Destinasi Wisata di Tasikmalaya, dari Air sampai Gunung Semuanya Ada

Tasikmalaya merupakan salah satu daerah yang ada di Provinsi Jawa Barat. Tak banyak yang mengira bahwa kota ini memiliki banyak destinasi wisata yang tersebar di wilayahnya. Mulai dari gunung, air terjun, hingga pantai, semua dapat ditemukan di kota ini. Di bawah ini adalah beberapa pilihan wisata di Tasikmalaya yang menarik untuk dikunjungi.

Curug Dengdeng

Panorama Curug Dengdeng via instagram/amazingwestjava

Curug Dengdeng adalah salah satu wisata di Tasikmalaya yang sayang dilewatkan begitu saja. Curug yang bertingkat-tingkat ini juga disebut-sebut sebagai Niagaranya Tasikmalaya. Lokasinya berada di Cikatomas berjarak sekitar 80 kilometer dari Pusat Kota Tasikmalaya.  Ada tiga tingkat air terjun di Curug Dengdeng. Air terjun paling tinggi mencapai 13 meter ketinggiannya. Dari titik ini Teman Traveler dapat melihat pemandangan Sungai Cikembang. Sementara air terjun yang lainnya memiliki ketinggian 11 meter dan 9 meter.

Curug Ciparay

Curug Ciparay via instagram/thomp89_

Curug Ciparay merupakan air terjun yang berada di Desa Parentas, Kec.Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Ketinggiannya mencapai 75 m dan 55 m dengan debit air yang sangat deras. Kawasan Curug Ciparay dikelilingi oleh tebing-tebing hijau di kaki Gunung Karacak dan Gunung Dinding Ari. Karena itu, tempat ini memiliki udara yang sangat sejuk. Lokasinya berjarak 30 kilometer dari pusat Kota Tasikmalaya.

Pantai Cipatujah

Sunset di Gunung Galunggung via instagram/deniucox

Pantai Cipatujah memiliki luas 115 hektare dan berada di 74 kilometer dari pusat Kota Tasikmalaya. Di sekitar pantai ini terdapat perkebunan kelapa dan juga padang rumput. Namun karena pantai ini memiliki ombak yang besar dan berkarang, Teman Traveler tidak disarankan untuk berenang di pantai ini.

Gunung Galunggung

Gunung Galunggung via instagram/evasitinurzanah

Galunggung merupakan gunung berapi yang masih aktif dengan jarak letusan sekitar 72 – 88 tahun. Terdapat banyak tempat wisata di kawasan Gunung Galunggung. Seperti Taman Rekreasi Cipanas. Untuk mencapai puncak kawahnya pun telah terdapat anak tangga yang dapat dilewati. Pada bulan Juni tahun 1982 Gn. Galunggung mengeluarkan 36 kali letusan besar dan 300 letusan kecil. Lahar dan abu yang di muntahkan merusak tanaman, ternak dan kolam ikan, namun tidak merengut korban jiwa manusia.

Jawa Barat memang memiliki banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Panorama alamnya pun beragam, mulai dari pantai, gunung, bukit, hingga berbagai macam air terjun. Seperti yang telah disebutkan pada poin di atas.

Tags
Indonesia Jawa Barat Tasikmalaya Wisata
Share