Ini Lho Tujuan Wisata di Balikpapan yang Paling Menawan

Balikpapan adalah kota yang menawan dan menyuguhkan pemandangan alam serba ada. Pegunungan, hutan, pantai, hingga keramaian kota bisa sangat mengagumkan. Kamu akan sangat dimanjakan jika bertandang ke Ibu Kota Kalimantan Timur tersebut. Karena dekat dengan pantai tepatnya berbatasan dengan Selat Makassar, Balikpapan juga punya ciri khas yang erat dengan kehidupan pantai.

Namun bukan tidak mungkin kamu akan menemukan destinasi wisata hutan dengan fasilitasnya yang begitu menantang untuk dijelajahi. Biar nggak makin penasaran, yuk intip beberapa tempat wisata di Balikpapan berikut ini.

1. Pantai Melawai

Balikpapan sungguh menawan, siapa yang bisa menyangkal hal itu jika sudah merasakan sendiri bagaimana wisata-wisatanya yang keren mulai dari pinggir pantai hingga pusat kota. Petualangan di Balikpapan nggak cukup hanya dilakukan dalam satu atau dua hari saja. Dan kamu bisa mulai dari Pantai Melawai yang terkenal sebagai tempat nongkrongnya anak-anak muda Balikpapan. Di lautan terdapat kapal-kapal ditambatkan atau berlalu-lalang melintasi lautan dalam berbagai jenis dan ukuran. Ada kapal nelayan, kapal tongkang, hingga kapal tanker yang ukurannya besar juga menambah keindahan Pantai melawai.

Pantai Melawai [image source]
Pantai Melawai [image source]
Kamu tidak akan menemukan pantai dengan hamparan pasir putih yang luas. Yang ada adalah tembok beton dan karang yang langsung dihempas oleh ombak laut. Di daratan dekat pantai terdapat jalanan yang ramai dan berdiri gedung-gedung perusahaan dan kantor pemerintahan. Ada juga cafe dan hotel yang disediakan untuk para pengunjung yang berniat menginap dan menikmati suasana pantai saat malam hari. Salah satu daya tarik yang nggak akan kamu lupakan dari Pantai Melawai adalah pemandangan sunset yang sangat sulit ditemui di Balikpapan.

2. Caribbean Island

Meski dalam bahasa indonesia berarti Pulau, tapi yang dimaksud di sini adalah sebuah taman air berkonsep waterboom yang keren dengan banyak sekali wahana seru yang akan memanjakan kamu. Apalagi jika kamu datang bersama dengan keluarga atau beramai-ramai bareng sahabat.

Waterboom Caribbean [image source]
Waterboom Caribbean [image source]
Ada beberapa seluncuran air yang cukup tinggi, siap-siap saja dibikin tegang.  Ada beberapa jenis wahana yang bisa kamu coba selain kolam renang luas. Untuk tiketnya sendiri berkisar antara 45 ribu hingga 60 ribu per orang. Sedangkan alamatnya ada di Jalan Kol. Syarifuddin Yoes II (Ribg Road II) Balikpapan.

3. Sungai Wain

Sungai Wain adalah salah satu kawasan cagar alam dan hutan lindung, jadi kamu bisa menyaksikan suasana hutan dengan jalur setapak yang seru dan menantang untuk dilalui. Sebelumnya terdapat jalur khusus menyisiri hutan dan sungai hingga ke pedalaman di mana terdapat habitat buaya. Namun semenjak terjadi kecelakaan hingga ada korban serangan buaya, maka jalur tersebut sudah ditutup karena alasan keamanan.

Sungai Wain [image source]
Sungai Wain [image source]
Meski begitu, kamu tetap bisa berwisata di kawasan hutan lindungnya.  Terdapat penyewaan sepatu boot untuk melintasi kubangan yang menggenang di jalur menuju hutan lindung. Rimbunnya pepohonan kan membuat kamu lebih dekat dengan alam sekaligus merasakan kesejukan udara segar hutan Sungai Wain

4. Hutan Wana Wisata

Selain taman hutan Sungai Wain, ada juga destinasi lain yang menyuguhkan suasana alam yang kental sekali. Bagaimana tidak, lokasinya ada di tengah-tengah hutan wisata yang penuh dengan pepohonan besar tumbuh menjulang tinggi. Pergi ke sana saja sudah memberikan pengalaman seru tersendiri, apalagi jika kamu mencoba berbagai arena permainan dan outbond. Paling seru jika kamu datang ke sini dengan mengajak keluarga atau sahabat.

Hutan Wana Wisata [image source]
Hutan Wana Wisata [image source]
Udara segar dan pemandangan hijau di mana-mana bisa sangat memanjakan matamu. Letak Wana Wisata ini terdapat di kawasan Jalan Soekarno Hatta Km.10, Kecamatan Karang Joang. Luas hutan mencapai 15 hektare dan di tempat ini kamu bisa melakukan banyak hal mulai dari  jogging, kemah, hingga  bersepeda. Untuk sampai di tempat ini juga nggak sulit karena letaknya dekat dengan wisata Sungai Wain.

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di Balikpapan, kota yang akan memberikanmu kenangan indah tentang keseruan berwisata. Tempat manakah yang paling ingin kamu kunjungi di Balikpapan?

Tags
Balikpapan waterboom Wisata Alam wisata balikpapan
Share