Wisata Alam di Bali Barat yang Memesona, Traveler Sejati Wajib Catet!

Renada Vischa

Renada Vischa

On Indonesia

Wilayah seperti Kuta, Seminyak, dan Ubud, merupakan wilayah yang sering dikunjungi para wisatawan. Jika Teman Traveler ingin menelusuri Bali lebih dalam lagi, nggak ada salahnya untuk mencoba datang ke Bali Barat. Wisata alam di Bali Barat masih banyak yang belum terjamah para wisatawan sehingga masih terjaga keasriannya. Penasaran di mana saja? Pantengin terus ya!

Air Terjun Batu Belah

Air terjun batu belah
Air terjun batu belah via Instagram/fiqrifadia02

Air Terjun Batu Belah yang berada di Dusun Dewasana, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, saat ini sudah banyak dikunjungi warga lokal hingga luar daerah. Pemandangan yang disajikan sangat memukau, karena Teman Traveler bisa secara langsung merasakan air yang jernih, pepohonan rindang, dan udara yang sejuk.

Hal menariknya adalah, di bagian atas air terjun terdapat batu yang bagian atasnya terbelah dan menjadi aliran air terjun Dewasana. Air terjun juga dikelilingi dengan tebing-tebing yang berukuran tidak terlalu tinggi, sehingga para pengunjung bisa lompat dari atas sana. Untuk saat ini, para pengujung tidak dikenakan biaya masuk karena wisata alam di Bali barat satu ini masih belum dikelola secara maksimal.

Air Terjun Juwuk Manis

Air Terjun Juwuk Manis
Air Terjun Juwuk Manis via Instagram/@putuoci

Dusun Juwuk Manis, Desa Manggis sari, Kabupaten Jembarana, merupakan tempat di mana Air Terjun Juwuk Manis berada. Hanya memiliki ketinggian sekitar 4 km, air terjun ini tak kalah indah jika dibandingkan dengan air terjun lainnya. Teman Traveler akan disuguhkan dengan pemandangan dua air terjun yang saling mengalir secara berdampingan. Sayangnya, wisata alam di Bali Barat ini masih belum dikelola secara maksimal, karena aksesnya cukup sulit. Teman Traveler harus menuruni jalan setapak yang cukup curam sepanjang 1 km, namun hal itu akan terbayar oleh pemandangan cantik Air Terjun Juwuk Manis.

Bukit Batu Kursi

Bukit Batu Kursi
Bukit Batu Kursi via Instagram/adi.wisma17

Terlepas dari air terjunnya yang memesona, Bali Barat juga memiliki destinasi wisata alam lain yang indah yaitu Bukit Batu Kursi. Bukit ini merupakan barisan perbukitan yang berada di Selatan Pura Pemuteran, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Buleleng. Di puncak batu, Teman Traveler akan menemukan sebuah pura kecil yang banyak didatangi umat Hindu untuk berdoa. Sebelum menuju ke Bukit Batu, para pengunjung harus terlebih dahulu menapaki anak tangga sepanjang 700 meter yang lumayan membuat lelah. Namun, hal itu akan sepadan jika telah sampai ke puncak karena akan dimanjakan dengan pemandangan rerumputan hijau yang menyejukkan mata.

Pantai Yeh Leh

Pantai Yeh Leh
Pantai Yeh Leh via Shutterstock Sony Herdiana

Wisata satu ini bisa dibilang cukup unik. Pantai Yeh Leh memberikan kesan yang berbeda karena di sekitarnya terdapat banyak bebatuan yang mempesona. Pantai ini bukan merupakan destinasi favorit wisatawan asing karena mereka tidak bisa berjemur. Tapi tak perlu ragu, karena Teman Traveler juga bisa melakukan aktifitas seperti berselancar. Para pengunjung harus berhati-hati karena batunya cukup licin. Untuk menuju ke pantai ini, para wisatawan hanya dikenakan biaya sebesar Rp1.000 untuk parkir sepeda motor dan Rp2.000 untuk kendaraan bermobil.

Itulah sekian wisata alam menarik yang ada di Bali Barat. Pulau Dewata keindahannya memang merata. Kapan nih rencana mau ke Bali?