Jelajah Wisata Ankara, Jalan-jalan Sambil Tambah Ilmu

Ketika berbicara tentang Turki, pasti orang-orang akan banyak mengingat Istanbul. Tapi, Ibukotanya, Ankara ternyata memiliki banyak ‘harta karun’ tersembunyi. Apalagi kalau bukan wisatanya. Ikut jalan-jalan bersama kami yuk, Teman Traveler pasti bakal ketagihan deh. Mari, simak ulasan di bawah ini. 

Museum Peradaban Anatolia

wisata ankara
Museum Peradaban Anatolia via instagram/
gokceakyildz

Bagi teman traveler yang suka sekali dengan hal-hal berbau peradaban, Museum Anatolia adalah kunjungan yang tepat. Di sana terdapat  banyak sekali barang-barang peninggalan dan bukti sejarah mengenai peradaban yang pernah tinggal di kawasan wisata Turki.

Ketika memasuki museum pertama kali, pengunjung akan dibekali headphone sebagai pengganti guide. Jadi, tak perlu khawatir tidak mengerti dengan apa yang kalian lihat. 

Nah, saat sudah di dalam, pertama-tama kalian akan diperlihatkan pameran arkeologi yang merupakan cara hidup masyarakat di zaman peradaban. Kalau sudah, kalian akan diarahkan ke lantai bawah museum yang berisi pameran Yunani dan Romawi kuno. Di sana terdapat prasasti Monumentum Ancyranum. Peninggalan ini menggambarkan kisah tentang kaisar pertama Romawi, yang batas pemerintahannya mencakup wilayah Turki 2.000 tahun silam. 

Anitkabir yang jadi Makam Presiden Pertama Turki 

wisata ankara
Anitkabir via instagram/
muratbey_

Wisata selanjutnya yang paling banyak dicari wisatawan adalah Anitkabir atau Mausoleum Attaturk. Tempat ini merupakan persemayaman presiden pertama Turki dan sekaligus pendiri dari Turki Modern, yaitu Mustafa Kemal Attaturk.

Bangunan yang satu ini menyimpan banyak sekali barang-barang yang berhubungan dengan kehidupan Mustafa Kemal Attaturk. Semua barang yang ada di tempat ini ditata dan dipajang sangat rapi. Semuanya diatur sedemikian rupa sesuai dengan sejarah kehidupan Bapak Bangsa Turki ini. Meskipun tujuan utama dari pembangunan bangunan ini adalah sebagai makam, namun tak ada sedikitpun kesan menyeramkan seperti pekuburan pada umumnya. 

Citadel, Benteng yang Berisi Museum di Dalamnya 

Citadel via instagram/
evelina_dimova

Ankara mempunyai satu wisata unik bernama Citadel. Di bagian luar, bentuknya terlihat seperti benteng pertahanan yang ada di zaman-zaman dulu. Tapi, kalau sudah menginjakkan kaki ke dalam benteng, maka kalian akan melihat beragam jenis museum. 

Salah satunya adalah The Gramafon yang merupakan salah satu museum unik yang dijadikan sebagai tempat berkumpul, terdiri dari gramofon, radio lama dan juga museum Elvis. Selain itu, ada juga Old Quarters yang merupakan kumpulan situs arkeologi

Erimtan Archeology & Arts Museum yang Ada Kopi Khas Turki di Dalamnya

Erimtan via instagram/
erimtanmuseum

Erimtan merupakan museum yang dibangun oleh seorang pengusaha Turki yang tertarik pada dunia arkeologi bernama Yuksel Erimtan. Isi museum ini sebagian besar dikumpulkan oleh Tuan Erimtan itu sendiri. Seperti berbagai koleksi daartefak – artefak peninggalan emporium Romawi dan juga ada benda-benda dari zaman Perunggu, Het, dan Bizantium yang dikumpulkan selama bertahun-tahun. 

Sebagai bonusnya, museum ini juga memiliki taman yang menyajikan kopi khas Turki yang luar biasa. Selain itu, ada banyak event yang diselenggarakan di museum tersebut, namun hanya dalam waktu tertentu. 

Selesai sudah perjalan kita ke wisata di Ankara, Turki. Semuanya memiliki keunikan masing-masing dan yang paling penting bisa menambah pengetahuan. Dari empat wisata di atas, mana yang paling teman traveler suka? 

Tags
Ankara Luar negeri Turki wisata ankara
Share