Wisata Budaya Toraja, dari yang Eksotis hingga Mistis

Dari sekian banyak suku yang ada di Indonesia, Toraja adalah salah satu suku yang memiliki banyak tradisi unik, mulai upacara pemakaman Rambu Solo hingga ritual Ma’nene. Suku yang mendiami daerah pegunungan di Sulawesi Selatan tersebut memang masih benar-benara menjaga kelestarian budaya hingga saat ini. Jika ingin melakukan trip wisata budaya Toraja, coba simak panduannya berikut ini.

1. Desa Adat Ke’te Kesu

Jajaran rumah tongkonan di Kete Kesu via instagram/@anggara_.s

Di sini kamu dapat menemukan banyak rumah tongkonan yang telah berdiri semenjak zaman leluhur. Di atas bagian pintu masuk kamu dapat menemukan kepala kerbau yang ditempelkan di dinding. Dalam budaya masyarakat Toraja, hal tersebut memiliki arti kemakmuran, kejayaan, dan status sosial.

Rumah tongkonan yang telah dibangun dari zaman leluhur Toraja, via instagram/@otriwardana

2. Kampung Lolai

Kampung Lolai juga dapat menjadi spot melihat sunrise via instagram/@aresjonekson

Kampung Lolai sering dijuluki sebagai Negeri di Atas Awan, karena lokasinya berada sekitar 1.300 mdpl. Terdapat beberapa rumah tongkonan yang sebenarnya telah lama berada di sana. Namun pemugaran yang dilakukan beberapa saat lalu membuat tempat ini menjadi naik daun kembali di kalangan fotografer. Letak rumah tongkonan dan lokasinya di ketinggian tentu saja menjadi hal yang menarik.

Beberapa rumah tongkonan di Kampung Lolai, via instagram/@zulqornain3209

3. Bori Kalimbuang

Batuan menhir di Bori Kalimbuan via instagram/@achmadi_anggi

Di Bori Kalimbuang kamu dapat menemukan kisah perjalanan pada zaman megalitikum. Kamu tak hanya dapat melihat rumah tongkonan. Di sini terdapat batuan menhir dengan jumlah kurang lebih 102 buah. Bahkan Lakkian (tempat menyemayamkan jenazah) dan Langi (tempat mengangkut jenazah) juga dapat kamu temukan di sini.

Setidaknya terdapat 102 buah batu menhir di Bori Kalimbuang via instagram/@prasetya_dilito

4. Museum Ne’Gandeng

Foto aerial dari Museum Ne’Gandeng via instagram/@ghoster21

Ne’Gandeng sendiri merupakan nama dari salah satu leluhur Toraja. Beliau sendiri adalah leluhur yang memperhatikan masyarakatnya. Berbeda dengan museum lain yang berada di tengah kota, Ne’Gandeng memiliki lokasi di tengah sawah dan jauh dari kebisingan. Dalam waktu-waktu tertentu tempat ini juga digunakan sebagai lokasi perayaan adat bagi masyarakat sekitar.

Lokasi Museum Ne’Gandeng yang ada di tengah persawahan via instagram/@adiant_mmembala

Sulawesi memang menarik untuk dipelajari budaya lokalnya. Apalagi seperti Suku Toraja yang memiliki banyak adat istiadat unik yang mungkin baru pertama kita lihat. Sudah pernah lihat mayat jalan sendiri? Coba deh berkunjung ke Toraja.

Tags
Indonesia Sulawesi Selatan Toraja Wisata Budaya
Share