Senja di Batu Termanu, Langit Indonesia Timur yang Tak Pernah Mengecewakan

febri rama

febri rama

On Indonesia
Batu Termanu Batu Termanu

Banyak tempat indah bersarang di Indonesia. Jenisnya juga beragam, dari pantai hingga pegunungan yang menyejukkan. Uniknya lagi, sebagian juga diselimuti dengan legenda dan cerita rakyat. Seperti halnya Batu Termanu di Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur yang pas banget didatangi para penikmat senja.

1. Dua Batu Termanu yang Menawan

Batu Termanu
Batu Termanu Via Instagram/@yugo_ss

Wisata ini sebenarnya terdiri dari dua tempat yaitu Batu Hun dan Batu Suelai. Keduanya memiliki bentuk yang indah dan diselimuti dengan tumbuhan. Untuk ke sini, kamu bisa berangkat dari Pelabuhan Bolok Kupang dan melewati Selat Pakuafu. Jarak dari Ibu Kota Ba’a adalah selama 15 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Jalur tersebut akan membuatmu melihat Batu Hun dengan perairan indah di sekitarnya.

Batu Termanu
Batu Termanu Via Instagram/@anaztasyanahak

2. Replika Islandia dengan Senja Penuh Pesona

Batu Termanu
Batu Termanu Via Oomph

Batu Termanu dikelilingi olah lautan dengan ombak yang tenang. Sungguh indah dengan rerumputan yang menyelimuti bukit cadasnya. Sekilas mirip dengan pesisir Islandia yang berbukit-bikit. Saat senja tiba, kamu akan dibuat kagum dengan cantiknya langit yang berwarna kemerahan. Pepohonan menampakkan siluetnya. Laut juga mulai membiaskan cahaya matahari sebelum tenggelam pergi. Keindahan yang lengkap di tempat yang tepat.

Batu Termanu
Batu Termanu Via sonny photo

3. Tempat Menyelam Andalan

Batu Termanu
Batu Termanu Via Instagram/@_febrian

Perairan di Batu Termanu memiliki kekayaan yang berlimpah. Terumbu karangnya indah dengan ikan-ikan beraneka warna. Jadi, salah satu aktivitas yang harus kamu lakukan saat datang ke sini adalah menyelam. Kamu bisa memilih spot di sekitar Batu Hun. Tempatnya keren dan pasti bikin kamu betah. Selain itu, kamu juga bisa santai di pinggir pantai menikmati semilir angin dengan aroma khas.

Batu Termanu
Batu Termanu Via Instagram/@rendiwily

4. Tempat dengan Legenda Unik dan Misterius

Batu Termanu
Batu Termanu Via Instagram/@anggakadja

Bagi masyarakat Rote Ndao, Batu Termanu memiliki arti yang mendalam. Sebagian orang menganggap Batu Suelai sebagai tempat yang membawa rezeki sehingga dijadikan sebagai lokasi pemujaan. Konon, dulunya destinasi wisata Nusa Tenggara Timur ini bisa berpindah-pindah mengelilingi Pulau Rote hingga berhenti di tempatnya yang sekarang.

Batu Termanu
Batu Termanu Via Instagram/@anggakadja

Itulah pesona Batu Termanu di Rote Ndao. Tempat ini juga sudah disiapkan menjadi destinasi wisata andalan. Bahkan ada fasilitas penginapan dengan fasilitas keren. Tunggu apa lagi, segera kunjungi tempat ini!