Turun Kereta Langsung Wisata, Destinasi Sekitar Stasiun Lempuyangan Jogja

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Banyak destinasi wisata yang dapat ditemukan di Jogja, baik di kota maupun kabupatennya. Wisata alam, sejarah, hingga budaya bukanlah hal yang sulit untuk ditemukan. Tak heran jika provinsi yang kental dengan suasana keraton ini menjadi destinasi yang cukup diminati. Bahkan tak perlu menempuh perjalanan jauh, dari stasiun pun kamu sudah dapat menemukan destinasi wisata.

1. Embung Langensari

Gambar aerial Embung Langensari [image source]
Embung Langensari merupakan danau buatan. Jika pada umumnya waduk berada di atas bukit maupun di dekat tebing. Embung Langensari berada di wilayah perkotaan. Lokasi Embung Langensari berada di dekat bengkel kereta api Balai Yasa. Lokasi ini merupakan embung yang dibuat untuk resapan air dalam kota sekaligus sebagai taman terbuka.

Ruang publik yang cukup diminati masyarakat [image source]

2. Pasar Lempuyangan

Ilustrasi pedagang Jenang [image source]
Pasar Lempuyangan yang berada di Jalan Hayam Wuruk sedikit berbeda dari pasar tradisional pada umumnya. Suasana yang bersih, menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan datang kemari. Biasanya pengunjung datang untuk membelli oleh-oleh di tempat ini. Namun yang paling legendaris adalah Jenang pak Harto.

Jenang khas Jogja [image source]

3. Tugu Jogja

Tak hanya simbol landmark Jogja saja [image source]
Mungkin beberapa wisatawan akan menganggap bahwa Tugu Jogja hanya sebagai simbol landmark saja. Padahal bangunan yang telah berusia tiga abad ini merupakan poros imajiner antara Laut Selatan, Kraton Yogyakarta, dan Gunung merapi. Dibangun pada tahun 1755, bangunan ini sempat runtuh karena gempa di tahun 1867.

Tugu Yogyakarta [image source]

4. Malioboro

Jalang Malioboro [image source]
Siapa yang tak kenal dengan Jalan Malioboro yang legendaris? Atmosfer Jawa begitu kental terasa di sini. Alat transportasi tradisional seperti delman dan becak adalah pemandangan yang umum di wilayah ini. Selain itu, wilayah ini menjadi pusat belanja oleh-oleh dan tempat nongkrong paling utama di Jogja.

Pedestrian di Malioboro [image source]

Wilayah Jogja memang menjadi destinasi favorit seluruh kalangan. Wajar saja, berbagai macam destinasi dapat ditemukan provinsi ini. Sudah menemukan tanggal merah untuk mengeksplor Jogja?