Satu Hari di Yangon, ini Rekomendasi Wisatanya

Berkunjung ke Myanmar, tak sah rasanya apabila tidak singgah ke Yangon. Mantan ibu kota Myanmar satu ini mempunyai banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Kira-kira apa saja ya? Simak ulasan di bawah ini.

Sule Pagoda

yangon
Sule Pagoda (c) Sunti Yogi Utami/Travelingyuk

Tempat wisata pertama yang bisa dikunjungi adalah Sule Pagoda. Untuk bisa masuk ke sini, kalian harus merogoh kocek sekitar 4000 Kyat atau sekitar Rp36 ribu. Lalu ada biaya tambahan penitipan sepatu sebesar 500 Kyat atau setara dengan Rp4 ribu.

Bangunan ini merupakan salah satu pagoda tertua di Yangon yang didirikan sekitar 2000 tahun silam. Posisi pagodanya berada di tengah-tengah dan dikelilingi oleh patung Buddha yang merepresentasikan hari. Kemudian, di setiap gate ada area semacam tempat ibadah.

Mahabandula Park

yangon
Mahabandula Park (c) Sunti Yogi Utami/Travelingyuk

Di samping Sule Pagoda, ada Mahabandula Park yang bisa kalian gunakan sebagai tempat bersantai. Di sana, ada beberapa bangunan peninggalan Inggris yang bisa kalian lihat. Jangan lupa untuk pergi ke tempat ini memakai kacamata hitam atau topi, karena panasnya menyengat pada siang hari.

Tapi, kalian juga perlu waspada apabila berada di sini. Pasalnya, banyak anak-anak yang memaksa untuk membeli barang dagangan mereka. Selain itu ada juga orang-orang yang mengenakan pakaian biksu dan meminta uang kepada para wisatawan.

Shwedagon Pagoda

Yangon
Shwedagon Pagoda (c) Sunti Yogi Utami/Travelingyuk

Selain Sule, ada Shwedagon Pagoda yang bisa Teman Traveler kunjungi. Untuk tiket masuknya agak merogoh kantong lebih dalam, yaitu 10000 Kyat atau sekiatar Rp91 ribu. Namun harga tersebut sebanding dengan kemegahan pagoda yang ada.

Nah, untuk pengunjung perempuan, wajib menggunakan rok atau yang kerap disebut longyi. Apabila tidak membawa, bisa pinjam di sana dan wajib membayar deposit 2000 Kyat yang setara dengan Rp18 ribu. Nanti uang akan dikembalikan kalau longyi sudah selesai dipakai.

Ketika masuk ke dalamnya, bisa dipastikan kalian takjub dengan kemegahannya. Menurut cerita yang beredar, Shwedagon Pagoda merupakan tempat yang sakral. Alasannya karena pagoda menyimpan rambut Buddha dan juga bangunannya berlapiskan emas. Untuk usianya sudah sekitar 2000 tahun, tapi lebih tua sedikit dari Sule Pagoda.

D isekitar pagoda banyak bangunan-bangunan berarsitektur lancip yang mempunyai arti Mahameru. Menurut ajaran Buddha, Mahameru merupakan pusat alam semesta. Pagoda di sini juga dikelilingi patung Buddha yang merepresentasikan hari.

Kandwagyi Lake

Karaweik Hall dilihat dari Kandwagyi Lake (c) Sunti Yogi Utami/Travelingyuk

Terakhir, Teman Traveler bisa ke Kandwagyi Lake. Tempat ini merupakan danau berair tenang yang lebih indah panoramanya ketika dilihat pada sore hari. Ini dikarenakan pemandangan matahari terbenamnya yang luar biasa. Di sana juga ada Karaweik Hall yang merupakan tempat pertunjukan tari tradisional Myanmar.

Itulah tadi rekomendasi wisata yang ada di Yangon. Semoga bisa jadi referensi Teman Traveler semua ketika ingin berlibur ke Myanmar. Jadi, mana nih yang paling ingin kalian kunjungi?

Tags
kontributor Luar negeri Myanmar Wisata Yangon
Share