4 Wisata Buatan di Papua, Mana Favoritmu?

Sudah bukan rahasia, Papua terkenal dengan keindahan alamnya yang memesona. Tak hanya yang alami, ada sederetan wisata buatan di Papua yang juga menarik untuk dikunjungi. Nggak kalah dengan kota wisata di Indonesia lainnya. Jadi, apa saja ya wisatanya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Museum Loka Budaya, Tempat Penyimpanan Benda-benda Suku di Papua

Museum Loka Budaya via instagram/ jerryfakdawer

Salah satu wisata buatan di Papua yang tidak boleh dilewatkan adalah Museum Loka Budaya yang terletak di Jalan Raya Abepura – Sentani, Kelurahan Hedam, Kecamatan Abepura, Kabupaten Jayapura, Papua. Museum ini merupakan tempat dipamerkannya benda-benda suku yang berada di Papua. 

Terhitung ada lebih dari 1500 benda yang dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Ada pakaian, peralatan dapur, alat-alat bercocok tanam, perlengkapan berburu, perhiasan, peralatan perang, dan benda-benda keagamaan. 

Desa Sauwandarek, Kampung Wisata di Sekitar Raja Ampat

Desa Sauwandarek via instagram/ v_johni

Desa Sauwandarek masih berada di kawasan Kabupaten Raja Ampat, tepatnya di Meos Mansar. Di sini, Teman Traveler bisa melihat rumah tradisional yang terbuat dari kayu dan beratapkan jerami. 

Tempat wisata budaya ini hanya ditempati sekitar 46 kepala keluarga. Perempuan-perempuan di sini biasa membuat topi dan tas dari daun pandan laut. Kalau menyukai hasil karya mereka, Teman Traveler bisa membelinya untuk oleh-oleh, lho.

Teman Traveler juga bisa menyelam dan snorkeling. Selain itu, juga bisa trekking ke wisata unik, yaitu Telaga Yenauwyau yang memiliki air asin. Menurut warga sekitar, di telaga ini ada penyu putih. Apabila kalian bisa melihatnya, keberuntungan akan segera datang.

Taman Gizi Nabire Sebagai Sarana Berolahraga

Taman Gizi Nabire via instagram/ bolank_rasta

Taman Gizi merupakan salah satu wisata yang berada di Kabupaten Nabire. Taman ini sering dimanfaatkan oleh warga Kabupaten Nabire untuk olahraga seperti lari pagi dan sore, hingga bersantai.  

Terkadang, Taman Gizi Nabire juga digunakan untuk acara-acara besar yang biasanya dapat ditonton oleh umum. Kegiatan yang paling sering diselenggarakan di sana adalah kesenian dan kebudayaan khas Papua dan juga festival kuliner. 

Tugu McArthur Sebagai Saksi dari Perang Dunia II

Tugu McArthur via instagram/ dilsduls

Tugu McArthur merupakan saksi sejarah besar Perang Dunia ke-2 yang terjadi di tanah Papua. Tugu ini menjadi peringatan datangnya pasukan sekutu di wilayah Pasifik pada tahun 1944. Hal ini terkait penyerangan sekutu terhadap Jepang yang saat itu menguasai sebagian besar wilayah Filipina.

Keistimewaan Tugu McArthur tidak hanya pada kisah sejarah yang terjadi pada masa lalu. Di Tugu ini, panorama Danau Sentani yang sangat indah pun menjadi menu utama untuk dinikmati. Tidak lupa, gugusan pulau-pulau kecil di tengah Danau Sentani pun menambah cantik lukisan agung Sang Penguasa Semesta. 

Tak hanya Pulau Jawa yang menyimpan berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Faktanya, wisata buatan di Papua juga sangat menarik untuk didatangi. Teman Traveler mau berkunjung ke mana dulu, nih?

Tags
Indonesa Papua
Share