelah perbukitan. Direkomendasikan untuk datang saat matahari akan terbenam, karena sunset-nya sangat cantik.

Gardu pandang berbentuk bunga matahari di atas Bukit Mojo [via]
Nama : Bukit Mojo

Lokasi : Jl. Imogiri Dlingo, Pedukuan Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

3. Bukit Panguk

Perahu kayu di atas Bukit Panguk jadi spot foto favorit yang baru [via]

Sudut lainnya yang terkenal dengan panorama bak negeri atas awan adalah Bukit Panguk Kediwung. Dibuka pada bulan Mei tahun 2016, lokasi ini kemudian menjadi salah satu spot foto hingga destinasi favorit para penikmat sunrise. Beberapa gardu pandang berbentuk unik terbuat dari kayu telah disediakan oleh pihak pengelola agar pengunjung lebih mudah menikmati panorama di sekitar Bukit Panguk.

Gardu pandang di Bukit Panguk kerap dijadikan spot foto pre-wedding [via]

Nama : Bukit Panguk

Lokasi : Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Puncak Becici

Menikmati indahnya pagi di Puncak Becici [via]

Selanjutnya ada Puncak Becici yang turut meramaikan daftar objek wisata Jogja. Tempat yang masuk dalam wilayah Resort Pengelolaan Hutan ini berada tak jauh dari Kebun Buah dan Hutan Pinus Mangunan. Jalur menuju Puncak Becici memang agak menanjak dan berkelok tapi beberapa papan petunjuk sudah terpasang demi mempermudah pengunjung untuk mencapai lokasi. Sesampainya di sana, wisatawan akan disambut dengan pemandangan Gunung Merapi serta Sindoro yang menjulang tinggi. Sedangkan di sebelah barat terdapat Pegunungan Menoreh dan Pantai Selatan Jogja yang nampak samar.

Cantiknya pemandangan di Puncak Becici [via]
Nama : Puncak Becici

Lokasi : Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

5. Tebing Watu Mabur

Mengejar matahari di Tebing Watu Mabur [via]

Diberi nama Watu Mabur karena siapa saja yang berkunjung saat awan  menyelimuti lokasi ini pasti akan merasa seperti ada di atas batu terbang. Tidak seperti yang lainnya, Tebing Watu Mabur dikenal sebagai salah satu spot berkemah yang cukup strategis karena luas, aman, nyaman, tergolong sepi pengunjung, dan dekat dengan tempat wisata lain seperti Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Dlingo. Tarifnya pun murah, karena pengunjung hanya perlu membayar Rp10.000,00 saja per malam. Tersedia sebuah gardu pandang dari bambu dan kayu agar wisatawan dapat melihat pemandangan lebih jelas. Datanglah pagi buta, karena konon katanya di sini kita bisa menemukan panorama sunrise yang menakjubkan. 

Gardu pandang dengan latar panorama alam yang indah [via]
Nama : Tebing Watu Mabur

Lokasi : Lemahbang, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

6. Jurang Tembelan Kanigoro

Gardu pandang berbentuk ujung perahu di Jurang Tembelan Kanigoro [via]

Satu lagi destinasi wisata baru yang ada di kawasan Dlingo adalah Jurang Tembelan Kanigoro. Tempatnya tidak seluas lokasi lainnya, pemandangannya pun tak secantik yang ada di Bukit Panguk atau Kebun Buah Mangunan, tetapi dapat menjadi alternatif jujukan bagi mereka yang tidak terlalu suka keramaian. Karena tergolong masih baru, wisatawan yang datang pun tidak terlalu banyak. Saat ini sudah ada beberapa gardu pandang yang disediakan pengelola. Salah satu spot hitsnya adalah gardu pandang yang menyerupai ujung kapal. Sudah banyak lho orang yang selfie di sini.

Panorama alam dari atas Jurang Tembelan Kanigoro [via]

Nama : Jurang Tembelan Kanigoro

Lokasi : Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

7. Watu Goyang

Watu Goyang, salah satu destinasi wisata baru di kawasan Dlingo Bantul [via]

Watu Goyang mulai dikelola masyarakat sekitar pertengahan tahun 2016 dan baru dibuka beberapa bulan terakhir. Dinamakan Watu Goyang karena memang terdapat batu besar di atas bukit yang dapat bergerak jika didorong. Berbagai fasilitas memadai seperti WC, parkir, dan sejumlah gazebo sudah tersedia demi menunjang kenyamanan rekreasi. Tempatnya sangat mudah ditemukan karena berada di pinggir jalan besar dan masih satu kawasan dengan Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus, Puncak Becici, dan lainnya. Dari atas Watu Goyang pengunjung dapat melihat panorama perbukitan hijau seluas mata memandang serta makam raja-raja Imogiri.

Menyambut sang fajar di atas puncak Watu Goyang [via]
Nama : Watu Goyang

Lokasi : Cempluk, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

8. Hutan Pinus Dlingo

Hutan pinus di Dlingo menjadi tempat wisata sekaligus spot favorit untuk berfoto [via]

Merupakan tempat wisata murah meriah di Dlingo yang semakin terkenal berkat banyaknya orang yang mengunggah foto lokasi di sosmed. Pemandangan yang tersaji di sini begitu berbeda, dengan deretan pohon pinus yang menjulang tingi membuat suasana terasa sejuk dan rindang. Pihak pengelola menatanya dengan sangat baik. Di beberapa sudut dibuatkan tempat duduk serta spot-spot unik untuk foto. Tidak heran jika banyak wisatawan yang tertarik berkunjung baik bersama teman-teman atau pun keluarga. Beberapa di antaranya tak segan menggelar tikar di sela pepohonan kemudian piknik bersama orang-orang tercinta.

Gardu pandang yang ada di kawasan hutan pinus Dlingo [via]

Nama : Hutan Pinus Dlingo

Lokasi : Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta


Inikah sebelumnya lokasi wisata hits di Dlingo yang semakin ramai dipadati wisatawan. Jika kamu berlibur ke Yogyakarta, sisihkan waktu barang sehari untuk menjelajah di kawasan ini.
Tags
Bantul Dlingo Indonesia Wisata Yogyakarta
Share