Wisata ke Bulukumba, Sensasi Mantai yang Sesungguhnya

Advertisement

Dari dataran tinggi hingga laut lepas semuanya menyuguhkan pamadangan yang indah. Selain itu, namanya sudah terkenal di bahkan sampai ke telinga turis mancanegara. Tidak heran, jika Bulukumba adalah tujuan wisata populer, mengingat bukan hanya ada banyak  pilihan wisata, tapi fasilitas umum bahkan sampai penginapan juga tersedia. Berikut ini adalah sebagian dari pantai-pantai yang terkenal di Bulukumba.

1. Pulau Liukang Loe

Pulau Liukang Loe [image source]
Menjelajahi satu per satu pantai di Indonesia seakan tidak akan pernah selesai karena mamang jumlahnya banyak. Masing-masing memiliki ciri khas dan keunikan. Misalnya saja pantai pasir putih yang ada di Pulau Liukang Loe. Letaknya sendiri ada di sebarang Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Untuk sampai di sini kamu harus meyeberangi lautan menggunakan speedboat atau fasilitas lain yang tersedia.

Pulau Liukang Loe [image source]
Saat perjalanan menuju pulau kamu akan merasakan terpaan angin laut dan menghirup aroma laut yang khas. Berbagai biota laut samar-samar terlihat dari atas perahu saat kamu memandang ke dalam lautan.  Ada beberapa fasilitas wisata menarik yang bisa kamu coba selain wisata pantainya. Mulai dari banana boat, hingga spot untuk snorkeling dan menyelam. Saat mengintip ke dalam air laut, kamu akan menyibak sebuah kehidupan bawah laut dengan terumbu karang yang tumbuh dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Lokasi : sebelah barat Pantai Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan

2. Tanjung Bira

Tanjung Bira [image source]
Tanjung Bira adalah sebutan daratan yang menjorok ke laut dan di tepinya terdapat pantai dengan pemandangan yang indah. Kamu bisa mulai petualangan dari Pantai Tanjung Bira. Jika ingin ke sini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 200 km dari pusat Kota Makassar. Cukup jauh memang, namun perjuangan yang kamu lakukan itu akan sebanding dengan pemandangan indah di pantai. Apalagi jika kamu datang di saat yang tepat, misalnya saja ketika matahari terbenam.

Wisata Tanjung Bira [image source]
Cahaya merah di kala senja akan memberikan ketenangan tersendiri. Biar makin mantap, kamu bisa menyewa kapal atau speedboat untuk bekeliling di sekitar Tanjung Bira. Harga yang ditawarkan oleh nelayan setempat berkisar antara Rp250 ribu hingga Rp500 ribu. Dengan begitu kamu bisa menuju titik-titik yang bagus untuk snorkeling atau menyelam.

Lokasi :  Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba

3. Pantai Appralang

Pantai Apparalang [image source]

Bagaimanakah perasaanmu jika kamu diterjunkan dari atas ketinggian dan langsung menghantam lautan? Tenang saja, jika kamu terjun dari tebing-tebing tinggi di Pantai Appralang tidak seseram itu kok. Justru kamu akan merasakan sensasi yang begitu menatang dan menegangkan. Ya, salah satu suguhan utama di Pantai Appralang adalah kegiatan cliff jumping. Selain itu, kamu bisa menikmatai keindahan pantai dari ketinggian.

Pantai Apparalang [image source]
Birunya air laut yang samar-samar menampilkan terumbu karang adalah daya tarik yang akan memanjakan matamu ketika datang ke Pantai Appralang. Tinggi tebing yang bisa digunakan untuk cliff jumping mencapai 12 hingga 20 meter. Untuk sampai di sini, kamu harus menempuh perjalanan menuju Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Bulukumba.  Baik motor maupun mobil bisa menggunkan akses jalan menuju ke Pantai Appalang.

Lokasi : Ara, Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan

4. Pantai Kasuso

Pantai Kasuso Bulukumba [image source]
Lagi-lagi, surga alami yang ada di Bulukumba memang sangat menawan hati, memanjakan mata dan menenangkan sanubari. Kali ini ada Pantai Kasuso, pesonanya tak kalah indah dari tempat-tempat lain di Bulukumba. Perbukitan hijau dan lautan dihubungkan dengan pantai yang keren. Pasir laut yang lembut dan terhampar luas juga bisa kamu jajaki, hingga akhirnya meraskan betapa ramahnya alam Indonesia. Pantai Kasuso terletak di  di dekat Pantai Appralang karena masih dalam satu kawasan Kecamatan Bontobahari. Hanya saja ada di Desa Darubiah.Sebuah tempat indah yang berjarak sekitar 45 km dari pusat Kabupaten Bulukumba.

Pantai Kasuso Bulukumba [image source]
Jika kamu datang saat musim angin timur, kamu bisa menyaksikan aktivitas nelayan menangkap ikan terbang dan ikan tuing-tuing dengan keahlian khusus. Tentu saja, karena berupa desa nelayan, kamu juga bisa berburu kuliner yang mantap abis. Berbagai olahan ikan laut menjadi godaan tersendiri dan wajib kamu cicipi.

Lokasi :  Darubiah, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan

5. Pulau Samboang

Pantai Samboang Bulukumba [image source]
Samboang adalah tujuan yang unik di Bulukumba, memiliki hamparan pasir putih dan tebing-tebing karang menghadap langsung pada terjangan omba. Pesona utamanya ada pada alam bawah laut, sehingga orang yang hobi snorkeling akan merasa beruntung bisa datang ke Samboang. Terumbu karang dan ikan-ikan akan jadi teman pemberi kebahagiaan. Selain itu, para pemancing juga menjadikan sebagian wilayah Samboang sebagai spot yang menantang.

Pantai Samboang Bulukumba [image source]
Lokasi : Ekatiro, Bontotiro, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan

Itulah beberapa pantai di Bulukumba yang keren dan menyuguhkan pemandangn surgawi. Kalau kamu, apakah punya tujuan favorit sendiri? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar di bawah ini ya.

Advertisement
Tags
pantai selawesi wisata bahari wisata bulukumba wisata pantai
Share