Pelesir di Peternakan Kuda, Bisa Bergaya bak Koboi di 5 Tempat Ini

Takkan ada habisnya jika membicarakan tempat wisata unik di Indonesia. Tak hanya berjalan kaki, beberapa lokasi bahkan menewarkan kesempatan menikmati panorama di sekeliling dengan menunggangi hewan, salah satunya wisata berkuda yang digunakan untuk menarik minat para pengunjungnya.

Selain menunggangi kuda, para wisatawan biasanya juga akan mendapatkan kesempatan untuk menambah pengetahuan. Mereka mendapatkan ilmu baru soal fase-fase perkembangan kuda, cara menjinakkan, hingga tambahan informasi soal beragam jenis kuda di Indonesia. Tempat wisata edukasi semacam ini cocok sekali bagi mereka yang ingin berkunjung bersama keluarga seperti yang TravelingYuk tuliskan di bawah ini.

1. Bali Island Horse

Pemandangan kala menikmati tur bersama Bali Island Horse (c) BaliIslandHorse

Menikmati pesisir pantai di Bali sembari berjalan kaki mungkin sudah biasa. Namun bagaimana rasanya melihat indahnya panorama matahari terbenam di Pulau Dewata sembari menunggang kuda? Pengalaman unik tersebut bisa didapatkan di Bali Island Horse.

Bali Island Horse terletak di Pantai Yeh Gangga, Sudimara, Tabanan. Tempat yang menawarkan wisata berkuda ini dikelola oleh warga Australia dan diklaim sebagai salah satu penyedia tur naik kuda terpopuler di Bali sejak 1994 silam. Selain menunggang kuda, para pengunjung di sini juga bisa berkeliling dengan menyewa kendaraan All Terrain Vehicle alias ATV.

2. Havana Horses

Menikmati pemandangan sawah sembari menunggang kuda di Havana Horses via Instagram havana_horses

Jika kebetulan sedang berada di Salatiga dan tertarik untuk mengikuti tur keliling naik kuda atau belajar soal teknik berkuda, datang saja ke Havana Horses. Tempatnya berada di perbatasan antara Jogjakarta, Solo, dan Semarang, hingga mudah ditempuh dari berbagai lokasi. Selain menjadi menjadi lokasi sekolah berkuda, Havana Horses biasanya juga ramai dikunjungi wisatawan.

Havana Horses sendiri sudah aktif menerima murid dari berbagai belahan dunia sejak 2007. Mereka punya dua instruktur handal, Havedz Nugroho dan Anna van Rheeden. Sementara bagi yang ingin sekedar berkunjung, tempat ini juga menawarkan keunggulan lain seperti pemandangan pegunungan yang masih asri, hawa sejuk dan dingin, persewaan ATV, flying fox, dan masih banyak lagi.

3. De Ranch

Menunggang kuda sembari berpakaian koboi di De Ranch Lembang via Instagram audy_aprilia

Ingin merasakan sensasi hidup di zaman wild west alias era koboi? Datang saja ke De Ranch yang ada di kawasan Lembang. Tak hanya sekedar bisa berkeliling sembari menaiki kuda, di sini para pengunjung akan diajak untuk merasakan seperti apa kira-kira suasana kehidupan ketika senjata api masih bisa dimiliki bebas di benua Amerika dulu.

Persewaan kostum tersedia bagi mereka yang ingin lebih mendalami suasana. Selain itu masih ada sejumlah aktivitas lain yang tidak kalah menariknya untuk para pengunjung keluarga, seperti pasar tanaman, factory outlet, dan taman bermain untuk anak. De Ranch juga memiliki Saddle Club bagi mereka yang ingin belajar lebih dalam soal teknik menunggang kuda, baik secara individu maupun kelompok.

4. Branchsto

Anak-anak belajar menunggang kuda poni di Branchsto via Instagram branchsto

Jika ingin mengajak anak berlibur sembari melihat tingkah laku hewan, Branchsto adalah tempat yang tepat. Terletak di daerah Bintaro, lokasi wisata berkuda ini mengusung konsep ranch sekaligus restoran. Tak hanya sekedar menunggang, pengunjung segala usia akan diberi kesempatan untuk memberi makan & minum kuda, menyisir rambut kuda poni, hingga bermain serta makan malam bersama kuda berukuran mini tersebut.

Tidak perlu khawatir soal keamanan karena pengelola Branchsto menetapkan standar khusus. Anak-anak atau pengunjung yang hendak menunggang kuda akan diberikan pengetahuan dan teknik-teknik dasar. Sementara bagi mereka yang ingin sekedar bersantai sembari menikmati pemandangan, Branchsto punya restoran unik dengan konsep urban yang siap memanjakan para pengunjungnya.

5. Megastar

Pengungjung bisa berinteraksi dengan kuda di Megastar via Instagram royfatkhur

Megastar merupakan salah satu peternakan yang ada di daerah Batu, Malang Raya. Lokasi ini berdiri sebagai bentuk kerja sama antara PT Mega Star dan Perhutani. Begitu masuk, pengunjung akan disambut dengan pemandu yang siap menjelaskan beberapa bagian peternakan dan juga kuda mana yang masih liar atau sudah bisa ditunggangi.

Foto pengunjung di kebun bunga matahari di Megastar via Instagram royfatkhur

Selain coba menunggang kuda, para pengunjung juga bisa berfoto-foto cantik di kebun bunga matahari yang ada di sekitar sini. Tak perlu repot-repot membawa selfie stick atau semacamnya, karena guide yang menemani akan siap mengabadikan momen-momen terbaik.

Itulah tadi beberapa tempat keren yang menyediakan paket tur keren sembari menunggang kuda di Indonesia. Jika sudah bosan mengelilingi tempat wisata hanya dengan sekedar berjalan kaki, melakukannya sembari menaiki hewan juga tidak kalah seru dan mengasyikkan.

Tags
Jakarta Jawa Tengah Jawa Timur Wisata Wisata Alam
Share