Destinasi Wisata di Pulau Pari, Melipir Sejenak dari Hiruk Pikuk Jakarta

Bagi Teman Traveler yang berada di Jakarta dan sekitarnya, sudah ada rencana mau ke mana akhir minggu ini? Cobalah untuk eksplorasi wisata Jakarta.  Ada Kepulauan Seribu yang memiliki Pulau Pari. Dapat ditempuh selama sekitar 90 menit dengan kendaraan laut dari Jakarta. Ada beberapa destinasi wisata di Pulau Pari yang dapat dijadikan alternatif ‘kabur’ dari rutinitas sehari-hari. Di mana saja? Simak deh ulasan berikut.

Pantai Pasir Kresek

Pantai Pasir Kresek via Instagram @laelfajriah
Pantai Pasir Kresek via Instagram @laelfajriah

Destinasi wisata di Pulau Pari yang bisa dikunjungi pertama adalah Pantai Pasir Kresek. Uniknya, menurut masyarakat setempat nama Kresek merupakan singkatan dari “keren dan seksi”. Atraksi menarik pantai ini cocok untuk Teman Traveler yang berwisata dengan keluarga dengan adik atau anak.

Terdapat penangkaran beragam hewan laut seperti penyu, ikan pari berwarna putih kecoklatan dengan totol biru, bintang laut, dan bulu babi. Penggemar bakar-bakar alias BBQan, bisa juga lakukan hobinya sekalian rasakan ikan laut Pulau Pari.

Pantai Pasir Perawan

Pantai Pasir Perawan
Pantai Pasir Perawan via Instagram/@warmanwardhani

Pantai Pasir Perawan merupakan destinasi wisata di Pulau Pari yang bisa dikatakan paling populer. Nama pantai ini berasal dari legenda yang beredari sekitar kawasan ini. Ada seorang gadis jatuh cinta kepada nelayan di Pulau Pari. Si nelayan yang suatu hari pergi melaut itu tidak pernah kembali. Sang gadis menunggu hingga ajal pun menjemputnya.

Pantai ini memiliki pasir putih nan lembut dan belum banyak terjamah. Berada di Pantai Pasir Perawan, baru terasa lengkap jika Teman Traveler jelajah hutan bakau di sekeliling dengan naik sampan.

 

Pantai Bintang

Pantai Bintang via Instagram @harie.catur
Pantai Bintang via Instagram @harie.catur

Selanjutnya adalah Pantai Bintang atau biasa disebut Star Beach, berjarak sekitar 400 meter dari dermaga Pulau Pari. Teman Traveler yang ingin melipir sejenak dari keramaian ibu kota bisa banget bersantai di sini karena sudah tersedia gazebo, hammock, tempat duduk. Siap dipergunakan untuk nyantai sembari makan bekal plus memandang ke hamparan pasir pantai dan lautan.

Pelancong biasanya menyempatkan diri untuk berfoto di patung berbentuk bintang laut di area ini. Kalau cuaca sedang bagus, Teman Traveler pun akan dapat bonus pemandangan elok matahari terbenam.

Dermaga Bukit Matahari

Dermaga Bukit Matahari via Instagram @ligar_ulul
Dermaga Bukit Matahari via Instagram @ligar_ulul

Selain menjelajah pantai-pantai di pulau yang berlokasi di Kepulauan Seribu Selatan ini, masih ada atraksi menarik lainnya. Berada di Pulau Pari, jangan lupa mampir ke Dermaga Bukit Matahari. Di sinilah tempat yang tepat untuk menikmati matahari terbit. Rasakan suasana syahdu ketika sinar sang surya mulai menerpa wajah Teman Traveler sembari bersantai bersama keluarga.

Nah, liburan nggak harus ke luar negeri. Di tanah air masih kaya akan tempat indah yang tak akan habis dikunjungi. Di manakan destinasi wisata favorit Teman Traveler untuk mengisi weekend?

Tags
Indonesia Jakarta Kepulauan Seribu Pulau Pari Wisata
Share