10 Wisata Barcelona, Cuma Modal 160 Ribuan Sehari!

Banyak orang yang menganggap kalau jalan-jalan ke Barcelona akan butuh banyak biaya. Padahal kalau kamu tahu cara ini pastinya dijamin ketagihan traveling ke luar negeri. Dengan bermodal 160 ribuan saja, ternyata kamu sudah bisa jelajah sehari 10 wisata Barcelona berikut ini.

Syarat Dapat Harga Murah

Salah satu cara murah menjelajah Barcelona adalah menggunakan T-10. T-10 adalah sebuah multi-person travel card yang bisa digunakan untuk transportasi umum. Menariknya, transportasi ini bisa digunakan untuk perjalanan 10 kali di Barcelona. Transportasi ini bisa meliputi bus kota, metro, tram, kereta kota, dan spesial rute kereta kabel Montjuic.

Kartu transportasi ini juga memiliki ketentuan jarak pemakaian dengan maksimal 75 menit antara jarak dari tempat sebelumnya menuju tempat selanjutnya. Cukup 10.20 Euro atau setara dengan 160 ribuan saja sudah bisa berkeliling 10 wisata seharian. Kira-kira wisata apa saja ya?

Wisata Pertama di La Sagrada Familia

pesona wisata barcelona
La Sagrada Familia (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Wisata pertama yang bisa dipakai dengan T-10 card adalah La Sagrada Familia. Wisata ini bisa ditempuh menggunakan bus ataupun metro. Namun transportasi yang terdekat yang bisa Teman Traveler adalah metro. Hal ini karena pintu stasiun metro berada tepat di depan La Sagrada Familia.

Parc Guell yang Terletak di Pegunungan

pesona wisata barcelona
Parc Guell (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Rute selanjutnya adalah Parc Guell. Untuk menuju ke sini disarankan menggunakan bus kota. Hal ini karena lokasi Parc Guell ini terletak di perbukitan sehingga jarang tersedia transportasi bawah tanah untuk menuju ke sana.

La Pedrera – Casa Mila yang Iconic

pesona wisata barcelona
La Pedrera / Casa Mila (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Salah satu bangunan iconic karya Antoni Gaudi ini bisa ditempuh dengan bus dari Parc Guell menuju arah ke pusat kota. Sayangnya, Teman Traveler perlu mengeluarkan budget tambahan untuk membayar tiket masuk jika ingin melihat karya seni yang berada di rooftop bangunannya.

Cantiknya Casa Batllo

pesona wisata barcelona
Casa Batllo (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Berbeda dengan wisata lainnya, Kali ini tidak perlu menggunakan T-10 karena jarak antara La Pedrera dengan Casa Batllo bisa ditempuh dengan jalan kaki sekitar 500 meter. Bangunan ini juga termasuk salah satu karya bangunan Antoni Gaudi, seorang arsitek terkenal di Barcelona. Ciri khas bangunan ini adalah adanya karakter mozaik yang kuat khas Antoni Gaudi.

Gothic Square yang Bersejarah

dscf0584_01_lbT.jpeg
Gothic Cathedral (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Untuk menuju Gothic Square, bisa melanjutkan perjalanan menggunakan bus. Area ini bisa terbilang cukup luas karena tedapat gang-gang kecil yang dibentuk seperti labirin dan diarahkan menuju sebuah placa.

Di sekitar placa ini juga terdapat salah satu destinasi populer di Barcelona yakni Gothic Cathedral atau Catedral de la Santa Creu i Santa Eulalia. Alasan mengapa area ini disebut sebagai Gothic Quater atau Barri Gotic adalah karena bangunannya dipengaruhi oleh gaya arsitektur Renaissance.

Beristirahat di Barceloneta

2019_09_10_10_kBJ.jpg
Barceloneta (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Lanjut dari Barri Gotic, kamu naik bus menuju ke arah pantai, Barceloneta. Barceloneta merupakan kawasan pantai yang sangat luas karena letaknya persis berada di tepi laut.

Di sini ada banyak kapal-kapal bersandar dan warga Barcelona yang menghabiskan waktu untuk bersantai di sekitaran wilayahnya. Selain itu, jangan lupa untuk sempatkan menyantap hidangan seafood khas Barcelona. Rasanya benar-benar lezat.

Mengunjungi Placa Catalunya & La Rambla

dscf0608_01_33E.jpeg
Placa Catalunya (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Bagi yang merasa asing dengan sebutan Catalunya, Catalunya merupakan nama asli dari kota Barcelona. Catalunya mempunyai suku bangsa asli yang disebut Catalan. Dulunya, Catalunya dan Spanyol merupakan dua negara berbeda namun digabung menjadi satu negara. Gabungan negara inilah yang diberi nama sebagai Kota Barcelona.

Di sini ada sebuah placa (seperti alun-alun) yang sangat momentumental bernama Placa Catalunya. Placa ini dulunya merupakan pusat berbagai kegiatan kampanye warga Barcelona yang ingin memisahkan diri dari Spanyol.

Teman Traveler nantinya mungkin akan menemui berbagai atribut-atribut aktivis kemerdekaan seperti bendera serta tenda-tenda. Di sekitar Placa Catalunya juga terdapat pusat perbelanjaan bernama La Rambla. Kamu pun hanya berjalan kaki untuk menuju ke La Rambla.

Berkunjung ke Placa d’Espanya

dscf0645_01_jto.jpeg
Placa d’Espanya (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Placa yang satu ini berada tepat di gerbang masuk menuju Perbukitan Montjuic. Biasanya wisatawan yang bertujuan ke bandara menunggu bus kota dari halte Placa d’Espanya ini. Untuk sampai di sini, Teman Traveler bisa naik metro dari stasiun sekitar Placa Catalunya menuju ke stasiun Placa d’Espanya.

Castell de Montjuic, Daratan Tertinggi Barcelona

dscf0651_01_b80.jpeg
Castell de Montjuic (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Jika sebelumnya sudah mengunjungi kawasan pantai, dengan T-10 kamu juga bisa mengunjungi daratan tertinggi yang ada di Barcelona yang bernama Bukit Montjuic. Di bukit ini terdapat sebuah kastil yang untuk memasukinya harus membeli tiket terlebih dahulu.

dscf0658_01_FLe.jpeg
Jogging Track Montjuic (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Jika Teman Traveler tidak tertarik masuk ke kastil, bisa juga bersantai sejenak menikmati pemandangan laut dari jogging track. Pemandangannya pun tak kalah indah dan menakjubkan. Tentu saja kamu tak perlu mengeluarkan biaya untuk menikmati keindahan ini.  

Dari atas sini dapat terlihat pemandangan pelabuhan serta kota Barcelona dari ketinggian. Dari Placa d’Espanya kamu bisa naik bus untuk menuju perbukitan ini.

Museu Nacional d’Art de Catalunya dan Font Magica.

dscf0728_01_cXI.jpeg
Font Magica Background MNAC (c) Iren Gian Prasetya/Travelingyuk

Setelah dari kastil, kamu bisa naik bus untuk menuju ke destinasi wisata terakhir ini. Nantinya kamu akan menemukan sebuah bangunan megah yang merupakan Museum Seni Catalunya.

Hal yang menarik dari wisata Barcelona satu ini adalah adanya sebuah air mancur yang berada tepat di depan bangunan museum. Nantinya pada jam-jam menjelang petang biasanya akan ada pertunjukkan air mancur yang sangat menarik dan dimeriahkan dengan atraksi. Apalagi untuk melihatnya tidak dikenakan biaya apapun.

Itu dia serunya jelajah 10 pesona wisata Barcelona dengan bermodal 160 ribuan. Dengan mengunjungi 10 wisata memakai T-10 dan salah satu wisatanya ada yang tidak memakai kartu, kamu masih bisa mendapat 1 perjalanan gratis untuk pulang. Murah, bukan? Jadi jangan sampai kamu melewatkan keuntungan ini saat keliling wisata Barcelona, ya.

Tags
Barcelona itinerary barcelona wisata barcelona
Share