4 Wisata Buatan NTB yang Pas Temani Liburanmu

Nusa Tenggara Barat ternyata tidak hanya kaya akan wisata alamnya. Tapi juga wisata buatannya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Bahkan, ada salah satu wisatanya yang bisa menambah ilmu pengetahuan. Lalu, seperti apa ya destinasinya? Simak ulasan tentang wisata buatan NTB di bawah ini. 

Taman Narmada 

wisata buatan NTB
Taman Narmada via instagram/maruf.teja

Taman Narmada adalah salah satu taman terbesar yang ada di Pulau Lombok. Lokasi dari Narmada ini adalah di Kabupaten Lombok Barat, tepatnya di Desa Lemabuak, Kecamatan Narmada. 

Taman Narmada yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Bale Petirtaan yang mata airnya merupakan pertemuan dari Gunung Rinjani dan menjadi tempat pertemuan tiga sumber air yaitu Narmada, Lingsar dan Suranadi. Untuk masuk ke dalam Balai Petirtaan, wisatawan diharuskan memakai selendang warna kuning. Kalau ada seorang wanita yang sedang datang bulan dilarang masuk karena termasuk kawasan suci.

Dusun Sasak Sade 

wisata buatan NTB
Dusun Sasak Sade via instagram/ernandiass

Ingin tahu desa unik di NTB? Bisa datang ke Dusun Sasak Sade yang terletak di Desa Rambita, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Desa yang masih menyimpan adat istiadat dan kebudayaan suku asli pulau Lombok ini, sering dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk ‘digali’ tradisi dan kebiasaan unik mereka yang masih sangat tradisional.

Demi menjaga tradisi dan lebih dekat dengan alam, bangunan tempat tinggal Desa Sade Lombok semuanya berbahan dasar alam. Dindingnya berupa anyaman bambu, lantainya beralaskan tanah liat, dan atapnya dibuat dari ilalang. Mereka menyebut rumah itu Bale Tani.

Splash Sumbawa Waterpark

Splash Sumbawa Waterpark via instagram/kesi_mayasari

Di Sumbawa Besar juga ada wisata buatan yang wajib dikunjungi. Namanya adalah Splash Sumbawa Waterpark. Wisata ini memiliki desain dengan baik, aman, terawat, air jernih serta dilengkapi fasilitas yang lengkap seperti kantin, kamar ganti dan kamar mandi.

Kolam renang ini sering dimanfaatkan oleh warga Kabupaten Sumbawa untuk olahraga renang dan rekreasi air. Wisata tersebut juga ramah anak, sehingga warga bisa mengajak serta anak untuk berenang. Ada juga wisata selfie yang bisa dipakai para pengunjung untuk berfoto-foto. Wisata ini terbuka untuk umum dengan harga tiket masuk yang terjangkau. Yaitu sekitar Rp30 ribu. 

Nirwana Waterpark 

Nirwana Waterpark via instagram/nirwana_waterpark_

Tidak perlu repot mencari wisata liburan keluarga di Lombok yang cocok untuk semua usia. Teman Traveler bisa memakai waktu liburan dengan bersenang-senang di Nirwana Waterpark Lombok. Ada banyak wahana dan fasilitas yang bisa dinikmati di sini, mulai dari kolam dewasa, kolam anak, seluncuran air, jacuzzi, kolam lumba-lumba, hingga kolam arus. Bahkan juga ada juga juga wahana yang lebih menantang seperti flying fox dan marine bridge

Itulah wisata buatan yang ada di NTB. Jadi, kalian bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut kalau bosan mendatangi wisata alam. Jadi, kalian mau berlibur ke mana nih? 

Tags
Indonesia Nusa Tenggara Barat Wisata wisata buatan NTB
Share