Jangan Sampai Terlewat, Tujuh Wisata Belanja ala Presiden Jokowi

Tak jalan-jalan, wisata juga bisa dilakukan dengan beragam kegiatan lain seperti menikmati kuliner atau belanja. Bagi kamu yang lebih memilih opsi kedua, bisa melirik Presiden Joko Widodo sebagai inspirasi. Orang nomor satu Indonesia tersebut memang dikenal dengan hobi blusukan alias terjun langsung dan berbaur dengan rakyat.

Tak heran, Jokowi kemudian sering diberitakan berbelanja ketika sedang mengunjungi sebuah event atau daerah. Bagi kamu yang ingin menapaktilasi perjalanan wisata belanja ala Jokowi, berikut TravelingYuk sajikan daftar tempat-tempat yang pernah dijadikan tempat shopping oleh kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tersebut.

1. Paris van Java

Paris van Java merupakan salah satu mall yang cukup terkenal di Bandung. Pusat perbelanjaan yang berada di kawasan Sukajadi ini ternyata juga pernah dikunjungi oleh Presiden Jokowi, di sela-sela kesibukannya meresmikan Tol Soroja pada Desember 2017 silam.

Presiden Jokowi Mencoba Sepatu di Paris van Java, via YouTube Ruru Channel

Selama berada di PVJ, Jokowi masuk ke sebuah toko bertuliskan Quicksilver. Di sana ia disambut langsung oleh store manajer dan berbelanja dua pasang sepatu bermerk DC dan celana panjang dari brand Quicksilver. Nah, bagi kamu yang juga ingin bergaya kece ala Presiden Jokowi, langsung saja mampir ke PVJ jika mengunjungi Bandung.

2. Leaf

Leaf merupakan salah satu booth toko pakaian yang dikunjungi Presiden Jokowi kala ia menghadiri Synchronize Fest pada Oktober 2017 silam. Sudah bukan rahasia lagi bahwa pria asal Solo itu merupakan penggemar musik metal dan sering mengunjungi beberapa festival di Indonesia.

Presiden Jokowi saat menghadiri Synchronize Fest 2017, via Pop Harii Ini

Dalam kunjungannya ke Synchronize Fest, Jokowi membeli sebuah kemeja kotak-kotak dengan warna mirip papan catur. Untuk menebusnya, sang presiden merogoh koceknya hingga Rp385 ribu dan sempat menolak ketika hendak diberi diskon. Jika ingin membeli kemeja yang sama seperti Presiden Jokowi, Leaf membuka toko resmi mereka di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

3. Ayani Mega Mall Pontianak

Presiden Jokowi saat belanja di Ayani Mall Pontianak, via Celebes News

Di sela-sela kunjungan kerja ke Kalimantan Barat pada Desember 2017 silam, Presiden Jokowi menyempatkan diri berbelanja baju dan sepatu di Ayani Mega Mall Pontianak. Di salah satu mall terbesar di Pontianak ini, Jokowi membeli beberapa potong kemeja di toko Executive dan kemudian membeli sepasang sepatu di toko bernama Shoeline. Belum puas, ayahanda Kaesang Pangarep itu juga memborong beberapa kaus di Giordano.

4. Arena Songket Silungkang

Persiden Jokowi saat sedang belanja songket, via Bisnis Wisata

Awal Februari 2018, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Di tengah perjalanan, keduanya sempat mampir untuk membeli kain songket khas Silungkang. Jokowi dan sang istri mendatangi sebuah toko bernama Arena Songket Silungkang. Iriana membeli tiga buah kain songket dengan motif pucuk rebung, masing-masing berwarna putih, ungu, dan krem.

5. Solo Square

Jokowi ternyata juga punya hobi menonton film. Awal Januari 2017 lalu ia sempat pulang ke kampung halamannya dan menyaksikan film Security Ugal-Ugalan di Solo Square. Namun sebelum masuk studio, Sang Presiden terlebih dulu berbelanja baju.

Presiden Jokowi memilih-milih baju di Solo Square via Merdeka

Kader PDI Perjuangan itu meluncur ke lantai dua dan masuk ke salah satu toko bernama Ada Fashion. Di sana Jokowi kemudian membeli sebuah baju lengan panjang warna hitam seharga Rp179 ribu. Ayah Kahiyang itu bahkan langsung melepas baju batik yang ia kenakan dan menggantinya dengan baju yang baru dibeli.

6. Bogor Trade Mall

Jokowi temani Presiden Korea Selatan Belanja Batik di Bogor Trade Mall via Twitter

Presiden Jokowi sempat menyambut kehadiran Moon Jae-In di Tanah Air pada November 2017. Setelah menanam pohon bersama, pria Solo itu langsung mengajak Presiden Korea Selatan untuk bergerak menuju Bogor Trade Mall. Di pusat perbelanjaan yang tak jauh dari Istana Bogor tersebut, Jae-In dan Jokowi sempat mencoba beberapa kain batik sebelum akhirnya membeli beberapa potong pakaian dengan motif khas Indonesia tersebut.

7. Bandung Saint Barkley

Jokowi mengejutkan banyak pemuda ketika ia mendadak muncul di acara Jakarta Sneakers Day pada 3 Maret 2018. Datang bersama salah satu putranya, Gibran Rakabuming, Sang Presiden membeli sebuah sepatu berukuran 42 di acara yang berlangsung di Senayan City tersebut.

Presiden Jokowi beli sepatu Saint Barkley di Jakarta Sneakers Day via Horas Sumut News

Sepatu yang dibeli Jokowi merupakan produk keluaran brand lokal Bandung bernama Saint Barkley. Pria asal Solo membeli satu pasang sepatu warna hitam dengan bahan kanvas. Saint Barkley sendiri merupakan satu-satunya produsen sepatu lokal yang mengisi acara Jakarta Sneakers Day. Bagi kamu yang tertarik membeli, toko resmi mereka ada di Jalan Terusan Jakarta no.47, Antapani, Kiaracondong.

Itulah beberapa toko yang sempat dikunjungi Presiden Jokowi. Cukup banyak tempat yang bisa kamu jadikan pilihan jika ingin melakukan wisata belanja ala Presiden Indonesia satu ini.

Tags
Bandung Bogor joko widodo Jokowi Medan Pontianak Wisata Wisata Belanja
Share