4 Tempat Sakral di Dunia yang Boleh Dikunjungi Wisatawan

andi

andi

On Mancanegara

Setiap negara di dunia tentu memiliki tempat yang dianggap sakral oleh masyarakat setempat. Saat beberapa tempat sakral seolah hilang ditelan zaman, beberapa yang lain justru masih digunakan sebagai arena pelaksanaan ritual sampai sekarang.

Namun demikian, bukan berarti tempat-tempat tersebut tertutup untuk golongan tertentu. Mulai dari rumah para dewa sampai tempat di mana arwah leluhur bersemayam di dalamnya, berikut adalah 4 tempat sakral di dunia yang boleh dikunjungi oleh wisatawan mancanegara:

1. Uluru-Kata Tjuta National Park, Australia

Daya tarik dalam Uluru-Kata Tjuta National Park adalah formasi dua batu alamnya yang tercantum dalam World Heritage Site versi UNESCO. Batu pertama yang disebut Uluru memiliki tinggi sekitar 1.100 kaki dan tersusun atas paras atau batu pasir. Sedangkan batu yang ke dua, yakni Kata Tjuta, memiliki wujud berupa 30 kubah berbagai jenis (granit, paras, dan basalt) dengan tinggi mencapai 1.800 kaki.

Uluru-Kata Tjuta National Park, Australia
Uluru-Kata Tjuta National Park, Australia [Image Source]
Berstatus sebagai taman nasional di Red Centre, Uluru-Kata Tjuta memang banyak dijadikan tempat plesir oleh berbagai wisatawan mancanegara. Meskipun demikian, pemerintah ternyata cuma menyewanya dari sang pemilik asli, yakni masyarakat Anangu dari suku Aborigin Pitjantjatjara.

2. Mahabodhi Tree, India

Sama seperti Uluru dan Kata Tjuta, Mohabodhi Tree juga merupakan situs warisan dunia versi UNESCO. Menurut catatan umat Buddha, sekitar tahun 500 SM Pangeran Siddharta pernah beristirahat di bawah naungan pohon bodhi ini. Di sinilah sang pangeran bermeditasi selama tiga malam dan mendapatkan pencerahan.

Mahabodhi Tree, India
Mahabodhi Tree, India [Image Source]
Kini, tepat di Bodh Gaya, Bihar, India, keturunan asli dari pohon bodhi tersebut dikelilingi oleh kompleks kuil yang bernama Mahabodhi Temple Complex. Untuk menandai titik di mana Pangeran Siddharta pernah bermeditasi di bawahnya, dibangun juga sebentuk monumen Buddha yang sangat indah.

3. Mount Kailas, Tibet

Apa yang membuat spesial dari Mount Kailas adalah status sakralnya yang bisa dibilang ‘hat-trick’. Bukan cuma dianggap suci oleh sekelompok golongan, gunung batu hitam di sebelah barat Tibet ini merupakan tempat keramat bagi umat Buddha, Hindu, dan Jain, serta dianggap sebagai Axis Mundi atau pusat alam semesta.

Mount Kailas, Tibet
Mount Kailas, Tibet [Image Source]
Puncak Mount Kailas merupakan bagian dari Gandise Mountain dan menjadi tempat bagi mata air tiga sungai legendaris di Asia, yakni Sutlej, Indus, dan Ghaghara. Tidak jauh dari puncak, terdapat Danau Manasarovar yang dipercaya sebagai sumber kemurnian. Sayangnya, Mount Kailas merupakan tempat wisata yang jarang dikunjungi karena terletak jauh di Pegunungan Himalaya. Konon, belum ada seorang pun yang pernah mendaki Mount Kailas.

4. Crater Lake, Oregon

Tercatat sebagai danau terdalam di Amerika Serikat dan ke-7 di dunia, Crater Lake merupakan tempat sakral bagi suku Klamat di Amerika. Menurut legenda, danau yang memiliki kedalaman 2.000 kaki ini merupakan tempat berlangsungnya perang antara Chief of the Abover World dan Chief of the Below World sampai akhirnya menghancurkan Mount Mazama.

Crater Lake, Oregon
Crater Lake, Oregon [Image Source]
Crater Lake sendiri masuk ke dalam naungan Crater Lake National Park yang terletak 60 mil dari bandara di Klamath Falss dan 80 mil dari bandara di Medford. Wisatawan bisa menikmati kesegaran air di kaldera yang satu ini dengan membeli tiket terusan selama tujuh hari seharga $10 (mobil) dan $5 (sepeda dan sepeda motor).

Mengunjungi tempat-tempat sakral memang bisa jadi wisata yang menyejukkan. Tapi perlu diingat bahwa seorang wisatawan harus bisa menjaga sikap karena tempat-tempat tersebut di atas merupakan rumah para dewa atau kediaman arwah leluhur bagi masyarakat tertentu.