Surganya Penghobi Selfie, Teras Cikapundung yang Hits di Bandung

Udara yang segar ditambah pemandangan alam yang masih asri membuat Bandung menjadi salah satu destinasi liburan favorit. Ada banyak destinasi menarik yang bisa dijelajahi di Paris van Java. Khusus untuk para penggemar selfie, salah satu yang paling direkomendasikan adalah Teras Cikapundung.

Teras Cikapundung terletak di tepi Jl Wiliwangi, Coblong. Diresmikan sejak Januari 2016 silam, ruang publik satu ini awalnya sempat terlupakan sebelum kini dipenuhi sejumlah titik menarik yang Instagramable banget. Penasaran? Simak penjelasan lengkap Travelingyuk berikut ini.

1. Air Mancur Menari

Air mancur menari di Cikapundung via Instagram rururuna17

Salah satu daya tarik utama Teras Cikapundung adalah keberadaan Air Mancur Menari. Di sini para pengunjung bisa melihat atraksi lontaran air sesuai dengan irama musik. Namun jangan sampai telat datang, karena pertunjukan ini hanya berlangsung 20 menit, pada pukul 16.00 dan 18.00.

Jembatan merah di Teras Cikapundung via Instagram a_damann

Tak jauh dari air mancur menari, terdapat jembatan merah yang kelihatan mencolok. Struktur dengan lebar tiga meter dan panjang 18 meter itu menjadi salah satu lokasi favorit pengunjung untuk berswafoto. Gambar yang dihasilkan cukup pantas dijadikan sebagai pemanis di akun media sosial.

2. Amfiteater

Pengunjung berfoto di sekitar amfiteater Cikapundung via Instagram da_photography_bandung

Dari awal Teras Cikapundung memang didesain sebagai ruang publik sekaligus untuk memberikan edukasi soal sungai pada masyarakat. Oleh karena itu pengelola tak serta merta memenuhi lokasi ini dengan spot-spot selfie saja. Salah satu sarana edukasi yang ada di sini adalah amfiteater.

Amfiteater ini konon mampu menampung hingga seribu orang penonton. Siapa saja bebas memakai dan masuk ke dalamnya. Hanya saja, mereka dimohon untuk tidak membuang sampah sembarangan.

3. Kolam kura-kura

Kolam Kura-kura di Teras Cikapundung via Instagram fredickun

Taman Cikapundung cocok sekali dijadikan sebagai destinasi wisata untuk keluarga di akhir pekan. Di lokasi yang dilalui aliran sungai Cikapundung ini, terdapat banyak arena bermain untuk memanjakan anak-anak.

Salah satunya adalah kolam di seberang jembatan merah. Di tepi kolam tersebut terdapat tujuh patung kura-kura, yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung kemungkinan besar juga bisa bertemu dengan sejumlah spesies ikan, karena di sini dulunya pernah diadakan pelepasan bibit ikan kehkel dan wader.

4. Mengarungi sungai

Pengunjung menaiki perahu karet di Cikapundung via Instagram indahlockerscare

Berhubung letaknya yang tak jauh dari sungai, pengelola Taman Cikapundung juga menyediakan fasilitas khusus bagi pengunjung yang ingin berbasah-basah ria. Mereka bisa mengarungi sungai dengan menggunakan perahu atau ban karet. Tentunya akan sangat seru karena trek yang dijelajahi membentang hingga sekitar 100 meter.

Bagi yang ingin berselancar di atas sungai atau riverboarding, pengelola juga menyediakan alatnya. Biaya sewanya tak terlalu mahal, hanya sekitar 5 sampai 10 ribu rupiah per orang. Namun biasanya wahana ini akan ditutup sementara jika kondisi cuaca dan arus sungai dianggap kurang mendukung.

5. Fasilitas lengkap

Pengunjung berfoto di salah satu sudut Teras Cikapundung via Instagram erma.n.s

Teras Cikapundung, atau akrab disebut Teci oleh warga sekitar, sudah memiliki fasilitas lumayan lengkap. Tak perlu khawatir jika ingin mengajak keluarga ke sini, karena WC, tempat makan, maupun lahan parkir memadai sudah tersedia. Selain itu ada juga beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat.

Tiket masuk ke tempat wisata ini sangat terjangkau. Berdasarkan informasi terakhir dari sejumlah sumber, pengunjung dewasa hanya dipatok biaya sebesar 10 ribu rupiah, sementara anak-anak cukup membayar lima ribu rupiah.

Itulah tadi sejumlah keiistimewaan Teras Cikapundung, destinasi di Bandung yang bisa jadi tempat jujukan penggemar wisata alam dan juga selfie. Jika kebetulan sedang berada di Paris van Java, tak ada salahnya mengunjungi lokasi satu ini bersama keluarga.

Tags
Bandung Wisata Wisata Alam
Share