12 Wisata di Kabupaten Barru, Surga di Sulawesi Selatan yang Harus Masuk Agenda Liburan!

Sebanyak 12 wisata di Kabupaten Barru, jadi surga lain di Sulawesi Selatan. Setelah Makassar, Kabupaten Barru, menunjukkan wajahnya yang jelita. Tempat-tempat wisata ini harus masuk agenda liburan Teman Traveler! Mulai dari bebatuan unik hingga air terjun, mereka semua seperti tidak ada habisnya bikin siapa pun yang melihat heran, mengapa selama ini tidak terlihat. Daripada jauh lebih penasaran? Simak uraian berikut ini yuk!

1. Celebes Canyon

Uniknya Celebes Canyon via Instagram
Uniknya Celebes Canyon via Instagram/ nurmadinahsaleh

Daya tarik terbesar dari Celebes Canyon adalah aliran sungai yang jernih dan batuan cadas yang kokoh. Keduanya, berada di satu tempat yang sama. Meski untuk sampai ke lokasi ini cukup sulit, hal tersebut tidak mengurangi minat para pengunjung. Nama lain dari wisata di Kabupaten Barru ini adalah Benteng Murung. Tapi, tenang, keunikan lokasi ini nggak bakal bikin murung Teman Traveler.

2. Pulau Dutungan

Pulau Dutungan, Aku Datang via Instagram
Pulau Dutungan, Aku Datang via Instagram/ annierusli_

Terletak di Desa Cilellang, Kelurahan Palanro, pulau ini ditumbuhi oleh beragam pepohonan. Pada bagian pantainya, terdapat pohon bakau yang rimbun. Saat surut, Teman Traveler akan melihat gua yang tersembunyi di antara sela-selanya. Selain itu, kekayaan biota laut di pulau ini juga menarik mata. Jangan lewatkan untuk snorkeling di sini ya.

3. Puncak Lappalaona

Foto di Puncak Lappalaona via Instagram
Foto di Puncak Lappalaona via Instagram/ hamzah_fanzhury

Puncak Lappalaona akan membawa Teman Traveler semua ke ketinggian dengan pemandangan lanskap yang memukau. Di sini, terdapat padang rerumputan hijau yang indah. Pada pagi hari, kawasan ini masih tertutup kabut.

Namun, justru pada pagi hari, tempat wisata ini ramai oleh pengunjung. Di salah satu destinasi wisata di Kabupaten Barru ini, Teman Traveler yang sedang butuh ketenangan, akan menemukannya.

4. Hutan Pinus Lajoanging

Hutan Pinus Lajoanging via Instagram
Hutan Pinus Lajoanging via Instagram/ agus_452

Belakangan, hutan pinus jadi destinasi wisata yang banyak diburu. Jajaran pohon pinus yang tinggi menjulang, menjadi latar yang dramatis dan instagenic. Pun dengan Hutan Pinus Lajoanging di Tanete Riaja, Kabupaten Barru ini.

5. Bukit Maddo

Melihat Lanskap Barru dari Bukit Maddo via Instagram
Melihat Lanskap Barru dari Bukit Maddo via Instagram/ muhardiansyah28

Teman Traveler yang hobi mendaki atau menuju tempat yang tinggi-tinggi, Bukit Maddo bisa banget dikunjungi saat ke Barru. Pemandangan dari atas Bukit Maddo, terlihat luar biasa. Di kawasan ini, banyak pengunjung yang camping untuk menyaksikan sunset atau sunrise.

6. Bukit Lakeppo

Jalan ke Bukit Lakeppo, Menemani si Pohon Jomblo via Instagram
Jalan ke Bukit Lakeppo, Menemani si Pohon Jomblo via Instagram/ zubairtamsil53

Destinasi wisata di Kabupaten Barru yang ini punya keunikan tersendiri. Di hamparan rumputnya yang hijau, ada satu buah pohon yang sering disebut pohon jomblo karena benar-benar sendiri di kawasan itu. Jika ingin “menemani” si pohon jomblo, Teman Traveler bisa datang ke Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja, Barru.

7. Batu Mallopie

Batu Mallopie, Bertemu dengan Batu Perahu via Instagram
Batu Mallopie, Bertemu dengan Batu Perahu via Instagram/ lukmanzyah_id

Sesuatu yang tercipta secara alami, memang punya daya tarik yang selalu berhasil menimbulkan decak kagum takhabis-habis. Begitu pula dengan yang terjadi dengan Batu Mallopie. Destinasi wisata di Kabupaten Barru berupa batu berukuran besar yang menyerupai perahu ini berada di Kecamatan Tanate Raja. Teman Traveler wajib mengunjunginya saat berlibur ke kawasan ini!

8. Air Terjun Waesai

Air Terjun Wae Sai yang Derasnya Bikin Terpana via Instagram
Air Terjun Wae Sai yang Derasnya Bikin Terpana via Instagram/ tiwhiy_nizami.ganjavi

Air terjun Waesai, berada di lingkungan yang asri. Saat berada di sini, gemericik air dan segarnya udara jadi hal yang pasti dapat Teman Traveler rasakan. Selain perbukitan di Barru, kawasan air terjun di sini juga ampuh untuk menyegarkan kembali pikiran yang penat.

9. Air Terjun Manuba

Air Terjun Manuba via Instagram
Air Terjun Manuba via Instagram/ rocklamator_

Di Desa Manuba, terdapat air terjun dengan nama yang sama. Air terjun di kawasan ini, mengalir pada tebing yang punya ketinggian sekitar 20 meter. Pohon yang rimbun di sekitarnya, seperti bersepakat menyempurnakan keasrian di kawasan ini. Dijamin, Teman Traveler akan betah berlama-lama di  Air Terjun Manuba.

10. Air Terjun Batulappa

Air Terjun Batulappa, Bakal Sulit Dilupa via Instagram
Air Terjun Batulappa, Bakal Sulit Dilupa via Instagram/ kimung003

Satu lagi air terjun di Barru yang jelita seperti gadis desa. Adalah Air Terjun Batulappa. Ia sering juga disebut dengan nama Air Terjun Sarang Burung. Penyebabnya karena, di sepanjang perjalanan menuju muaranya terdengar kicaun burung. Seru ya?

11. Sungai Barobbo

Sungai Barobbo yang Unik di Barru via Instagram
Sungai Barobbo yang Unik di Barru via Instagram/ langit.sendja

Sungai Barobbo ada di Kecamatan Tanete Riaja. Untuk sampai ke kawasan ini, Teman Traveler harus lebih dulu melalui jembatan kayu yang digantung menggunakan besi. Keunikan yang dimiliki oleh salah satu destinasi wisata di Kabupaten Barru ini adalah bebatuan yang tersebar di luasnya hamparan sungai. Belum lagi tebing yang kokoh dan rimbun di sekelilingnya. Luar biasa!

12. Puncak Kappire

Puncak Kappire via Instagram
Puncak Kappire via Instagram/ ismail_yakub

Untuk sampai ke Puncak Kappire, Teman Traveler butuh waktu selama 2.5 jam. Tetapi tenang dulu, sesampainya di sana, keindahan lanskap Kabupaten Barru dari atas langsung tersaji di depan mata. Dijamin tidak akan menyesal. Lokasi Puncak Kappire sendiri terletak di Desa Palakka, Kecamatan Barru.

Dari ke 12 destinasi wisata di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, mana favorit Teman Traveler? Semuanya? Mantap! Yuk! Boleh nih Teman Traveler yang mau pamer foto keren di lokasi-lokasi di atas. Ditunggu di kolom komentar, ya.

Tags
Alam Indonesia Kabupaten Barru Sulawesi Selatan Wisata
Share