4 Wisata Buatan di Pontianak yang Tak Boleh Dilewatkan

Pontianak adalah salah satu kota di Kalimantan yang mempunyai banyak wisata alam menarik. Sayangnya, belum banyak masyarakat tahu kalau kota tersebut juga memiliki wisata buatan yang patut untuk dikunjungi. Penasaran kan? Yuk ikuti ulasan mengenai wisata buatan Pontianak di bawah ini. 

Bermain Air di Paradis-Q Waterpark

wisata buatan pontianak
Paradis-Q Waterpark via instagram/ winda_chenn

Ingin bermain air yang menyenangkan? Teman Traveler bisa datang ke Paradis-Q Waterpark. Taman bermain air yang diresmikan pada 2016 silam itu menghadirkan keseruan di berbagai wahana permainan air. Seperti kolam ombak, mengarungi kolam dengan perahu hingga wahana ekstrem. 

Harga dari tiket masuknya juga sangat terjangkau. Untuk mencoba semua wahananya, teman traveler dikenakan biaya sebesar Rp75 ribu untuk hari biasa dan Rp125 ribu pada liburan dan akhir pekan. Tertarik untuk mencobanya? 

Tugu Digulis yang Mengajak Kita Belajar Sejarah

Tugu Digulis via instagram/ fnphotograp

Di Pontianak juga ada wisata bersejarah namun tetap indah dilihat. Namanya adalah Tugu Digulis yang merupakan bentuk penghormatan warga Pontianak akan perjuangan sebelas tokoh yang tergabung dalam Sarekat Islam. 

Sarekat Islam sendiri merupakan organisasi pedagang-pedagang Islam yang dengan keras menentang politik Belanda di Tanah Air. Pada zaman penjajahan Belanda, pergerakan Sarekat Islam sangat dikhawatirkan dapat memicu pemberontakan terhadap Pemerintah Hindia Belanda. 

Demi meminimalisir kegiatan mereka, Pemerintah Hindia Belanda pun membuang 11 tokoh Sarekat Islam ke Boven Digoel, Irian Barat yang mengakibatkan tewasnya delapan tokoh dalam Peristiwa Mandor. Untuk mengenangnya, Tugu Digulis pun didirikan.

Terlepas dari sejarah pembangunannya yang memiliki arti, banyak warga Pontianak mengagumi arsitektur dari Tugu Digulis. Apalagi, keunikan tugu ini terletak pada bentuknya yang menyerupai bambu runcing. Tugu tersebut juga dikelilingi air mancur dan lampu hias yang memadati sisi dalam Tugu Digulis.

Kolam Renang JC Oevang Oeray yang Tiketnya Cukup Terjangkau 

Kolam Renang JC Oevang Oeray via instagram/ trijuliyanto

Kolam Renang JC Oevang Oeray di Pontianak, Kalimantan Barat merupakan salah satu kolam renang yang berlokasi di Jln. Ayani Pontianak. Salah satu objek wisata di Pontianak ini sangat ramai dikunjungi oleh anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

Di dalamnya terdapat wahana permainan air yang dapat digunakan secara gratis. Wanaha air yang tersedia antara lain, perosotan dewasa dan anak-anak, ember air raksasa dan pancuran relaksasi. Untuk menikmati semua fasilitas yang ada di kolam renang ini, para pengunjung ditarik biaya sebesar Rp25 ribu pada akhir pekan dan Rp20 ribu di hari biasa. 

Tugu Khatulistiwa yang Menjadi Ikon Pontianak 

Tugu Khatulistiwa via instagram/nancykho

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi bila baru pertama kali ke Pontianak adalah Tugu Khatulistiwa. Ikon kota Pontianak ini memiliki garis yang memisahkan antara belahan bumi utara dan selatan, yang selama ini kita kenal dengan nama garis khatulistiwa.

Selain keberadaan garis khatulistiwa, adanya peristiwa kulminasi juga jadi daya tarik bagi wisatawan. Kulminasi merupakan momen saat matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Uniknya, saat terjadi kulminasi, bayangan Tugu Khatulistiwa akan menghilang selama beberapa detik. Bayangan menghilang juga akan terjadi pada benda-benda di sekitar tugu, bahkan bayangan kita sendiri dapat menghilang selama kulminasi.

Untuk merasakan pengalaman menghilangnya bayangan, Teman Traveler bisa datang ke Tugu Khatulistiwa setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September saat Hari Kulminasi Matahari.

Inilah wisata buatan di Pontianak yang wajib dikunjungi apabila melipir ke ibu kota Kalimantan Barat. Semua memiliki keunggulannya masing-masing, mulai dari berenang dengan wahana asyik hingga ke tugu ikonik di Indonesia. Mau mendatangi wisata yang mana dulu, nih?

Tags
Indonesia Kalimantan Barat Pontianak Wisata Wisata Buatan Pontianak
Share