Memupuk Semangat Juang di 4 Tempat dengan Nama Pahlawan

febri rama

febri rama

On Indonesia
Pantai Kartini Pantai Kartini

Jasa pahlawan yang telah berjuang untuk memperoleh kemerdekaan begitu besar. Cerita-cerita pengorbanannya yang penuh semangat dan berdarah-darah harus selalu dikenang dan menjadi pelajaran. Selain mengiringi dengan do’a, berkunjung ke beberapa tempat wisata nama pahlawan berikut ini juga bisa kamu lakukan.

1. Pantai Kartini

Pantai Kartini Jepara
Pantai Kartini Jepara via Innstagram/@mariamitsura

Kabarnya pantai ini memang telah ramai dikunjungi sebagai tempatnya wisata sejak zaman RA Kartini. Tempat wisata nama pahlawan ini terletak di Jepara yang menjadi kota kelahiran RA Kartini, malahan lokasinya tidak begitu jauh dari rumahnya tempat tinggal pejuang emansipasi wanita tersebut. Kamu bisa napak tilas sekaligus menikmati suasana pantai yang menawan. Areanya luas dan bersih dengan beberapa spot untuk foto.

Pantai Kartini Jepara
Pantai Kartini Jepara via Instagram/@muhamadyusuptoziry

2. Pulau Hatta

Pulau Hatta
Banda Neira via Instagram/@nublieabie

Tempat wisata nama pahlawan berikutnya memakai nama wakil presiden pertama Indonesia yaitu Muhammad Hatta. Sebelumnya julukannya adalah Pulau Rozengain. Pasir pantai yang luas dan terpadu dengan ombak lautan adalah daya tarik yang membuat wisata ini tak kalah dengan Bali atau Neira. Lokasinya ada di Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah.

Pulau Hatta
Pulau Hatta via Instagram/@meetcation

3. Puncak Soekarno

Puncak Soekarno Jaya Wijaya
Puncak Soekarno Jaya Wijaya via Instagram/@uinam.ac

Nama pahlawan proklamator diabadikan dalam banyak tempat. Mulai nama jalan hingga bangunan. Bahkan ada puncak gunung yang disebut juga dengan Soekarno. Letaknya ada di kawasan Pegunungan Jaya Wijaya dengan ketinggian 4862 mdpl. Selain itu juga Puncak Soemantri (4808 mdpl), Puncak Cartenz Timur (4840 mdpl), dan yang paling tinggi adalah Puncak Cartenz Pyramid (4884 mdpl).

Puncak Soekarno Jaya Wijaya
Puncak Soekarno Jaya Wijaya via Instagram/@amridab

4. Pulau Yos Sudarso

Pulau Yos Sudarso
Pulau Yos Sudarso via Instagram/@juraijbwz

Pulau Yos Sudarso berada do wilayah Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Tempat ini memiliki jejak sejarah sejak masa penjajahan Belanda. Julukannya dulu adalah “Pulau Frederik Hendrik”. Namun setelah ada peristiwa pertempuran Laut Aru, di mana saat itu Komodor Yos Sudarso gugur di atas KRI Macan tutul, Pulau itu dijuluki dengan nama pahlawan yang lahir di Salatiga tersebut.

Pulau Yos Sudarso
Pulau Yos Sudarso via Instagram/@hendraprasetya1

Itulah beberapa tempat dengan nama pahlawan Indonesia yang bisa kamu datangi untuk mengenang semangat perjuangan. Terlepas dari tempat itu punya jejak sejarah atau tidak, tapi penyematan nama pahlawan adalah sebagai penghargaan atas jasa-jasa yang telah diberikan pada negara.