Wisata Budaya dan Sejarah Kota Medan, Liburan Sekaligus Tambah Pengetahuan

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia
Salah Satu Ikon Kota Medan Salah Satu Ikon Kota Medan

Jalan-jalan ke Kota Medan makin menyenangkan dengan pilihan tempat wisata yang semakin bermacam-macam. Destinasi liburan di kota ini, beberapa di antaranya bisa memberi Teman Traveler tambahan pengetahuan. Wisata budaya dan sejarah Kota Medan misalnya. Berkunjung ke tempat-tempat tersebut, akan ada banyak hal baru yang Teman Traveler ketahui. Seru kan liburan sekaligus tambah pintar? Selain Istana Maimun, berikut ini adalah lokasi yang bisa dikunjungi.

1. Tugu Guru Patimpus, Mengenang Pendiri Kota Medan

Tugu Guru Patimpus di Kota Medan
Tugu Guru Patimpus via Instagram/abang_tarigan

Guru Patimpus Sembiring Pelawi hidup di sekitar abad ke-16. Berasal dari Dataran Tinggi Karo, sosok ini merupakan pendiri Kota Medan. Namanya diambil dari Madan, dalam bahasa Karo artinya sembuh. Guru Patimpus beserta istrinya, membuka kawasan hutan yang berada di antara Sungai Deli dan Sungai Babura. Area inilah yang menjadi cikal bakal Kampung Medan.

Saat ini, sosok penting di Sumatera Utara tersebut bisa dikhidmati dalam bentuk tugu atau monumen. Di sekitar lokasi Tugu Guru Patimpus, terdapat ruang terbuka yang biasa dikunjungi, sebagai alternatif rekreasi keluarga saat hari libur. Wisata budaya dan sejarah Kota Medan, bisa juga dimulai dari sini.

2. Kantor Pos Medan, Masih Kokoh Berdiri dan Beroperasi Sejak 1911

Salah Satu Ikon Kota Medan
Salah Satu Ikon Kota Medan via Instagram/roel_riot

Kantor Pos juga merupakan salah satu bangunan bersejarah di Medan. Mulai dibuka pada 1911, bangunan ini sampai sekarang masih berdiri dan beroperasi. Bentuk bangunannya unik. Ia dirancang oleh seorang arsitek Belanda yang juga merancang Kantor Ledeng Palembang. Bentuk bangunannya, kental sekali dengan gaya Belanda seperti jendela yang banyak terdapat di sisi-sisi gedung. Terletak di jantung Kota Medan, ia menjadi ikon kebanggaan warganya!

3. Kuil Shri Maha Mariamman, Bukti Keanekaragaman Beragama di Medan

Kuil Shri Maha Mariamman, Bukti Keragaman Beragama di Medan
Kuil Shri Maha Mariamman, Bukti Keragaman Beragama di Medan via Instagram/bang_harlen

Wisata budaya dan sejarah Kota Medan yang bisa menjadi destinasi pilihan Teman Traveler selanjutnya adalah kuil berusia ratusan tahun. Namanya adalah Kuil Shri Maha Mariamman. Bangunan ini berdiri sejak 1881 untuk keperluan ibadah menyembah Dewa Mariamman. Desain bangunannya sangat khas Hindu dari India Selatan, karena di bagian gerbang kuil, terdapat menara bertingkat yang disebut gopuram. Menarik ya, selain sejarah, Teman Traveler juga akan mendapat informasi tentang keragaman beragama di kota ini yang sudah berlangsung sejak dulu kala.

4. Gak Lengkap Tanpa ke Museum Sumatera Utara

Jalan ke Museum Yuk!
Jalan ke Museum Yuk! via Instagram/kneginja_jefimija

Tidak lengkap berwisata budaya dan sejarah di Kota Medan jika tidak mengunjungi Museum Sumatera Utara. Museum bergaya tradisional yang kental ini, dibangun pada 1954 dan diresmikan 19 April 1982. Selayaknya museum, di sini Teman Traveler akan menemukan beragam peninggalan sejarah dan budaya dari suku-suku di Sumatera Utara. Terdapat kurang lebih 10 ruangan di gedung ini. Masing-masing ruangan memiliki koleksi yang berbeda. Sampai pada 2005, ada 6799 koleksi yang ditampilkan.

Wisata budaya dan sejarah Kota Medan, tidak selalu membosankan. Ada banyak hal yang bisa didapatkan. Jadi, setelah mengunjungi Kawah Tinggi Putih Dolok Raja, Teman Traveler bisa mampir ke lokasi-lokasi bersejarah sekaligus punya nilai budaya ini. Bagaimana, seru kan?