Main ke Bantul? Tempat-Tempat Keren Ini Siap Menyambutmu

Alfri

Alfri

On BackPacker

Daerah Istimewa Yogyakarta memang selalu bikin traveler kangen untuk kembali lagi ke sana. Salah satu wilayah yang punya banyak destinasi wisata di Jogja selain Gunungkidul adalah Kabupaten Bantul. Kabupaten ini berada ditengah-tengah dengan kabupaten Kulon Progo membatasi sisi barat, Gunungkidul di sisi timur dan Kota Jogja serta kabupaten Sleman ada di utara kabupaten ini, sedangkan sebelah selatannya berbatasan dengan Samudera Hindia.

Kabupaten Bantul merupakan daerah dengan kepadatan penduduk terbesar ketiga di provinsi DIY. Selain itu kabupaten ini juga memiliki banyak obyek wisata menarik untuk sekedar rekreasi atau bertualang. Traveling ke Jogja tidak lengkap jika tidak berkunjung ke Bantul, sebab beberapa ikon wisata provinsi tersebut ada di kabupaten ini. Inilah 9 destinasi wisata menarik yang ada di kabupaten Bantul selengkapnya.

1. Mau Lihat Sungai Amazon ala Yogyakarta? Datang ke Kebun Buah Mangunan

Yogyakarta bukan hanya menawarkan wisata sejarah dan belanja saja. Seperti Kabupaten Bantul misalnya, traveler akan ditawari dengan beragam jenis wisata seru salah satunya adalah wisata alam berupa Kebun Buah Mangunan. Tempat wisata ini terletak di desa Mangunan, kecamatan Dlingo. Jangan mengira jika kamu berkunjung ke sana berarti akan santai-santai di tengah perkebunan buah ya.

Kebun Buah Mangunan, via instagram
Kebun Buah Mangunan, via instagram

Meski namanya Kebun Buah Mangunan namun spot utamanya bukan berupa kebun buah melainkan kawasan puncak bukit yang menghadap ke kebun buah dan aliran Sungai Oyo. Traveler yang berkunjung akan dibawa berimajinasi bahwa lika-liku aliran sungai Oyo di bawah bukit ini seperti Sungai Amazon. Pun demikian jika wisatawan datang menepati hari panen raya maka mereka punya kesempatan untuk membawa oleh-oleh berupa aneka buah seperti durian, jeruk, mangga, sawo, dan masih banyak lagi. Waktu terbaik berkunjung ke Kebun Buah Mangunan yaitu pada pagi dan sore hari.

2. Hutan Pinus Mangunan, Tempat Keren Untuk Hunting Foto

Setelah puas bermain-main di Kebun Buah Mangunan jangan langsung pulang dulu. Sebab tidak jauh dari sana ada satu tempat keren lainnya bernama Hutan Pinus Mangunan. Lokasinya bisa ditempuh dengan mengambil jalur searah menuju situs makam Raja-Raja Imogiri. Karena lokasinya ini banyak traveler yang salah sebut sebagai Hutan Pinus Imogiri padahal secara administratif hutan ini masih masuk di dalam kawasan Mangunan, kecamatan Dlingo.

Hutan Pinus Mangunan, via instagram
Hutan Pinus Mangunan, via instagram

Namanya hutan pinus, sejauh mata memandang yang ada tentu sebagian besar adalah pohon pinus meski beberapa bagian traveler akan menemukan pohon mahoni, akasia dan kayu putih. Hanya saja saat ini kawasan tersebut telah dikembangkan sebagai destinasi wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Selain foto-foto, hutan pinus ini juga menyediakan area outbond dan camping ground. Foto dengan background pepohonan sempat hits di instagram dan salah satu foto yang paling banyak diupload diambil dari Hutan Pinus Mangunan ini. Banyak pasangan muda yang suka foto disana lantaran percaya dengan filosofi orang Korea yang mengatakan bahwa pohon pinus adalah lambang cinta.

3. Pantai Kwaru, Pilihan Wisata di Tempat yang Masih Baru

Bagian selatan kabupaten Bantul berbatasan dengan Samudera Hindia oleh sebab itu ada beberapa pantai yang dimiliki kabupaten ini. Pantai Kwaru adalah salah satunya. Pantai ini termasuk obyek wisata yang baru dikembangkan di Bantul. Tapi meski tergolong baru namun fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai. Di pantai ini ada kolam renang, persewaan motor ATV, area memancing dan lain sebagainya.

Pantai Kwaru, via instagram
Pantai Kwaru, via instagram

Bagi yang hobi belanja pernak-pernik, kawasan di Pantai Kwaru juga terdapat pusat oleh-oleh yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Namun dari semua itu yang paling unik dari Pantai Kwaru adalah adanya pohon cemara yang berderet sepanjang bibir pantai. Katanya sebagian besar pohon cemara ini ditanam oleh warga sekitar yang peduli dengan lingkungan sebagai upaya untuk mengurangi dampak abrasi. Ayo segera berkunjung ke pantai yang beralamat di Dusun Kwaru, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Bantul, Yogyakarta.

4. Masuk dan Susuri Gua Cerme, Kamu Bakal Menemukan Air Terjun Bawah Tanah

Daerah selatan dari Kabupaten Bantul adalah batas dari kawasan Gunung Sewu yang belum lama dinobatkan sebagai Geopark Dunia. Oleh sebab itu di kawasan ini banyak terdapat pegunungan karst atau kapur yang berpotensi memiliki gua-gua eksotis. Benar saja sebab di kawasan yang berbatasan dengan Gunungkidul ini terdapat gua yang indah bernama Gua Cerme.

Gua Cerme, via instagram
Gua Cerme, via instagram

Keunikan dari gua ini adalah adanya air terjun di dalam gua. Ruangannya yang sepanjang 1,5 kilometer dialiri oleh sungai bawah tanah hasil dari aliran air terjun yang ada di ujung ruangan. Secara administratif gua ini berada di dua wilayah. Mulut gua terletak di Dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Sedangkan pintu keluar gua berada dalam kawasan Ploso, Giritirto, Panggang, Gunungkidul.

5. Parangtritis, Pantai Cantik yang Memiliki Cerita Mistis

Tidak lengkap rasanya jalan-jalan di Bantul tapi tidak singgah ke pantainya yang paling terkenal yaitu Parangtritis. Pantai ini memang tidak memiliki pasir yang putih namun keindahannya jangan ditanya terlebih pada sore hari. Sunset di Parangtritis begitu mempesona. Pun demikian pantai ini selalu dikait-kaitkan dengan kisah mistis.

Pantai Parangtritis, via instagram
Pantai Parangtritis, via instagram

Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasinya berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Jogja sehingga perlu waktu sekitar satu jam untuk menuju ke sana. Konon pantai ini adalah pintu gerbang menuju ke kerajaan penguasa pantai selatan yaitu Ratu Kidul atau Nyi Roro Kidul. Menariknya di pantai ini pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dengan menyewa kereta kuda.

6. Datanglah ke Gumuk Pasir, Parangkusumo, Kamu Akan Melihat Gurun Pasir di Negara Tropis

Tidak jauh dari Parangtritis atau bisa dibilang masih dalam satu garis pantai kamu akan menjumpai Pantai Parangkusumo yang dikenal dunia karena memiliki gundukan pasir pantai seperti gurun pasir di Timur Tengah. Adalah Gumuk Pasir namanya, kawasan ini biasa digunakan sebagai kegiatan ekstrim berupa sandboarding atau selancar pasir.

Gumuk Pasir, Parangkusumo, via instagram
Gumuk Pasir, Parangkusumo, via instagram

Asal traveler tahu bahwa fenomena Gumuk Pasir seperti ini hanya ada dua di dunia. Selain di Bantul, Jogja ini fenomena serupa hanya bisa ditemukan di daerah Meksiko. Warga Bantul dan Jogja pada umumnya bisa makin bangga jika mengetahui bahwa daerahnya ini merupakan satu-satunya provinsi di dunia yang memiliki bentuk lahan paling lengkap. Mau memacu adrenalin? Gumuk Pasir Parangkusumo wajib kamu masukkan daftar kunjungan.

7. Pantai Gua Cemara, Pantai Dengan Cemara Udang yang Cantik

Keberadaan pohon kelapa di pinggir pantai sepertinya sudah biasa, kalau kamu berkunjung ke Pantai Gua Cemara bukannya pohon kelapa yang akan kamu temui di bibir pantainya namun pohon cemara. Sepanjang garis pantai ini memang ditumbuhi dengan pohon cemara udang yang ditanam warga dengan maksud untuk menjaga pantai dari abrasi serta melindungi lahan pertanian dari angin laut yang membawa rasa asam yang merusak.

Pantai Gua Cemara, via instagram
Pantai Gua Cemara, via instagram

Lambat laun keberadaan pohon cemara udang ini malah menjadi daya tarik sendiri hingga akhirnya kini pantai tersebut dinamakan sebagai Pantai Gua Cemara. Kenapa Gua Cemara? Pemilihan nama ini tak lepas dari kondisi pantai yang ditumbuhi banyak sekali pohon cemara. Pohon-pohon tersebut tumbuh subur dan rimbun hingga akhirnya membentuk lorong seperti di dalam gua. Mereka yang hendak ke pantai pun harus melewati lorong pohon cemara ini.

8. Pantai Pandansari, Pantai di Jogja Yang Punya Mercusuar dan Kebun Buah Naga

Mau jalan-jalan ke pantai yang seperti di Belitung, punya mercusuar dan bisa naik di atasnya? Jogja punya pantai yang seperti itu, datang saja ke pantai Pandansari. Pantai ini berada tidak jauh dari Pantai Gua Cemara. Inilah satu-satunya pantai di Jogja yang memiliki mercusuar tinggi yang bisa dinaiki traveler.

Pantai Pandansari, via instagram
Pantai Pandansari, via instagram

Walau memiliki ikon yang unik berupa mercusuar namun nama Pandansari masih kalah dengan pantai di sebelahnya seperti Gua cemara, Kwaru maupun Samas. Namun hal tersebut malah memberikan keuntungan tersendiri yang mana kondisi pantai malah lebih bersih dan alami. Naik ke mercusuar adalah salah satu kegiatan menarik yang isa dilakukan di pantai ini. Dari atas, kamu bisa mengambil gambar pantai secara keseluruhan dan melihat luasnya kebun buah naga yang ada di bawahnya. Bukan hanya dilihat tapi kamu juga bisa masuk ke kebun buah naga dan memetik buahnya sendiri untuk oleh-oleh.

Ada wisata apalagi ya kira-kira di Bantul yang belum disebutkan Travelingyuk? Ayo, bantu traveler lain menemukan tempat-tempat keren di Bantul dengan menuliskannya di kolom komentar!